Mohon tunggu...
Gordi Afri
Gordi Afri Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Alumnus STF Driyarkara, Jakarta, 2012. Sekarang tinggal di Yogyakarta. Simak pengalamannya di http://gordyafri.blogspot.com dan http://gordyafri2011.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Kerja Dulu Baru Jadi Ahli

28 Agustus 2012   10:47 Diperbarui: 25 Juni 2015   01:13 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Seorang sahabat sedang bingung memikirkan keahliannya. Apa ya keahlian saya? Katanya. Susah ya memikirkan keahlian. Ya...kalau belum ada memang susah.

Keahlian menurut saya merupakan hasil dari karya. Buah dari karya kita adalah keahlian. Seorang dosen menjadi ahli kimia karena dia tekun mengajar kimia, membuat praktikum laboratorium dengan bahan kimia. ketekunannya setiap hari membuahkan hasil, dia menjadi ahli dalam bidang kimia.

Demikian juga petani yang ahli menanam padi. Keahliannya didapat setelah dia tekun dari tahun ke tahun menanam benih, mencari musim tanam yang cocok, mengatasi hama tanaman dengan berbagai cara, memberi pupuk yang pas, dan sebagainya.

Jadi, sahabat, kamu bekerja dulu baru dapat keahlian. Rajinlah bekerja, tekunlah berusaha, suatu saat kelak kamu dapat keahlian dalam bidang yang kamu geluti. Menjadi ahli berarti berani melewati usaha keras tanpa pantang mundur menekuni bidang tertentu.

PA, 28/8/2012

Gordi Afri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun