Mohon tunggu...
Edy Utomo
Edy Utomo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Swasta

https://carakumudahblogging.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Berkah Hobi Menulis Datang Sepanjang Tahun

2 Januari 2019   04:37 Diperbarui: 2 Januari 2019   05:27 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Menulis di blog bisa mendatangkan berkah. Bagi sebagian orang adalah hasrat yang harus tersalurkan. Mereka merasa belum berbuat sesuatu ketika dalam kesehariannya belum menghasilkan artikel - artikel baru. Seorang penulis akan merasa puas jika artikel - artikel mereka dibaca banyak orang, apalagi mendapatkan respon bagus dari para pembacanya dengan mendapatkan banyak like, share, dan komentar - komentar positif.

Di luar sana, masih banyak orang yang menganggap bahwa aktivitas menulis itu sia - sia hanya membuang - buang waktu. Jangan salah, menulis juga bisa menjadi jalan kesuksesan seseorang. Orang bisa menjadi tokoh terkenal karena tulisan - tulisannya bermanfaat bagi orang banyak sehingga artikel barunya selalu dinantikan. Bahkan bisa menjadi narasumber dari berbagai acara tingkat nasional, tentu ini menjadi bukti bahwa menulis itu bukan aktivitas yang sia - sia.

Berdasarkan pengamatan saya, ada beberapa penerbit buku yang "mewadahi" bagi para penulis yang ingin menerbitkan buku cetak. Dari situ tidak sedikit para blogger yang berhasil membukukan tulisan mereka di blog, itu artinya tulisan - tulisan yang mereka buat membuahkan hasil secara ekonomi.

BAGAIMANA TULISAN ANDA DIHARGAI

Apa yang saya ceritakan ini adalah pengalaman pribadi yang awalnya hanya iseng membuat blog namun ternyata mendapat sambutan yang bagus dari para pembaca. Ceritanya ... saya memiliki tulisan - tulisan di blog yang membahas tentang kesehatan, juga artikel - artikel lainnya tentang dunia blogging. Walaupun saya menulis tidak setiap hari, namun semakin lama tulisan saya semakin banyak hingga ratusan halaman, yang diikuti jumlah pembaca blog saya yang mencapai ribuan per hari.

Tingkat kunjungan organik ke blog yang tinggi ternyata menarik perhatian pihak - pihak lain yang ingin mempromosikan halaman mereka, bahkan produk mereka. Pada umumnya mereka berasal dari situs - situs yang bidangnya relevan dengan topik blog kita.

Pada artikel saya tentang kesehatan, ada saja tawaran kerjasama dari pihak lain yang ingin mengajak kera sama. Mereka ingin saya memposting gambar produk mereka pada halaman artikel saya. Banyak juga yang meminta saya untuk membuat tautan yang mengarah ke halaman mereka, dengan maksud mempromosikan halaman mereka. 

Begitu juga pada halaman - halaman saya tentang dunia blogging, saya mendapatkan banyak penawaran kerjasama .... saya diminta membuat link atau tautan yang mengarah ke halaman mereka. Ada juga meminta saya untuk dibuatkan artikel baru khusus untuk mereview halaman mereka. Bahkan tidak sedikit yang numpang posting, artinya mereka sudah menyediakan artikel dan tugas saya adalah hanya mempostingnya ke blog saya.

Dari penawaran semua itu rata - rata mereka menawarkan uang sejumlah Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000 per posting atau per tautan yang diminta. Mungkin anda berpikir, itu kan hanya sekali - kali, tidak setiap hari?  jika artikel kita cuma 10 yang mungkin sekali aja, tapi jika kita membuat banyak artikel dan rutin, tentu penawaran itu akan datang setiap hari untuk artikel - artikel lainnya. Ingat, penawaran tersebut datang sendiri dan saya tidak pernah mencari partner kerjasama. Disamping itu masih banyak cara untuk menguangkan blog kita, misalnya : mengikuti program Google Adsense, program affiliasi, bahkan kita juga menjual produk sendiri.

MENULIS RUTIN DAN OPTIMALKAN KUNCINYA

Mempopulerkan tulisan kita cukup mudah, cukup membagikannya di social media seperti twitter, facebook, youtube, atau instagram. Namun untuk mengoptimalkan artikel kita hingga menembus halaman pertama di hasil pencarian Google, kita perlu belajar SEO sehingga apa yang kita tulis bisa ditemukan pembaca di mesin pencari. Inilah yang membuat tingkat kunjungan blog menjadi tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun