Mohon tunggu...
Odilia Mery
Odilia Mery Mohon Tunggu... Seniman - Berbagi pengetahuan

29-03-2000

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lidah Buaya Sebagai Produk Kecantikan

10 September 2018   08:00 Diperbarui: 16 September 2018   14:06 657
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

   Sebagai negara Agraris, Indonesia dikaruniai berbagai macam kekayaan alam yang melimpah ditambah lagi posisi Indonesia yang sangat strategis membuat Indonesia menjadi jalur perdagangan Internasiaonal yang membawa banyak sekali keuntungan dibidang ekonomi, komunikasi, maupun sosial budaya. Selain itu Indonesia juga dilintasi garis khatulistiwa, hal itu menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis sehingga banyak sekali flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Berbicara mengenai kekayaan alam, banyak sekali ya hasil bumi di Indonesia terutama di bidang pertanian. Contohnya olahan yang berasal dari hasil pertanian seperti singkong yang dapat diolah menjadi kripik singkong, kelapa dapat diolah menjadi bahan bumbu makanan yaitu santan dan jahe yang dapat diolah menjadi minuman jahe murni atau menjadi campuran dari minuman lain seperti hal nya susu jahe.

Seiring dengan berjalannya waktu dan kecanggihan teknologi terutama dalam bidang pertanian dan pangan, kini hasil pertanian tidak hanya diolah menjadi makanan saja, melainkan dapat diolah menjadi produk lain salah satunya adalah produk kecantikan. Salah satu tanaman hasil pertanian serbaguna yang dapat diolah menjadi beberapa produk adalah Lidah Buaya atau dalam bahasa lain sering kita kenal dengan Aloe vera. Lidah buaya atau Aloe Vera ini merupakan tanaman yang dapat diolah menjadi beberapa produk seperti makanan, minuman, obat-obatan maupun produk kecantikan. Beberapa contoh hasil olahan lidah buaya dalam bahan pangan adalah jus lidah buaya, pudding lidah buaya, krupuk lidah buaya, dodol lidah buaya, nata de Aloe Vera, dan lain sebagainya. Dalam bidang obat-obatan atau kesehatan lidah buaya berguna untuk berbagai macam penyakit contohnya, untuk pengobatan luka bakar pada kulit, mengatasi plak pada gigi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan panas dalam, dan banyak penyakit lain yang dapat ditangani oleh si lidah buaya ini. Hasil olahan lidah buaya dalam bidang produk kecantikan sendiri contohnya adalah masker, shampoo, sabun, lotion dan beberapa produk kosmetik lainnya. Sungguh menarik, ketika lidah buaya dapat diolah menjadi berbagai produk seperti bahan baku industri pangan, obat-obatan, serta bergelut di bidang produk kosmetik. Ini tidak lepas dari adanya kandungan di dalam lidah buaya yang kaya akan zat-zat penting serta sangat diperlukan oleh tubuh.

Berbicara mengenai lidah buaya, sebagian besar masyarakat tidak menyukai aroma dari si lidah buaya ini. Namun tak dapat dipungkiri lagi bahwa lidah buaya punya banyak sekali fungsi bagi kehidupan manusia. Nah, salah satu produk kecantikan yang sedang booming saat ini adalah Nature Republik salah satu produk Brand Korea yang terbuat dari bahan alami 92% Aloe Vera  yang sedang banyak dicari terutama oleh para kaum hawa untuk mengatasi masalah kulit mereka.

aloebeautywellness.com
aloebeautywellness.com
Nama produk ini adalah Nature Republik 92% Soothing & Moisturize Aloe Vera Gel. Yup, seperti namanya produk ini merupakan produk yang mengandung 92% gel Aloe Vera. Tekstur dari gel ini sangat lembut dan sedikit cair. Produk ini juga memiliki kandungan alkohol, tak heran jika produk ini bisa menjadi obat bagi para penderita jerawat beruntusan. Walaupun produk ini banyak mengandung Aloe Vera, namun aroma yang muncul sangat menyegarkan, jadi bagi para pengguna tidak perlu khawatir lagi akan aroma dari si Nature Republik 92% Soothing & Moisturize Aloe Vera Gel ini.

Moeslema.com
Moeslema.com

Apa saja sih komposisi yang ada didalam produk Aloe Vera dari Nature Republik ini? Nature Republik Aloe Vera ini juga mengandung campuran ekstrak bunga calendula serta tanaman lemon balm dan daun mint. Ekstrak tanaman tersebut memiliki manfaat untuk menenangkan (soothing), sehingga sangat baik dalam mengatasi kulit yang mengalami iritasi atau peradangan. Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur.

Material/ingredients dari produk ini adalah Aloe Barbadensis Leaf Extract (92%), Alcohol, Glyceryl Polyacrylate, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, Glycerin, Propylene Glycol, 1,2-hexanediol, Polyglutamic Acid, Betaine, Sodium Hyaluronate, Carendula Officinalis Flower Extract, Mentha Viridis (Spearmint) Extract, Melissa Officinalis Extract, Carbomer, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Triethanolamine, Phenoxyethanol, Water, Parfum, Disodium EDTA.

Moeslema.com
Moeslema.com

Mari kita bahas, apa saja sih manfaat dari Nature Republik Soothing Gel 92% Aloe Vera ini :

1. Rambut

Nature Republik Soothing Gel Aloe Vera ini berguna untuk menghitamkan rambut, mencegah kerontokan pada rambut, sebagai conditioner rambut, melebatkan rambut, mengatasi ketombe, merangsang pertumbuhan rambut, serta melembabkan dan menghaluskan rambut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun