Mohon tunggu...
Muh Sulaiman Dadiono
Muh Sulaiman Dadiono Mohon Tunggu... Seseorang yang hanya mencurahkan keluh kesahnya

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesona Padang Rumput Limpakuwus, New Zealand-nya Kota Purwokerto

23 Februari 2021   20:30 Diperbarui: 23 Februari 2021   20:31 205 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Padang Rumput Limpakuwus, New Zealand-nya Kota Purwokerto
New zealand ala purwokerto (dok pribadi)

Jika mendengar nama kota Purwokerto dibenak kita langsung tertuju pada salah satu icon wisata dikota tersebut yaitu “lokawisata baturaden” yang sudah terkenal sejak tahun 70 an, padahal di purwokerto sendiri banyak sekali lokasi wisata khususnya wisata alam yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. 

Salah satu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah padang rumput limpakuwus yang berada di sebelah timur baturaden tepatnya di kecamatan sumbang purwokerto.

Sekarang warga jawa tengah khususnya warga banyumas raya tidak perlu pergi ke negara “New Zealand” jika ingin menikmati pemandangan padang rumput dengan latar pegunungan dan sapi perah, cukup hanya pergi ke padang rumput limpakuwus keinginan tersebut dapat terpenuhi. 

Bagaimana tidak padang rumput limpakuwus di kecamatan sumbang purwokerto sangatlah mirip dengan pemandangan di negara new zealand, disana kita akan disuguhi pemandangan padang rumput yang berbukit-bukit, dibelakang padang rumput mata kita disuguhi pemandangan gunung slamet yang merupakan gunung tertinggi dan terbesar di jawa tengah sedangkan di samping kanan padang rumput terdapat balai peternakan sapi perah dimana setiap pagi sapi-sapi perah dilepas liarkan untuk merumput pemandangan ini menambah kemiripan dengan negara new zealand.

Padang rumput limpakuwus (dok pribadi)
Padang rumput limpakuwus (dok pribadi)

Banyak pengunjung lokal yang berdatangan ke padang rumput limpakuwus ini untuk sekedar menikmati pemandangan atau menikmati lezatnya sate kelinci dan sate ayam yang dijajakan disepanjang pinggir jalan padang rumput limpakuwus.

Jangan khawatir harga makanan disini masih tergolong terjangkau hanya 15 ribu rupiah saja untuk sate ayam dan 20 ribu rupiah untuk sate kelinci (harga ini pertahun 2020), selain itu banyak pula para millenial yang datang kesini hanya sekedar foto ria untuk di upload di akun sosial media mereka.

Pemandangan padang rumput ala new zealand (dok pribadi)
Pemandangan padang rumput ala new zealand (dok pribadi)

Untuk biaya masuk di sini tidak dikenakan biaya sama sekali karena letaknya yang hanya berada di samping kanan dan kiri jalan baturaden-sumbang menuju jalan baturaden timur, jika anda berasal dari luar kota purwokerto maka lokasi wisata ini dapat ditempuh sekitar kurang lebih 45 menit dari terminal bulupitu atau sekitar 30 menit dari stasiun purwokerto. 

Bagaimana apakah anda tertarik untuk memasukkan padang rumput limpakuwus di daftar wisata anda?

Oleh Muh. Sulaiman Dadiono, Purwokerto 23 Februari 2021

VIDEO PILIHAN