Mohon tunggu...
Amad Soleh
Amad Soleh Mohon Tunggu... -

Awal yang baik adalah saat kita memulai sesuatu dengan niat dan kesungguhan dengan\r\n\r\ndijalankan penuh keseriusan. Itulah prinsip yang saya terapkan sampai saat ini sehingga saya \r\n\r\nbisa menikmati buah hasil dari keseriusan saya, tak lepas hampir setiap bulan saya bisa \r\n\r\nmeraih tak kurang dari tiga digit dollar setiap bulanya.\r\n\r\nBlog Saya : http://amadsoleh.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Sudah Tahukah Anda tentang Facebook Insight?

27 Mei 2016   10:07 Diperbarui: 27 Mei 2016   10:14 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Facebook Insight. Banyak keunggulan yang Anda dapatkan dari fan page ini ketika Facebook merilis Facebook Insight – ini merupakan sebuah tool yang sangat powerful untuk melakukan track terhadap interaksi penggunanya. Facebook Insight hanya bisa Anda lihat dari halaman admin artinya hanya Anda yang bisa melihat, dan berfungsi untuk melihat kinerja atau performance dari fanpage yang Anda punya. Menggunakan Facebook Insight, kita akan dapat melihat atau mengetahui kapan dan waktu yang terbaik dalam melakukan posting satu hari, hari apa yang terbaik dalam satu minggu dan postingan seperti apa yang paling banyak disukai atau di cari pengunjung. Bagian penting lainnya adalah , Facebook Insight mencatat sebuah fenomena penting yang terjadi di fanpage kita, termasuk dalam perkembangan yang terjadi dan pola yang terbentuk karenanya. Dan ini bisa menjadikan sebuah efek viral yang sangat maksimal untuk Anda coba.

Baca juga : Panduan Mengganti Link Judul Post Di Facebook

Cara Menggunakan Facebook Insight?

Silahakn Anda masuk ke halaman admin dari fanpage yang sedang anda kelola, kemudian temukan kolom ‘Insight’ di atas cover page dan Klik ‘see all’. Kemudian pada bagian bawah Anda akan mendapatkan beberapa kolom yang berisi statistik postingan. Penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut :

Reach > Ini mengindikasikan berapa banyak jumlah orang yang melihat postingan yang Anda buat, baik melalui desktop atau mobile. Jangka waktu untuk metrik ini 28 hari setelah posting. Untuk melihat darimana viewer, silakan Anda klik bagian angka yang terletak di Reach maka akan terdeteksi apakan viewer berasal dari organic, paid (hasil iklan) atau viral.

Engaged User > Mendeteksi berapa jumlah pengujung yang melakukan klik di postingan yang kita buat. Ini terjadi karena postingan Anda muncul di newsfeeds.

Talking About This > Ini adalah berapa banyak orang yang menciptakan ‘story’ dari postingan Anda. Story tersebut termasuk : Yang melakukan share, like atau komentar di post Anda, menjawab pertanyaan (kalau postingan Anda berupa polling), merespon event yang dibuat (apabila postingan Anda berupa event), atau klaim offer (apabila Anda memakai offer sebagai postingan).

Virality > Persentase dari jumlah pengunjung yang menciptakan ‘story’ dengan orang yang melihat ‘story’ yang telah disebarkan. Merupakan sebuah turunan dari unique viewer yang ada. Perhitunganya adalah : jumlah orang yang Talking About This dibagi dengan Reach. Jadi semua skor virality yang lebih dari 3% adalah excellent.

Baca Juga : Apa Yang Kita Cari Semua Ada Di Google

Secara detail, Facebook Insight memberikan sebuah sudut pandang kepada pengelola fanpage tentang konsep viral yang dibangun oleh Facebook. Ini terlihat jelas bagaimana demografi orang-orang yang melakukan like fanpage kita. Termasuk berasal dari negara mana, kota mana dan bahkan umurnya pun bisa Anda lihat. Lebih dari itu, Facebook Insight juga mengkalkulasi trending topik apa yang paling banyak digemari atau diminati.

Apakah Anda mempunyai sebuah pendapat lain, silakan tinggalkan komentar Anda di kolom di bawah ini untuk menambah wawasan saya dan khususnya pembaca lainya.

Sumber : MadZeo.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun