Mohon tunggu...
Yosephine Widya A
Yosephine Widya A Mohon Tunggu... -

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Kenapa Harus Ujung Genteng?

11 Oktober 2014   23:26 Diperbarui: 17 Juni 2015   21:26 579
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_365636" align="aligncenter" width="560" caption="Pemandangan pantai Ujung Genteng"][/caption]

“Hah Ujung Genteng? Apaan tuh? Sebelah mananya Ujung Kulon?” Pasti semua orang agak asing jika ada orang yang mengajak berlibur ke Ujung Genteng. Ya, Ujung Genteng memang belum terekspos oleh banyak orang padahal tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Ujung Genteng adalah salah satu surga tersembunyi yang terletak di daerah Sukabumi. Pantai putih yang landai dengan butiran pasir yang lembut dan bersih serta deburan ombak yang tidak begitu besar sangat menawan indah dipandang mata. Keindahan pantainya tidak kalah dengan pantai pasir putih lainnya yang ada di Bali. Persis bahkan patut dibandingkan dengan pantai pasir putih terkenal yang ada di Bali atau tempat lainnya.

Pantai Ujung Genteng berada di Desa Gunung Batu, kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi atau sekitar 220 km dari ibukota Jakarta. Walaupun perjalanan jauh sekitar 8 jam dari Jakarta akan terbayar dengan suasana pantai yang begitu menyegarkan dan menenangkan. Karena banyak yang belum tahu mengenai tempat wisata ini maka suasananya masih sepi. Yah, kita seperti mempunyai pantai pribadi lah. Bagi anda yang suka dengan suasana pantai yang sunyi dan damai, Ujung Genteng adalah jawabannya. Pantainya masih murni belum tersentuh oleh adanya polusi. Bahkan kita masih bisa melihat banyaknya bintang laut dan makhluk laut lainnya yang bisa dengan mudah kita temukan di pinggir-pinggir pantai. Airnya memang jernih sehingga kita dapat dengan mudah melihatnya. Pantai ini sama sekali belum tercemar sehingga bebatuan karang juga masih bisa dilihat keindahannya.

Keindahannya tidak berhenti sampai situ saja, pantai ini juga menawarkan salah satu hiburan yang cukup menarik. Bagi anda yang belum pernah melihat dan penasaran bagaimana seekor penyu bertelur, pantai ini sangat tepat anda kunjungi. Karena pantainya yang bersih dan landai maka penyu sangat menyukai tempat ini untuk bertelur. Biasanya penginapan-penginapan yang ada disana telah bekerja sama dengan penangkaran penyu untuk menawarkan paket wisata ini. Mulai dari jam 8 malam pihak penginapan akan mengantarkan ke pantai tempat penyu tersebut bertelur. Prosesnya cukup lama karena penyu butuh waktu konsentrasi untuk bertelur. Setelah penyu itu dapat mengeluarkan telur-telurnya, barulah kita dapat melihat prosesnya. Penyu-penyu itu bertelur tidak ditepi pantai tapi di dekat hutan, sehingga kita para pengunjung harus membawa senter dan berhati-hati dalam mencari tempat bertelurnya. Sensasinya sangat luarbiasa seolah kita sedang berburu di malam hari ditambah deburan ombak dan indahnya rembulan malam serta pemandangan yang cukup langka ini.

Biasanya pihak penangkaran akan mengundang para pengunjung untuk datang kembali keesokan harinya untuk melihat pelepasan tukik. Mulai dari jam 6 pagi setiap pengunjung akan diberikan seekor tukik yang lucu, yang kemudian akan mereka lepas ke laut lepas satu persatu. Ditambah lagi dengan pemandangan sunrise yang super Amazing. Pasti Anda tidak akan pernah melupakannya. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk bermain air dipantai, karena cuacanya tidak begitu panas dan ombaknya cukup tenang. Selain itu di sekitar pantai banyak kios-kios kecil yang menawarkan makanan seafood dan berbagai menu yang menggoda selera. Pokoknya semua lengkap ditambah dengan harga yang sangat bersahabat dengan kantong.

Namun memang ada kekekurangan dari pantai ini. Sayangnya pengelolaan tempat wisata ini tidak begitu baik dan kurang diperhatikan. Jalanan menuju pantai masih parah, banyak lubang dan sangat jauh dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu hanya ada beberapa penginapan saja yang disediakan disana dan fasilitasnya kurang memadai. Seharusnya pemerintah setempat lebih memperhatikan kawasan wisata ini dan terus mengembangkannya. Kawasan Wisata ini sangat berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Buktinya, meski kawasan wisata ini belum terkenal wisatawan asing sudah banyak yang berkunjung.

Jika Anda memang penggemar pantai yang indah menawan, Anda wajib mengunjungi Pantai Ujung Genteng. Recomended !!

[caption id="attachment_365642" align="aligncenter" width="300" caption="Pantai Ujung Genteng langsung menuju Samudra"]

14130184072001882872
14130184072001882872
[/caption] [caption id="" align="aligncenter" width="640" caption="Tempat penangkaran penyu"]
Tempat penangkaran penyu
Tempat penangkaran penyu
[/caption] [caption id="" align="aligncenter" width="550" caption="Pantai Pangumbahan Ujung Genteng"]
Pantai Pangumbahan Ujung Genteng
Pantai Pangumbahan Ujung Genteng
[/caption]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun