Mohon tunggu...
Trias Setiawan Rizky
Trias Setiawan Rizky Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writing for living

Haii, saya suka menulis 😁

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sejarah Internet dan Perkembangan Media Online di Indonesia

6 Maret 2015   05:39 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:06 795
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1425569618514111791

Sejarah Singkat Internet

Internet muncul dengan berbagai gebrakan baru di abad ke 19 yang menjadi sebuah revolusi bagi kehidupan manusia, khususnya untuk kebutuhan berbagi informasi. Apabila melihat sejarah perkembangannya sebelum internet menjadi sesuatu yang sangat mendunia seperti sekarang ini, dulunya internet hanya di peruntukkan bagi sebagian kalangan atau organisasi saja, misalnya seperti untuk keperluan birokrasi pemerintahan dan jalinan koneksi perusahaan-perusahaan besar di dunia.

Perkembangan Media Online di Amerika

Awal mulanya internet digunakan untuk keperluan Departemen of Defense America (Departemen Pertahanan Amerika) dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat pertukaran informasi intelejen mereka. Dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan IT dan universitas-universitas di Amerika yang disebut ARPANET/Advanced Research Project Agency Network. Pada tahun 1970 departemen pertahanan Amerika yang di bantu oleh  ARPANET berhasil mengembangkan TCP/IP (Transmitter Control Protocol/Internet Protocol) tonggak awal mulanya penggunaan internet yang fungsinya seperti kita tahu seperti sekarang ini untuk berbagi informasi antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Dua dekade setelah ARPANET mengembangakn jaringan internetnya, internet sudah dapat di akses oleh semua orang di Amerika, pada tahun 1990 muncul sebuah fenomena yang di sebut "media online booming". pada saat ini muncul berbagai media online yang dikembangkan secara serius oleh para media massa di Amerika. Media massa yang pertamakali mempublikasikan beritanya di media online adalah Chicago Tribune. konten-konten dalam portal berita online mereka di isi dengan berita-berita dari harian edisi cetak mereka yaitu Chicago Tribune Newspaper. sejak kemunculan pertama Chicago Tribune versi online ini pada tahun 1992, mulai muncul banyak media online lain yang mengikuti jejaknya sehingga sampai tahun 2001 tercatat ada 12.000 lebih media online yang muncul di Amerika.

Sejarah Internet di Indonesia

Internet muncul di indonesia pada tahun 1990 an yang pada saat itu dikenal dengan nama Paguyuban Network. kenapa di sebut Paguyuban Network? karena pada masa itu, para penggunanya memiliki hubungan yang erat, memiliki rasa kebersamaan dan jiwa gotongroyong yang tinggi karena dilakukan secara komunal terutama karena pada saat itu internet kebanyakan digunakan untuk keperluan perdagangan dan keperluan komunikasi mahasiswa yang ada di luar negeri. Berbeda dengan masa sekarang, para pengguna internet lebih cenderung lebih bersifat individualistik.

Internet di Indonesia tidak lepas dari peranan Ipteknet. Ipteknek merupakan penyedia jasa jaringan internet (Internet Service Provider -ISP) pertama di Indonesia yang bisa dibilang sebuah revolusi baru yang kemudian mendorong munculnya banyak ISP lain di Indonesia seperti Indonet dan Radnet.

Media Online di Indon

Media online di Indonesia mulai berkembang pada masa-masa akhir pemerintahan Soeharto pada tahun 1998. Detickom menjadi sebuah media online pertama yang di kelola secara serius di Indonesia pada masa itu. Pada mulanya detickom membuat portal berita online yang terbilang dengan desain dan konten yang seadanya, konten-konten berita yang dimuat adalah berita politik, ekonomi dan teknologi informasi yang semuanya di pindahkan dari versi cetak ke versi online (walaupun pada masa itu versi cetak detikcom tidak bertahan lama). Baru kemudian setelah pergolakan politik era Soeharto mulai mereda, dimuatlah rubrik hiburan dan olahraga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun