Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Politik

Nilai-nilai Anti Korupsi bagi PNS/ASN untuk Mencegah Korupsi

27 April 2018   09:39 Diperbarui: 27 April 2018   10:09 21052
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto koleksi pribadi

Perjuangan melawan korupsi terus saja diperjuangkan, digemakan diberbagai sudut penjuruh daaerah di indonesia, tak bisa dipungkiri birokrasi merupakan tempat yang paling sering mendapatkan sorotan tajam terkait dengan korupsi, PNS tentunya garda terdepan dalam birokrasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, layanan publik Merupakan sebuah kebutuhan dasar yang harus dirasakan masyarakat, layanan publik baik dalam bentuk layanan administrasi,layanan publik dalam bentuk barang,serta layanan publik dalam bentuk jasa.

Melawan korupsi sagngat embutuhkan perjuangan khususnya bagi para PNS karena melalui diklat prajabatan PNS akan dibekali dengan materi Anti Korupsi, melawan krouspsi tentunya memerlukan sebuah terobosan dan kemauan karena itu untuk melawan korupsi harus dimulai pada saat ini, dimulai dari hal-hal kecil, dan dimulai dari diri sendiri.

Melawan anti korupsi tentunya harus dimulai pola pikir karena pola pikir/mindset karena pola pikir yang kadang membuat kita terjerat untuk melakukan korupsi karena itu menanamkan dalam mindset kita bahwa korupsi merupakan sebuah kejahatan dan dosa besar yang dilarang dalam agama manapun.

Melalui pola pikir maka melahirkan tindakan ,tindakan akan melahirkan kebiasaan, kebiasaan akan melahirkan karakter dan karakter pada akhirnya akan menentukan nasib anda. Dengan menjadi PNS yang anti korupsi maka akan menjadi awal untuk menciptakan birokrasi yang bersih dan layanan publik yang baik, PNS sebagai aparartUr tentunya merupakan ujung tombak untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat .

Untuk menjadi PNS anti korupsi maka milikilah sikap perilaku 9 nilai anti korupsi yakni Jujur, peduli, mandiri,disiplin, tanggungjawab, kerja keras,sederhana, berani, adil.9 nilai inilah yang akan menjadi akar bagi membentuk karakter seorang pns menjadi anti korupsi, kalau diibaratkan sebuah pohon maka pohon tumbuh dengan kuat dan kokoh sangat tergantung dari akarnya, sama dengan manusia ,suksesnya seorang manusia sangat ditentukan oleh karakternya/perilakuknya karena itu 9 nilai anti korupsi ini bisa dikatakan sebagai akar bagi tubuhnya sosok PNS/ASN yang anti korupsi, BERIKUT AKAN DIURAIKAN SATU PERSATU MENGENAI 9 NILAI ANTI KORUPSI TERSEBUT;

JUJUR nilai ini memiliki posisi yang sangat penting untuk melahirkan PNS yang anti korupsi, sebagai seorang PNS maka miliilah sikap kejujuran ini, nilai jujur memang sangat mudah diucapkan namun untuk mewujudkannya menjadi karakter maka kita membutuhkan tekad yang kuat dan komitmen, jujur bisa diibaratan merupakan sebuah konsistensi antara ucapan dengan tindakan ,apa yag yang kita ucapkan dan yakini maka hal tersebut kita wujudkan dan implementasikan melalui sebuah tindakan, masalah kejujuran memang merupakan sebuah barang yang paling mahal.

Namun yakinlah kalau anda PNS memiliki sikap ini maka karir anda akan meleset cepat sekali dan sebaliknya jika anda tidak memiliki sikap ini maka yakinlah diri anda akan terjatuh dari posisi anda bisa saja disebabkan karena anda melakukan korupsi dan dipenjara, peoatah pernah mengatakan bahwa kalau kita kehilangan uang maka kita kehilangan sedikit, kalau kita kehilangan kesehatan maka kita kehilangan banyak akan tetapi kalau kita kehilangan integritas maka kita akan kehilangan segala-galanya. Permasalahan korupsi tentunya muncul dari ketidakjujuran, karena itu sikap jujur mampu mencegah kita untuk menjadi koruptor

Disiplin nilai disiplin harga mati bagi seorang PNS, disiplin bisa dikatakan merupakan sebuah sikap untuk taat kepada norma yang ada baik norma hukum, maupun norma agama,penyebab korupsinya tentunya disebabkan oleh kurang taatnya kita terhadap sebuah aturan, karena itu perlu memuouk sebuah kesadaran bahwa ketaatan terhadap sebuah aturan yang ada akan mampu menciptakan lingkunga kerja yang baik.

Disiplin tetunya harus dimiliki seorang PSN termasuk bagaimana disiplin terhadap jam kerja kalam jam kerja dikantor jam 7 30 maka datanglah kekantor sebelum jam 7 30 dan jangan sebaliknya datang pada jam 8 maka yang rugi tentunya negara dan masyarakat yang sudah menggaji kita dari pajak yang kemudian masuk ke APBN/APBD.

Peduli, Peduli merupakan sikap anti korupsi yang harus juga dimiliki seorang PNS/ASN penyebab korupsi sala satunya juga disebabkan oleh kurang kepedulian kita terhadap lingkungan dan organisasi yang kadang melakukan perbuatan korupsi dan kecurangan, acu atk acuh kadang menjadi prinsip kita sehinggah kurang mempedulikan permasalahan korupsi, karena itu sebagai PNS tentunya kita harus memiliki sikap kepedulian ini jika menemukan hal-hal yang berbau korupsi karena itu mari bersama sama KPK kita tanamkan kepudilian dan berani melaporkan ke KPK jika menemukan hal-hal yag diduga tindak pidana korupsi.

Tanggung Jawab, PNS tentunya harus meiliki sikap tanggung jawab terhadap apapun yang dilakukan termasuk jika melakukan kesalahan maka tentunya harus berani untuk bertanggung jawab, tanggung jawab tentunya sebauh kesadaran yang harus terpatri dalam mindset kita bahwa apapapun yang kita lakukan tentunya akan kita pertanggung jawabkan apalagi jika kita menjalani profesi sebagai PNS pertanggung jawaban kita sangat besar selain bertanggung jawab kepada masyakarat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun