Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru dan Penulis.

Mencipta wacana bermutu dari sistem berpikir Plato dan Aristoteles. Sarjana Filsafat dari STFK Ledalero sejak tahun 2002 dan seorang guru profesional sejak tahun 2008. Email: mengkakablasius@yahoo.com. --(C)2013-2020.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Ekonomi Digital: Mengulang Zaman "Republica" dari Luar Rumah

31 Agustus 2020   04:09 Diperbarui: 31 Agustus 2020   04:05 84 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ekonomi Digital: Mengulang Zaman "Republica" dari Luar Rumah
Ilustrasi teknologi digital. (Gambar: Istimewa).

Inspirasi kehidupan ekonomi era digital ialah buku Republica karya filsuf Plato yakni era, di mana segala bidang berbasis digital, termasuk ekonomi digital. Tetapi ekonomi digital belum 100% menjangkau rakyat, hanya menjangkau kaum terpelajar. Era internet adalah era setelah era globalisasi. Jika warga belum paham era globalisasi, bagaimana mereka bisa hidup dalam era yang lebih maju, yakni: era internet.

Ekonomi  digital menciptakan dinamika kehidupan manusia yang baru. Sekarang mungkin orang hanya bekerja dari rumah saja.  

Tatanan ekonomi digital yang lebih canggih adalah saat orang meninggalkan segalanya di tanah airnya untuk bersama keluarga hidup dan bekerja dalam era baru. Tatanan dunia dalam ekonomi digital sangat berbeda dengan model ekonomi sebelumnya.

Dalam ekonomi digital, tiba-tiba ada begitu banyak pekerjaan dengan gaji sangat baik dan menguntungkan. Pekerjaan-pekerjaan dalam ekonomi digital membuat lokalisasi hunian tidak dalam pengertian tradisional. 

Perubahan ini mempengaruhi peradaban manusia yang menetap statis di suatu tempat dan yang membentuk peradaban tertentu. Pekerjaan-pekerjaan dalam ekonomi digital bertumbuh, seperti: pengembang aplikasi, desainer, fotografer, seniman grafis, copywriter, spesialis pemasaran online, konsultan, kontenwriter dan freelance.

Dalam pola kerja manusia pada zaman lampau, Anda harus bertemu dengan rekan kerja setiap hari di tempat kerja atau setiap minggu untuk bertukar ide. Tetapi dalam ekonomi digital, begitu banyak aktivitas dapat dilakukan dari rumah atau dari mana saja di dunia.

Meskipun hanya bertemu teman-teman kerjanya secara virtual, pekerjaan-pekerjaan dalam dunia digital tampak selalu menarik. Bahkan sampai banyak teman dan para anggota keluarga lainnya di sekitar Anda merasa iri pada Anda. 

Anda bekerja sesuai dengan tren dunia digital saat ini dan memiliki penghasilan yang sangat baik. Melalui pekerjaan digital, Anda "hanya" bekerja dengan cara duduk di depan komputer Anda sepanjang hari.

Jika Anda juga bekerja di ekonomi digital, Anda tahu bahwa semuanya bisa menjadi aneh dan tanpa sengaja. Dalam banyak kasus, bahkan tetangga Anda bertanya kepada Anda apakah Anda menganggur karena Anda anya terlihat "nongkrong" saja di rumah dan berada di depan Komputer saja sepanjang hari.

Oleh karena orang merasa Anda tidak pernah bekerja di luar rumah, sampai Anda mungkin sudah pernah ditawari pekerjaan sebagai petugas kebersihan di sekolah karena orang-orang di sekitar Anda mengasihani Anda. Mereka berpikir bahwa Anda jelas-jelas sedang menganggur dan tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus. 

Padahal dalam kesunyian dan diam, Anda menghabiskan hari-harimu secara bermutu dan menghasilkan uang nyata jika Anda sedang sibuk bekerja di dunia virtual hanya dari rumah.

Sistem Hunian Lokalisasi-Tradisional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN