Mohon tunggu...
Della Anna
Della Anna Mohon Tunggu...

Indonesia tanah air beta. Domisili Belanda. Blogger,Photographer, Kolumnis. Berbagi dalam bentuk tulisan dan foto.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Ramalan, Ahok Menjadi Islam, Najwa jadi Menteri

11 Januari 2018   21:40 Diperbarui: 11 Januari 2018   22:48 2774 11 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramalan, Ahok Menjadi Islam, Najwa jadi Menteri
Ilustrasi, Politik/Kompasiana

Ya, setiap insan meramal. Dari yang taat beragama sampai hidup hanya untuk hari ini, esok punya kisah tersendiri. Tidak jadi soal manusia sederhana tanpa atap rumah alias tunawisma sampai pejabat parpol dan birokrasi, semua orang boleh beramal-ria.

Anda pasti tertawa membaca tulisan saya ini, ramalan kalau Pak Ahok jadi Islam dan Najwa Shihab jadi Menteri.

Presiden Jokowi sendiri menyebutkan bahwa tahun 2018 adalah tahun politik. Beberapa kritikus politik tanah air bahkan menambahkan tahun 2018 itu tahun politik, uang, dan agama. 

Kita sebagai awam birokrasi apalagi politikus pasti heran bertanya, ''kok bisa agama dibawa-bawa dalam kancah perhelatan parpol, apa hubungannya agama dengan urusan kekuasaan. Tuhan mengutus perdamaian, bukan peperangan!''

Kita tidak usah naif, karena kita memang kaya mengkonsumsi informasi media massa. Apa saja kita cari, dan apa saja kita pegang sebagai bahan referensi. Dan apa saja, kita berusaha keras untuk menghubungkan situasi pada suatu kejadian dengan ayat-ayat suci pada lembar-lembar buku suci keagamaan.  Kesimpulannya, telah tercatat di sana!

Sampai suatu ketika, kita terhenyak mendengar pernyataan yang disampaikan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN), Djoko Setiadi, bahwa hoax yang membangun itu sah saja. Gak ngerti deh, apa reaksi Pak Presiden Joko Widodo untuk statement Kepala BSSN ini, apakah beliau mesem atau tersenyum simpul kecut. Sebab beliau sendiri yang melantik Kepala BSSN. 

Kami yang warga negara Indonesia yang bermukim jauh dari tanah air, sampai ngakak termehek-mehek. Kami katakan, ''wah ini pastinya parodi, atau satire, atau banyolan, yang inti khusus sebenarnya menguliti para tukang hoax yang direkrut dengan managemen finasial rahasia yang bertebaran pada sosial media, dan yang kini sedang berurusan dengan pihak yang berwajib.''

Padahal, kami sedang giat-giatnya mengganyang berita hoax. Karena kami ini sudah jera, jatuh bangun kena dikadalin oleh hoax. Dan tiba-tiba saja hoax mendapat tempat untuk kembali diamati, dipertimbangkan, dan akhirnya diputuskan sebagai suatu berita yang dapat membangun. Berita yang bisa diandalkan untuk dipakai sebagai ide, sebagai inspirasi. 

Apakah anda sempat berpikir bahwa judul artikel di atas adalah ''hoax?''

Kalau anda katakan ''hoax,'' maka anda akan saya tantang, wah  silahkan baca lagi deh berita up to date dari kepala BSSN. Ha ha ha ...

Saya beramal tetapi saya bukan paranormal. Saya berprediksi dengan praduga, bahwa kedua profil yang menjadi topik prediksi saya bisa terjadi diwaktu yang akan datang., atau katakan dalam waktu dekat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x