Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... “Besar, ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : Faisal Machmud al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

"Pesan" Soekarno dan Soeharto dari Negeri Kayangan Soal Marah pada Menteri

5 Juli 2020   15:28 Diperbarui: 5 Juli 2020   23:55 236 10 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Pesan" Soekarno dan Soeharto dari Negeri Kayangan Soal Marah pada Menteri
Gambar ilustrasi : wallpaperflare.com. Diedit oleh penulis

Dalam "pertemuan" pertama telah dituliskan di sini pada 16 September 2015 banyak pesan-pesan sarat makna yang bisa jadi inspirasi di tengah berbagai hiruk pikuk peristiwa politik tanah air yang terjadi saat itu periode pertama Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kini tekanan Jokowi terus miningkat dan akhirnya marah besar pada menterinya. Sialnya marahnya Jokowi bukan sampai di tingkat menteri tapi ikut marah pada aneka aneka pemberitaan minor tentang marahnya Jokowi dalam berbagai sebab. 

Sayapun teringat kembali pada sosok Soekarno (bung Karno) dan Soeharto (pak Harto). 

Kereta kencana yang membawa saya pulang ke rumah 5 tahun yang silam telah hadir kembali. Sepasang kuda jantan (hitam dan putih) gagah perkasa pembawa kereta kencana telah siap siaga. Tanpa basa-basi pak kusir atau sais meminta saya masuk ke dalamnya. 

Keretapun melesat meninggalkan kota lalu melewati jalan berbukit dan hutan lalu membelah lautan hingga masuk kembali ke sebuah kawasan kota yang bersalju.

Setelah melewati pintu keluar kota bersalju itu kereta berkelebat lebih cepat hingga kami tiba di sebuah lokasi yang mengingatkan saya pada sebuah tempat yang pernah dikunjungi 5 tahun yang silam.

Saya tiba saat fajar mulai menampakkan dirinya di ufuk timur. Ditemani pak kusir yang tidak berucap sepatah katapun tapi tetap ramah saya diantar ke rumah bung Karno.

Rumah tampak sederhana itu berlatar bangunan raksasa berpilar sangat tinggi, dipisahkan sungai sangat bersih dan bening. Bangunan berornamen Yunani kuno bergaya Helenik 350 SM dengan ciri khas pilar tinggi dan bertingkat (stoa), mungkin seperti yang tersisa di Parthenon di pulau Aegea Yunani.

Meski di luar terlihat sederhana tapi di dalamnya sangat tertata rapi dan bersih sekali. Saya disambut bung Karno dan pak Harto yang berpakaian senada, mirip pakaian kebesaran militer saat keduanya masih aktif. Suasananya kontras sekali dengan perselisihan Supersmar dan hiruk pikuk politik G30 S PKI serta aneka persoalan politik di mana antara keduanya dituding pernah saling bersaing sengit. 

Presiden Sukarno dan Letnan Jenderal Suharto pada Oktober 1965. FOTO/AP via Tirto.Id. Diedit oleh penulis
Presiden Sukarno dan Letnan Jenderal Suharto pada Oktober 1965. FOTO/AP via Tirto.Id. Diedit oleh penulis
"Apa kabar anak muda, lama tak bersua," sapa bung Karno sambil menyentuh pundah saya dengan senyum khasnya.

Diapit bung Karno dan pak Harto saya dibawa ke dalam ruangan justru sederhana sekali mirip ruangan kantor dengan perabotan jaman 1970-an.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x