Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ramadhan sebagai Pusat Pelatihan untuk Berintegritas

12 April 2021   10:17 Diperbarui: 12 April 2021   10:29 704
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foto: tribunnews.com

"Jika Engkau Ingin Melatih Dirimu Berintegritas, Maka Latihlah Dibulan Suci Ramadhan" Ajibon 1982

Bulan Ramadhan jangan biarkan berlalu tanpa makna, bulan ini bisa menjadi bulan untuk menepah diri menjadi berintegriras dan jujur, jika besi ditempa api untuk menjadi pedang, maka bulan Ramadhan menempa manusia untuk menjadi Permata yang berkilau dan indah dari sikap taduknya,menyejukkan siapapun ,dan dimanapun.

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. (Al-Baqarah: 183). Inilah ayat yang menjadi landasan yang mewajibkan ummat islam untuk melaksanakan puasa khususnya dibulan suci Ramadan ini. Momentum berpuasa selama kurang lebih sebulan dibulan suci Ramadan.

Puasa memang merupakan sebuah kewajiban dan tidak mungkin ALLAH SWT mewajibkan suatu hal untuk dilaksanakan jika didalamnya tidak terdapat sesuatu yang sangat bermanfaat, bahkan diakhir surah AL-Baqarah tersebut dijelaskan bahwa kewajiban puasa bagi kalian tidak lain memiliki output akhir yakni menjadikan ummat manusia menjadi bertaqwa,secara bahasa kata Taqwa secara bahasa berasal dari kata  berasal dari kata waqa yang artinya memelihara, yakni menjaga diri agar selamat dunia dan akhirat.

Karena itu momentum bulan suci Ramadan ini harusnya mampu dijadikan sebagai ajang untuk melatih diri menjadi seorang pemimpin yang mampu membawah sebuah perubahan bagi rakyat yang dipimpinnya, karena itu jika anda ingin mengasah kepemiminan anda sehinggah mampu mencapai kesuksesan dunia dan akhirat maka disiilah momentumnya, dibulan suci Ramadan ini saatnya membangun salah satu karakter seorang pemimpin sejadi dan abadi adalah mereka memiliki Sikap Jujur atau Integritas Sebahagian orang tentunya memiliki ambisi untuk menjadi Pemimpin atau Leader dalam konstelasi politik misalnya acap disaksikan bagaiman proses suksesi pesta Demokrasi melalui Pilkada penuh dengan persaingan yang begituh kompetitif. 

Namun tidak jarang justru pemimpin yang terpilih sebelum memasuki masa berakhir dari kepemipinannya justru dia terjebak dalam pusaran kasus korupsi. semua ini terjadi disebabkan oleh masih rendahnya kejujuran atau integritas yang dimiliki seorang pejabat.

Menjadi seorang pemimpin tentunya memerlukan kompetensi khusus,menjadi pemimpin (Leader) tanpa mengetahui ilmunya maka kepemimpinan itu akan menjadi sia-sia dan tidak jarang seorang pemimpin akan terjerumus kedalam jeruji besi karena persolan karakter seperti melakukan korupsi. 

Sudah banyak Pemimpin selevel Kepala Daerah Gubernur/Bupati/walikota mengalami nasib tragis  dalam karirnya yakni berkahir dibelakang Jeruji Besi karena harus mempertanggungjawabkan perbuatannya karena terseret pusaran Korupsi. Menjadi Pemimpin tentunya harus memiliki pengaruh.

Pemimpin dan Pengaruh ibaratnya dua sisi mata uang yang tak terpisahkan, seorang pemimpin tanpa memiliki pengaruh maka kepemimpinan itu menjadi mati seperti halnya Zombi hidup tanpa jiwa , pengaruh merupakan jiwa dari sebuah kepemimpinan, sehinggah kepemimpinan kemampuan mengarahkan orang untuk mengikuti apa yang kita inginkan dalam mencapai sebuah tujuan.

Puasa dibulan suci Ramadan ini bisa dijadikan training untuk mengembalikan nilai-nilai kejujuran yang ada dalam diri manusia sebagai pengejantawahan sifat-sifast ilahi yang ditiupkan kedalam diri manusai melalui roh sehinggah sifat sifat tuhan tetap bisa hidup dan dirasakan sehinggah ketika lebaran datang disebut dengan lebaran idul fitrih yang bermakna manusai kembali kefitrahnya yakni sala satu fitrah tersebut adalah menjadi manusia yang jujur. 

Puasa akan melatih kita menjadi jujur (berintegritas), karena dengan berpuasa kita membiasakan idiri untuk tidak makan ataupun minum meskipun tidak ada orang yang mengawasi namun menyadari Allah SWT senantiasa mengawasi sikap tanduknya setiap saat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun