Mohon tunggu...
Novrinaldi Syafni
Novrinaldi Syafni Mohon Tunggu... Dosen -

H. Novrinaldi. S. Lc || Alumni Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru || Alumni Universitas Al Azhar Cairo || Twitt: @NovrinaldiSapni || FB: Novrinaldi Syafni

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Temus Mesir Kloter 1 Terbang ke Tanah Suci

12 September 2014   16:19 Diperbarui: 18 Juni 2015   00:54 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14104945731434988995

Insya Allah hari ini, jum'at 12 September 2014 pukul 22.30 waktu kairo Temus (Tenaga Musiman) dari Mesir kloter pertama akan terbang menuju tanah suci. Temus mahasiswa kloter pertama ini akan berangkat menuju Saudi dari bandara internasional kairo menggunakan pesawat NAS Air milik pemerintah Arab Saudi. Keberangkatan kloter pertama ini berjumlah sekitar 33 orang, dan mayoritas adalah temus yang bertugas di daerah kerja Mekkah dan sekitarnya.

Menjelaskan mengenai keberangkatan, Bang Iboy (ketua Komite Temus dari Mesir) mengatakan ada perbedaan dari yang sebelum-sebelumnya, "Insya Allah kumpul di KSW jam 5 sore dan udah harus ihroman, kemudian berangkat menuju bandara Internasional kairo dan terbang jam 10.30 malem, ntar nyampe mekkah langsung umroh, dan setelah itu baru kembali ke tempat tugas masing-masing, nah untuk yang keloter kedua sehari setelahnya, sama, kumpul di konsuler, juga udah ihroman dari sini".

Sisanya 35 orang akan berangkat 1 hari setelahnya dengan waktu dan penerbangan yang sama. Untuk gelombang kedua ini yang mendominasi adalah temus yang bertugas di daerah kerja Jeddah dan Madinah. "Alhamdulillah, akhirnya berangkat juga" tulis salah seorang temus di sosial media FB yang dirinya sudah tidak sabar ingin menjalankan tugas dan ibadah yang mulia itu. Keputusan berangkat ke tanah suci ini menjadi sesuatu yang sangat menggembirakan setelah sebelumnya temus Mesir sempat dibikin "galau" dan khawatir tentang keberangkatan. Hal ini dikarenakan permasalahan visa yang tidak kunjung turun, ditambah lagi pengurusannya yang rumit karena memakai sistem E-Hajj, dan ini adalah peraturan baru yang diterapkan oleh pemerintah saudi untuk jamaah haji tahun ini.

Ini juga yang membuat komite temus mesir dan KBRI harus bekerja keras untuk menuntaskan masalah tersebut, dan Alhamdulillah selama kurang lebih 2 minggu komite dan KBRI dapat menyelesaikan masalah ini, tepat pada hari rabu kemarin Visa untuk temus masisir akhirnya turun dan kloter pertama akan berangkat pada hari ini.

Keterangan ini disampaikan langsung oleh ketua komite Temus mesir Bang Iboy (sapaan akrabnya) saat kumpul terakhir sebelum keberangkatan di rumah Limas (Kemass) malam tadi. Beliau juga menceritakan pengalaman pahit yang penuh hikmah itu kepada seluruh anggota temus yang berjumlah 68 orang tersebut. Beliau mengajak para temus Mesir untuk mendo'akan semua pihak utamanya KBRI yang bnyak membantu menuntaskan masalah temus ini. DI akhir sambutannya ia juga berpesan agar temus dari Mesir dapat menjaga citra baik masisir di tanah suci nanti.

Untuk tahun ini jamaah haji Indonesia yang akan berangkat ke tanah berjumlah kurang lebih 168 ribu jamaah. Dan sudah mulai diberangkatkan sejak tanggal 1 September lalu.  Informasi yang kami dapat sampai saat ini sudah hampir 81 kloter dari gelombang pertama yang berangkat menuju tanah suci. Dan Gelombang kedua akan dimulai tanggal 15 September dengan jumlah kloter yang lebih banyak dari gelombang pertama yaitu sekitar 267 kolter. Itu artinya menghadapi gelombang kedua ini tentu sangat dibutuhkan kehadiran temus-temus dari dari timur tengah terutama Mesir, karena jumlahnya mencapai 68 orang atau separuh dari temus mahasiswa yang totalnya 125 orang.

Selamat jalan temus Mesir, semoga diberi kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan tugas dan ibadah di tanah suci nanti. Amin.."Labbaikallahumma labbaik, labbaika la syarika laka labbaik, innal hamda wan ni'amata laka wal mulk la syarika laka" ...

****

Istana Kota 8 kairo, 12-9-2014
Sesaat sebelum Azan subuh

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun