Mohon tunggu...
Tri Haryanto
Tri Haryanto Mohon Tunggu... Guru - Guru

Tulisen Opo sing neng pikir kan latimu

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Aku Ingin Jadi Literat

23 Januari 2021   14:53 Diperbarui: 23 Januari 2021   15:01 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Aku Ingin Jadi Literat

Secercah cahaya literasi
Harapan tuk dapat menulis
Sebuah catatan
Sebuah memorial
Sebuah harapan
Yang menancapkan hati untuk menghidupkan literasi

Membaca dan menulis
Menulis dan membaca
Membaca untuk ilmu
Menulis untuk ilmu
Membaca untuk amal
Menulis untuk amal
Dua hal yang tidak dipisahkan
Bagai dua sisi mata uang

Aku membaca bukan tuk ketenaran
Aku membaca bukan tuk Ambisi
Aku membaca bukan tuk jabatan
Aku membaca bukan tuk pekerjaan

Tapi....
Aku membaca tuk dapatkan ilmu
Aku membaca tuk dapatkan faedah kehidupan
Aku membaca tuk dapatkan adab
Aku membaca tuk Junjung tinggi peradaban

Tapi...
Bagaimana aku harus membaca
Apa yang harus aku baca
Jangan sampai ku ingin dapat ilmu
Justru kebodohan semakin mengungkung
Jangan sampai faidah yang kudapatkan tidak menjunjung martabat manusia
Jangan sampai ada yang kudapatkan menghancurkan adab yang telah ada
Jangan sampai tujuan tuk menjunjung tinggi martabat justru menjatuhkannya berkeping-keping

Aku juga ingin menulis
Tapi bagaimana aku harus menulis
Apa yang harus aku tulis
Untuk apa aku menulis
Au tak ingin menulis tulisan yang tidak memiliki Faidah
Aku tak ingin menulis tulisan yang membawa petaka
Aku tak ingin menulis tulisan yang menghancurkan adab
Aku ta ingin Menulis tulisan yang menghancurkan peradaban

Bagaimana aku harus membaca
Bagaimana aku harus menulis
Apa yang harus aku baca
Apa yang harus aku tulis
Jangan salah aku dalam membaca
Jangan salah aku dalam menulis
Jangan salah Bagaimana aku membaca
Jangan salah Bagaimana aku menulis

Tujuan yang benar akan hancur
Tujuan yang mulia akan binasa
Disebabkan kesalahan Bagaimana dan apa
DiSebabkan kekeliruan apa dan bagaimana
Semoga aku selalu tepat dalam menentukan
Bagaimana aku menulis
Bagaimana aku membaca
Apa yang aku tulis
Apa yang aku baca

Sukoharjo, 23/1/2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun