Mohon tunggu...
Aura
Aura Mohon Tunggu... Pekerja lepas

Menulis supaya tidak bingung.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Kaesang-Felicia-Nadya Arifta: Gara-Gara "Ghosting", Banyak yang Lupa tentang "Body Shaming"

8 Maret 2021   11:25 Diperbarui: 20 Maret 2021   06:37 1254 17 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kaesang-Felicia-Nadya Arifta: Gara-Gara "Ghosting", Banyak yang Lupa tentang "Body Shaming"
Kebersamaan Nadya Arifta, Felicia Tissue, dan Kaesang Pangarep. Sumber: Akun IG @nadriftakaesang via Grid.id

Dalam beberapa jam terakhir, tren isu ghosting yang merujuk pada relasi romantik Kaesang Pangarep dengan Felicia Tissue, serta membawa nama Nadya Arifta-- meningkat pesat.

Beberapa media online besar memberitakan isu tersebut secara berkala, didasarkan pemantauan jurnalis pada akun media sosial milik ibu dan teman sekolah Felicia. Hal tersebut membuat pengguna media sosial saling melempar opininya masing-masing tentang sosok Kaesang, Felicia, maupun Nadya secara pribadi maupun kecocokan antara Kaesang-Felicia atau Kaesang-Nadya.

Isu ghosting pada dasarnya merupakan isu di ranah etika dalam menjalin relasi. Mengutip kompas.com, ghosting terjadi ketika seseorang memutuskan semua komunikasi tanpa penjelasan. (Sumber) Maka, merujuk pada pemaknaan tersebut, ghosting erat kaitannya dengan perilaku.

Siapapun bisa melakukan ghosting atau jadi korbannya. Namun pada beberapa circle, tanpa disadari, isu Kaesang-Felicia-Nadya Arifta telah bergeser dari ranah etika atau perilaku ke ranah fisik.

Banyak pengguna sosial media yang membandingkan rupa fisik Nadya Arifta dengan Felicia Tissue -- mulai dari bentuk ungkapan terselubung, hingga ungkapan blak-blakan dan frontal.

Saya menyalin dua opini singkat dari status Facebook para pengguna sosial di friendlist saya. Nama para komentator ini sengaja saya samarkan.

Tante juga keturunan jawa sih, tapi seleranya ga bude2 juga (Akun Facebook DK (akun alter))

Padahal burik gitu anjir soksokan jd org ketika wkwkk pelet in the house yooo (Akun Facebook D (akun asli))

Tak hanya ditemukan sekarang, dalam beberapa kesempatan di beberapa isu lain, rupa fisik seringkali menjadi sasaran pengguna media sosial.

Apakah dalam isu ini, istilah "ghosting" telah melenyapkan istilah "body shaming" yang sempat menghangat beberapa waktu yang lampau? Mari kita mengingat kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x