Mohon tunggu...
Muhammad Ramzahharfani
Muhammad Ramzahharfani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tidak ada kesuksesan tanpa kesulitan,yg ada hanyalah bualan dan kegagalan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hal-Hal yang Wajib Kalian Tahu untuk Membuat Suatu Karya Tulis yang Baik

16 September 2021   09:49 Diperbarui: 16 September 2021   09:54 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hal-hal dasar yang wajib kalian tahu untuk membuat suatu karya tulis.
M Ramzah harfani
21300053
   Sebetulnya saya merasa kurang begitu pantas jika ingin membahas tentang materi ini. Meskipun demikian, saya sebagai pemula ingin selalu belajar dan ingin dapat menyebarkan manfaat untuk banyak orang melalui tulisan.
Kalian mau tahu apa saja hal-hal dasar untuk membuat suatu karya tulis yang baik?
Ada 3 hal dasar yang harus kalian tahu untuk membuat sebuah karya tulis yang baik, yaitu.
1. Membaca
Bedasarkan Kamus besar bahasa Indonesia, Membaca merupakan sebuah kegiatan yang  melafalkan atau mengeja sebuah tulisan, didalam pembuatan suatu karya  membaca berfungsi sebagai referensi, dan merupakan bentuk penalaran dan berfikir, untuk menemukan ide untuk membuat suatu karya tulisan mu sendiri.
 2. Menulis
Pengertian menulis merupakan aktivitas mengemukakan gagasan, ide dan pendapat dalam sebuah tulisan,namun menulis bukan hanya mengemukakan gagasan saja,tetapi juga harus mengikuti unsur lain seperti melihat dari segi tuturan, kefektifan kata dan tatanan, fungsi menulis dalam suatu pembuatan karya tulis yaitu, memastikan kalimat yg efektif, dan tanda baca pada karya tulisan tersebut.
3. Menyunting/liguistik
Pengertian menyunting adalah melihat naskah siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan kalimat dan kata-kata penyajian, isi, dan bahasa yang menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat, jadi fungsi menyunting dalam pembuatan suatu karya adalah memperhatikan ejaan, diksi, struktur kalimat-kalimat dan menentukan bahasa yang formal dan mana bahasa yang non formal yg ada di karya tersebut sebelum di terbitkan atau di cetak.

Membaca, menulis, dan menyunting adalah hal yg sangat penting kalian pelajari jika ingin membuat suatu karya tulisan, maka dari itu mari kita biasakan dan terapkan membaca, menulis dan menyunting sejak dini, dan sosialisasikan pentingnya membaca, menulis ,dan menyunting sebuah karya kepada masyarakat,mulailah dari sanak saudara dan warga sekitar rumah kita saja terlebih dahulu.

Nah itu adalah 3 hal-hal dasar yang harus kalian ketahui jika ingin membuat suatu karya tulis,dan kesimpulannya adalah, bahwa ketiga komponen tersebut sangat penting dalam pembuatan suatu karya tulis yang baik

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun