Mohon tunggu...
Callista Angelina
Callista Angelina Mohon Tunggu... Sedang Menulis

Mahasiswa PWK Universitas Jember yang sedang kebingungan akan menulis apa

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Shift Share Analysis

6 Desember 2019   04:09 Diperbarui: 6 Desember 2019   04:18 22 1 0 Mohon Tunggu...

Bagaimana kita bisa tahu apakah suatu kegiatan ekonomi berkembang atau tidak?

Kita tahu bahwa seiring berkembangnya zaman, segala sesuatu juga akan ikut berkembang, baik itu makhluk hidup maupun benda mati. Dan pasti ada tahapan proses yang harus dilalui agar suatu hal bisa berubah dan berkembang. Begitu pula dengan kegiatan ekonomi yang terjadi di sekitar kita setiap harinya. Namun, bagaimana caranya kita bisa mengetahui perubahan tersebut? Lalu bagaimana perkembangan sektr tersebut jika dibandingkan dengan sektor lainnya? Apakah lebih cepat atau lebih lambat? Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa terjawab dengan adanya shift share.

Shift share adalah sebuah analisis yang melihat dan mengidentifikasi perbedaan pertumbuhan yang terjadi pada suatu indikator kegiatan ekonomi, yaitu produksi atau kesempatan kerja, yang dikarenakan berbagai faktor di wilayah satu dengan wilayah lainnya. Dengan menggunakan shift share, kita bisa mengetahui apakah suatu pertumbuhan suatu sektor ekonomi, dikategorikan sebagai lambat atau cepat jika dibandingkan secara relatif dengan sektor-sektor perekonomian lainnya. Dan analisis ini dilihat secara time-series.

Untuk analisisnya, shift share memiliki tiga komponen penting, yaitu Komponen Pertumbuhan Nasional (KPN), Komponen Pertumbuhan Proporsional (KPP), dan Komponen Pertumbuhan Pangsa Wilayah (KPPW).

  • KPN

Komponen Perubahan Nasional adalah perubahan pada indikator ekonomi yang terjadi karena faktor perubahan produksi dan kebijakan-kebijakan yang berpengaruh dan berkaitan dengan sektor ekonomi di suatu wilayah.

  • KPP

Sedangkan Komponen Pertumbuhan Proporsional adalah perubahan pada indikator ekonomi yang disebabkan oleh faktor komposisi sektor dalam permintaan produk akhir dan perbedaan pada struktur dan jenis pasar. KPP mengukur naik turunnya suatu sektor yang ada di suatu daerah dengan yang di tingkat nasional. Ketentuan:

  1. PP>0, maka daerah tersebut unggul dalam sektor yang tumbuh cepat di tingkat nasional
  2. PP<0, maka daerah tersebut tidak unggul dalam sektor yang tumbuh cepat di tingkat nasional
  • KPPW

Dan yang terakhir, Komponen Pertumbuhan Pangsa Wilayah adalah perubahan pada indikator ekonomi yang disebabkan oleh keunggulan komparatif, dukungan kelembagaan, prasarana sosial ekonomi dan kebijakan lokal. KPPW mengukur perbedaan pertumbuhan ekonomi di provinsi dengan nilai tambah bruto yang sama pada tingkatan nasional. Ketentuan:

  1. PPW>0, maka sektor i pada wilayah j berdaya saing yang baik jika dibandingkan dengan wilayah lainnya
  2. PPW<0, maka sektor i pada wilayah j tidak dapat bersaing dengan baik jika dibandingkan dengan wilayah lain

Untuk mendapatkan komponen-komponen di atas, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut.

PN = ri (Nt'/Nt-1)

PP = ri (nt'/nt - Nt'/Nt)

PPW = ri (ri'/ri - nt'/nt)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN