Mohon tunggu...
Ire Rosana Ullail
Ire Rosana Ullail Mohon Tunggu... Administrasi - irero

Content Writer | Sosial Budaya | Travel | Humaniora | Lifestyle | Bisnis | Sastra | Book Sniffer | Bibliophile | Bibliomania | Tsundoku | email : irerosana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Bersedekah Itu Sederhana

8 Mei 2020   20:10 Diperbarui: 8 Mei 2020   20:31 382
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ramadan kali ini banyak dihujani berita mengenai sedekah. Mulai dari yang negatif seperti kasus Ferdian Paleka yang membuat prank sembako sampah sampai dengan kabar aktor Bollywood Amir Khan yang menyalurkan sembako dengan cara yang unik dan cerdas.

Yang pertama tentu tidak perlu dibahas lebih lanjut, tapi yang kedua cukup membuat penasaran. Aktor senior Bollywood tersebut memiliki cara yang unik untuk menyalurkan sembako kepada para korban covid 19 yang kurang mampu. Ia membagi-bagikan tepung 1 kg ke daerah miskin di India. Banyak orang menolak karena melihat bantuan tersebut hanya berisi 1 kg tepung namun tak sedikit pula yang tetap mengambilnya.

Terkejut, rupanya di dalam 1 kg tepung tersebut terselip 15 rupee atau sekitar 3 juta rupiah. Amir Khan memang sengaja menyusun taktik sedemikian rupa, ia yakin bahwa orang yang benar-benar kekuranganlah yang akan mendekat untuk mengambil bantuan 1 kg tepung. Harapannya, bantuan yang ia kirim benar-benar tepat sasaran.

Aneka rupa bentuk dan cara orang bersedekah. Ada yang memanfaatkan momen sedekah untuk unjuk gigi seperti kasus yang terjadi pada Bupati Klaten, ada pula yang bersedekah dengan diam-diam karena menghindari opini negatif, tapi ada juga yang harus memakai strategi seperti Amir Khan agar benar-benar tepat sasaran.

Kita tidak akan pernah benar-benar tahu keikhlasan orang dalam bersedekah. Dan biarlah itu menjadi ranah Tuhan yang mampu menilai dan mengganjarnya.

Sedekah ala sahabat Utsman ibn 'Affan

Dalam islam kita juga bisa belajar makna kedermawanan dari salah satu sahabat nabi Utsman ibn 'Affan ra. Utsman adalah salah satu sahabat yang paling disayangi nabi karena memiliki banyak sifat-sifat mulia, saking sayangnya sampai-sampai nabi bersabda, "Setiap nabi memiliki teman di surga dan temanku di surga adalah Utsman."

Utsman juga dikenal sebagai seorang yang dermawan, ia menilai bahwa harta hanyalah dedaunan kering. Ia memberikan sumur Ruman untuk kaum muslimin dan memerdekakan seorang hamba sahaya setiap hari jum'at berapapun harga yang harus ditebus dari tuannya. (dalam buku "Utsman ibn 'Affan", Khalifah Penjunjung Al-Qur'an karya Khalid Muhammad Khalid)

Dokpri/Irerosana
Dokpri/Irerosana

Jika ada istilah sedekah menyuburkan rizki maka Utsmanlah buktinya. Tentu kita sering mendengar istilah rekening abadi Utsman ibn 'Affan, di mana harta beliau yang berupa hotel masih berfungsi dan mengalirkan rejeki hingga sekarang dan separuh dari keuntungan hotel masih rutin disedekahkan ke fakir miskin. Subhanallah, bahkan setelah wafat pun sahabat Utsman masih bisa melakukan sedekah tanpa putus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun