Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Bekerja Sebagai Widyaoswara Pada Lembaga Administrasi Negara

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA IOMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menguak Misteri Manfaat Berjabat Tangan Secara Ilmiah Dan Spritual.

11 Juni 2013   15:56 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:12 0 4 2 Mohon Tunggu...
Menguak Misteri Manfaat Berjabat Tangan Secara Ilmiah Dan Spritual.
SBY Genggam Tangan Megawati, Puan Tersenyum

sumber foto;www.tribunnews.com

Ada peristiwa yg luar biasa terjadi upacara pemakaman Ketua MPR Taufiq Kiemas, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (9/6/2103). Seusai pemakaman, SBY  mengucapkan belasungkawa langsung kepada istri Taufiq, Megawati Soekarnoputri, dan  menyalami Megawati dengan berjabat tangan .

berjabat tangan sudah menjadi kebiasaan yg  dilakukan  diberbagai negara termasuk di indonesia sendiri, bahkan jabat tangan dalam dunia bisnis sudah menjadi etika yg dilakukan para pebisnis dengan rekan kerjanya. bahkan jabat tangan bukan hanya dilakukan oleh orang yg saling mengenal tetapi juga bagi mereka yg belum saling mengenal dianjurkan untuk berjabat tangan agar kondisi pertemuan bisa mencair.

berjabat tangan memang sangat dianjurkan oleh nabi muhammad SAW sesuai dengan hadist riwayat dibawah ini

“Adalah sahabat Nabi SAW apabila mereka bertemu, mereka saling berjabat tangan, dan apabila kembali dari perjalanan mereka saling berangkulan.” (HR. at-Thabrani).

Berdasarkan hadist tersebut maka dalam melakukan interaksi sosial dengan orang lain kita dianjurkan untuk berjabat tangan karena berjabat tangan akan semakin mempererat hubungan kita dengan orang lain, etika berjabat tangan sesusngguhnya memiliki tujuan untuk mempererat rasa persaudaraan antara sesama ummat manusia, dan menghilangkan rasa permusuhan diantara kita selain itu akan senatiasa memberikan  postif feeling dan positif thinking kepada orang lain.

bahkan Secara Ilmiah terdapat beberapa manfaat jabat tangan, seperti yang disebutkan dalam laporan yang dimuat dalam ‘Journal of Cognitive Neuroscience.’ Para peneliti mencoba menukan jawaban tentang  pengaruh yang terjadi pada koneksi saraf akibat jabat tangan.dan ternyata hasilnya ketika kita berjabat tangan otak akan memproduksi hormon kebahagian atau endorfin yg memberikan rasa bahagia ketika bertemu dan berjabat tangan dengan orang lain.

selain Florin Dolcos dari Beckman Institute menemukan bahwa berjabat tangan sebelum melakukan interaksi sosial akan meningkatkan dampak positif sekaligus mengurangi dampak negatif dalam pergaulan.

“Kami menemukan bahwa berjabat tangan tidak hanya meningkatkan efek positif dalam berinteraksi, tetapi juga mengurangi kesan negatif.,” kata Dolcos seperti dilansir Science Blog.

Menurutnya, seringkali terjadi kesalahan dalam interaksi sosial kita. Dengan berjabat tangan ,maka  kita dapat meredam dampak negatif dari kesalahpahaman yang mungkin terjadi.dan mampu meredam permasalahan dan memulihkan situasi psikologis antar person.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN