Mohon tunggu...
Muzamil Misbah
Muzamil Misbah Mohon Tunggu... Freelancer - Orang biasa yang gemar baca buku, makan dan jalan-jalan

Sarjana Ekonomi Universitas Negeri Malang, suka menulis tentang ekonomi dan puisi, pegiat literasi keuangan

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Bebas dari Utang, Terbang ke Puncak Kebebasan Finansial

25 April 2024   12:00 Diperbarui: 25 April 2024   19:29 430
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi kebebasan finansial. (Sumber: Freepik)

Pada era yang didominasi oleh kemajuan teknologi dan laju kehidupan yang cepat, impian untuk mencapai kebebasan finansial seringkali menjadi salah satu tujuan utama bagi banyak orang. 

Kebebasan finansial bukan sekadar tentang memiliki jumlah uang yang mencukupi, tetapi lebih kepada meraih keseimbangan hidup yang sejati, di mana uang menjadi alat untuk mencapai tujuan-tujuan yang lebih besar. 

Mengubah Perspektif tentang Uang: Bebaskan Pikiran, Bukan Budak dari Uang

Pertama-tama, langkah awal menuju kebebasan finansial adalah dengan mengubah perspektif tentang uang. Terlalu sering, uang dianggap sebagai tuan yang memerintah hidup kita, padahal seharusnya kita yang mengendalikan uang. 

Kebebasan finansial bukanlah tentang memiliki uang dalam jumlah besar, tetapi lebih kepada memiliki kontrol penuh atas keputusan-keputusan finansial yang kita buat.

Pada era konsumerisme yang memunculkan budaya instant gratification, seringkali kita terjebak dalam siklus pengeluaran yang tidak terkendali. 


Namun, untuk mencapai kebebasan finansial, penting bagi kita untuk membebaskan diri dari kebiasaan hidup berlebihan dan memilih untuk hidup sederhana. 

Ini tidak berarti kita harus hidup dalam keterbatasan, tetapi lebih kepada menghargai apa yang kita miliki dan belajar untuk hidup dengan apa yang memang kita butuhkan.

Keluar dari Jeratan Utang: Langkah Menuju Kemandirian Finansial

Langkah selanjutnya adalah keluar dari jeratan utang

Utang merupakan beban yang bisa menghambat kemajuan finansial kita dan membuat kita terjebak dalam lingkaran setan yang sulit untuk keluar. 

Untuk mencapai kebebasan finansial, kita perlu memiliki tekad kuat untuk membayar utang-utang kita dan memutus siklus utang yang tidak sehat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun