Mohon tunggu...
Jezycha Aprilia
Jezycha Aprilia Mohon Tunggu... Freelancer - Salatiga, Jawa Tengah

UKSW'18

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pelatihan Budidaya Sereh "Perawatan Mudah, Keuntungan Melimpah"

11 April 2019   16:43 Diperbarui: 11 April 2019   20:53 2041
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sereh biasa digunakan sebagai bahan minuman dan makanan karena aromanya khas seperti wangi jahe. Sereh adalah tanaman tropis yang sangat mudah tumbuh di Indonesia, karena negara kita ini merupakan negara tropis. Setelah sereh diketahui memiliki manfaat obat, maka sereh dikategorikan sebagai tanaman herbal dan mulai dibudidayakan. Selain dapat dioalah menjadi masakan atau minuman sereh juga memiliki ekstrak minyak yang dikenal dengan nama minyak citronella.

Pada tanaman sereh bagian terpenting yang dapat diolah untuk dijadikan minyak adalah daun sereh. Daun sereh ini dapat menghasilkan minyak citronella yang merupakan salahsatu jenis minyak atsiri untuk mengusir nyamuk dengan aromanya yang khas. Dalam pertanian, sebelum menjual batang sereh ke pasar, petani terlebih dahulu mengutamakan daun sereh kemudian bagian sereh yang lain yang dapat diolah menjadi bumbu dapur.

Selain digunakan sebagai penguat rasa pada bumbu dapur, sereh juga dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, berikut, manfaat sereh :

-Sereh dapat menjadi minuman penghangat tubuh dan penghilang masuk angin, yaitu dengan cara sereh direbus dan campurkan sedikit cengkeh, gula merah, teh dan jahe, minumlah dalam sebelum dingin.

-Sereh dapat meningkatkan sistem imun, dengan cara mengonsumsi sereh dengan berbagai macam olahan setiap hari maka tubuh terasa lebih sehat dan kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

-Sereh dapat memulihkan kondisi tubuh sehabis sakit dan kecapekan dengan cara merebus sereh dan mencampurnya dengan susu atau madu, maka setelah meminum campuran tersebut makan badan akan terasa sehat dan bugar.

-Sereh dapat mengobati rematik dengan cara menggunakan sereh pada saat memijit bagian tubuh yang terasa nyeri.

-Sereh sangat baik terhadap sistem syaraf dengan cara mengonsumsi sereh dengan berbagai macam olahan maka zat-zat yang terkandung didalam sereh akan ampuh untuk menjaga metabolisme syaraf agar tidak tegang.

-Sereh dapat mengatasi infeksi sebab sereh memiliki sifat antibiotic yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi serti gangguan pencernaan maupun infeksi luar seperti luka dikulit. Untuk penggunaannya sebagai obat dalam maka sereh dapat dikonsumsi langsung sebagai minuman sementara untuk infeksi luar maka sereh dapat direbus lalu digunakan untuk mengompres luka.

Dalam proses penanaman sereh yang pertama kita lakukan ialah persiapan lahan. Untuk mempersiapkan lahan yang subur yang perlu kita lakukan adalah menyebarkan pupuk kandang pada lahan hingga mencapai 5-10 cm setelah itu lahan tersebut tanahnya digemburkan.

Setelah digemburkan buatlah bedengan dengan lebar dan panjang yang sesuai dengan keadaan lahan. Lalu berilah jarak kira-kira 30-50 cm antar bedengan untuk mempermudah melakukan perawatan sekaligus pengairan. Sekita 2 minggu kemudian barulah tanami bibit sereh tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun