Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Bekerja Sebagai Widyaoswara Pada Lembaga Administrasi Negara

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA IOMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Rahasia Menjadi Coach dan Pendekatan Coaching dalam Pelatihan ASN

18 Februari 2020   10:52 Diperbarui: 18 Februari 2020   10:53 19 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rahasia Menjadi Coach dan Pendekatan Coaching dalam Pelatihan ASN
foto koleksi pribadi

Dalam proses pengembangan ASN salah satu hal baru yang harus difahamai bahwa ASN yang sedang mengikuti Diklat tentunya memiliki tugas akhir yakni membuat sebuah hasi karya yang inivatif khusunya dalam pelayanan publik ata setidak tidaknya mampu melakukan perubahan didalam organisasinya, dan disinilah terletak sebuah tantangan yang besar dalam proses pelatihan seorang ASN.

Karena itu dalam proses pelatihan baik pelatihan latsar, maupun pelatihan Kepemimpinan administrator dan pelatihan kepemimpinan pengawas, pada akhir bagian proses pembelajaran dikelas, dikenal istilah amasah out kampus pada masa out kampus ini pembelajaran telah berakhir dan peserta kembali keinstansinya masing masing untuk melakukan perubahan baik dalam bentuk aktualisasi, maupun dalam proses breakthrough untuk implementasi proyek perubahan.

Kesuksesan peserta dalam melaksanakan proses implementasi proyek perubahan maupun proses aktualisasi dan habituasi sangat ditentukan oleh coach serta mentor yang mendampingi mereka.

Disinilah peranan Coach akan signifikan dalam keberhasilan sebuah peserta melakukan implementasi, proses coaching yang dilakukan seorang coach akan bisa berhasil kepada pesertanya jika coach yang bersangkutan betul betul melaksanakan dan memahami teknik coaching yang benar dan baik.

Karena biasanya seroang coach dalam pelatihan dan pendidikan AS akan diberikan tugas yakni setap coach akan mendampingi minimal 10 peserta atau coachee, baik dalam seminar rancangan aktualisasi tau rancangan proper maupun pada seminar akhir yakni hasil aktualisasi atau Proper.

Berikut ini beberapa prinsip yang harus difahami seorang Coach dalam pelatihan ASN;

Pertama, Coah harus menyadari bahwa proses coachong sebenarnya adalah sebuah proses untuk bagaimana peserta tersebut bisa menjadi lebih hebat yakni proses coaching akan berusaha untuk menggali kemampuna peserta tersebut, sehinggah peserta tersebut menyadari betul akan kemampuannya untuk melakukan perubahan.

Kedua, dalam proses caaching ,seroang coach harus menyadari bahwa prinsip utama dalam coaching adalah sebuah seni yakni seni mendengarkan sehinggah coach jangan terlalu banyak menjelaskan berbagai hal seinggah membuat peserta bosan akan tetapi coach harus mendengarkan lebih banyak.

Ketiga ,coach harus menyadari menyadari bahwa kesuksesan coaching sangat ditentukan oleh tujuan karena itu dalam proses coahing harus ada tujuan terlebih dahulu, yakni tujuan yang ingin dicapai peserta dengan memahami tujuan peserta maka coach dapat mengajukan pertanyaan pertanyaan yang bertujuan untuk mendrive peserta sampai kepada tujuannya tersebut.

Inilah beberapa hal yang harus difahami dalam proses coaching ASN sehinggah proses coaching bisa berhasil, pada tulisan berikutnya kita akan bahas proses coaching lebih dalam lagi.

Edi abdullah widsyaiwara muda LAN RI /Coach LAN RI

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x