Mohon tunggu...
Amad Soleh
Amad Soleh Mohon Tunggu... -

Awal yang baik adalah saat kita memulai sesuatu dengan niat dan kesungguhan dengan\r\n\r\ndijalankan penuh keseriusan. Itulah prinsip yang saya terapkan sampai saat ini sehingga saya \r\n\r\nbisa menikmati buah hasil dari keseriusan saya, tak lepas hampir setiap bulan saya bisa \r\n\r\nmeraih tak kurang dari tiga digit dollar setiap bulanya.\r\n\r\nBlog Saya : http://amadsoleh.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Hati-hati dengan SMS Banking?

1 Agustus 2014   11:33 Diperbarui: 4 April 2017   16:44 650
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat ini,transaksi perbankan dapat dilakukan dimanapun dengan menggunakan perangkat handphone atau smartphone. SMS Banking merupakan sebuah fasilitas layanan perbankan yang dapat memudahkan anda melakukan berbagai transaksi,mulai dari isi ulang pulsa,transfer sampai melakukan pembayaran tagihan kartu kredit semudah anda mengirim SMS. SMS Banking

Secara sederhana SMS Banking dapat dijabarkan seperti anda mengirim pesan SMS banking maka operator seluler akan meneruskan pesan kepada aplikasi mobile banking pihak bank. Dari layanan mobile banking tersebut maka permintaan transaksi akan diteruskan ke server core banking yang berisi informasi akun nasabah. Respon atas SMS tersebut kemudian dikirimkan oleh aplikasi mobile banking kepada penyedia layanan Bulk SMS (layanan SMS massal) yang pada giliranya meneruskanya kepada pengguna yang valid melalui SMS.

Sebagai contoh dalam melalukan sebuah transaksi SMS Banking BRI kode atau pesan yang harus diketikan adalah ssebagai berikut :


  • Informasi Saldo : SALDO [spasi] PIN SMS
  • Transfer sesama BRI : TRANSFER BRI No.Rek. Tujuan [spasi] Nominal [spasi] PIN SMS.
  • Bayar kartu Kredit : BAYAR [spasi] CITI Nomor Kartu [spasi] Nominal [spasi] PIN SMS.
  • Beli Pulsa : PULSA [spasi] Nomor HP [spasi] Nominal/1000 [spasi] PIN SMS.

Kelamahan SMS Banking


Salah satu kelemahan SMS Banking adalah PIN yang digunakan untuk melakukan transaksi terkadang masih tersimpan dalam kotak keluar SMS atau sms outbox sehingga apabila ada orang yang meminjam HP anda bisa menemukan atau melihat PIN yang sudah pernah anda gunakan tersebut. Resiko lainya adalah seandainya HP anda hilang dan masih ada history send message-nya maka PIN SMS Banking milik anda juga bisa diketahui oleh orang lain.

Saat ini ada beberapa operator atau metode yang digunakan untuk menyadap SMS. Misalnya pada operator yang menyediakan fasilitas forward dan copy SMS. Dengan demikian setiap kali orang melakukan pengiriaman SMS maka pesan yang dikirimkan juga akan dikirimkan pada nomor orang lain.

Metode Menyadap SMS Banking


Banyak yang mengira bahwa SMS Banking lebih aman daripada internet banking. Padahal SMS Banking juga tidak terlepas dari aksi penyadapan. Dalam bagian ini, saya akan menunjukan sedikit kepada anda bagaimana cara penyadapan SMS Banking dengan tujuan mendapatkan PIN SMS Banking. (Ini hanya sebagai pembelajaran,agar lebih hati hati,dan saya tidak ada maksud untuk mengajarkan teknik ini. Semata mata hanya untuk lebih hati hati dan waspada).

Disini saya menggunakan sebuah aplikasi yang sangat umum digunakan, yaitu aplikasi Bloove. untuk lebih jelasnya,silahkan ikuti langkah langkah dibawah ini :

Sumber : amadsoleh.blogspot.com

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun