Mohon tunggu...
Sugiman W
Sugiman W Mohon Tunggu... Buruh - Saya

Menulis "sesuatu" di Jogja. Sudah jarang nulis di sini.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Akhirnya Akun Twitter @KratonJogja Terverifikasi

10 April 2016   14:53 Diperbarui: 15 April 2016   11:20 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="@KratonJogja"][/caption]Belum banyak netizen dan masyarakat yang tahu bahwa Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki akun resmi media sosial. Saya yang tinggal di Jogja merasa malu karena baru mengetahuinya saat menghadiri acara Obsat ke-178: Melestarikan Indonesia 15 Maret 2016 lalu. Twitter, Facebook, dan Instagram digunakan untuk memberi pengetahuan budaya dan kegiatan yang berlangsung di Kraton Yogyakarta.

Media sosial Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dikelola pusat data dan informasi Kraton, yang dikenal dengan nama Tepas Tandhayekti. Sebagai Penghageng Tepas Tandhayekti adalah GKR Hayu; putri keempat Sultan Hamengku Buwono X.

Mengutip Jogja Update, struktur Tepas Tandhayekti ada di bawah Kawedanan Hageng Panitrapura, sebuah Kawedanan Hageng sebagai sekretariat utama, yang berwenang melaksanakan surat-menyurat hingga menerbitkan berbagai perizinan kegiatan di lingkungan Kraton Yogyakarta dengan masyarakat.

Di acara Obsat ke-178 tersebut hadir perwakilan Twitter Indonesia, Teguh Wicaksono yang "ditodong" pembawa acara, Ndorokakung menjelaskan perihal verifikasi Twitter milik Kraton Ngayogyakarta. Dijelaskan oleh Teguh, akun Twitter milik Kraton Ngayogyakarta sedang dalam tahap verifikasi, dalam waktu dekat akun yang didaftarkan akan mendapat "centang biru."

Ciutan Pertama dan Perubahan Akun

Saat acara Obsat ke-178, akun Twitter Kraton Ngayogyakarta adalah @KratonJogja_ (baca berita acara Obsat ke-178), karena akun tanpa tanda strip bawah (underscore) sudah diambil oleh orang lain. Ciutan pertama akun milik Kraton Ngayogyakarta adalah;

Twitter Indonesia gercep, selang tujuh hari setelah acara Obsat tersebut, akun Twitter Ngayogyakarta berubah menjadi @KratonJogja.

Akun @KratonJogja Terverifikasi

Akhirnya pada tanggal 6 April 2016 akun @KratonJogja resmi mendapatkan "centang biru" dari Twitter.

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun