Mohon tunggu...
Aan Bahtiar
Aan Bahtiar Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Penyuka komik, pengamat sepakbola, penggila Efootball, kadang-kadang jadi pengamat politik

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Cepak Roti Kacang 10

18 Juni 2022   14:46 Diperbarui: 18 Juni 2022   15:09 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Kehamilan merupakan salah satu fase yang sangat penting bagi setiap wanita, oleh karena itu dibutuhkan kesadaran bagi setiap ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin agar dapat mencegah kehamilan resiko tinggi.

Antenatal care atau ANC adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh dokter atau bidan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil. Setiap ibu hamil disarankan untuk melakukan kunjungan antenatal yang komprehensif dan berkualitas minimal 4 kali, yaitu 1 kali sebelum bulan ke 4 kehamilan, kemudian sekitar bulan ke 6 kehamilan dan 2 kali kunjungan sekitar bulan ke 8 dan 9 kehamilan.

Masih adanya kasus kematian ibu di masyarakat serta untuk mengkampanyekan Program Prioritas Nasional dalam hal ini terkait dengan Angka Kematian Ibu (AKI), maka dipandang perlu untuk bisa mengembangkan ide-ide kreatif dalan bentuk kegiatan inovasi. Kegiatan inovasi dalam rangka menurunkan AKI di wilayah kerja UPTD Puskesmas Pracimantoro I adalah yang disebut CEPAK ROTI KACANG 10 (Cegah dan Waspadai Kehamilan Resiko Tinggi dengan ANC 10T) Kegiatan ini lebih menitikberatkan pada pemeriksaan kehamilan atau ANC dengan menerapkan 10T, yaitu:

1. Timbang BB dan ukur TB

2. Ukur Tekanan Darah

3. Tetapkan status gizi berdasarkan LILA

4. Pemberian Tablet Besi

5. Pemberian Imunisasi Tetanus Toxoid

6. Ukur Tinggi Fundus Uteri

7. Tentukan presentasi janin dan hitung DJJ

8. Test laboratorium sederhana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan