Mohon tunggu...
Safri Sebastian Sihombing
Safri Sebastian Sihombing Mohon Tunggu... Penulis - Sales-marketing dan Finance Specialist | Writer dan Debater | Social-Economics Researcher

Fonder Forum Debat dan Ilmiah Mahasiswa (FODIM) Unimed, Inisiator Ruang Berbagi 7, Iniator dan Penasehat Himpunan Mahasiswa Paranginan || Penerima Penghargaan Lomba Artikel Blog Kementerian PUPR dan Blog Competition Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi RI 2020 || Penerima Penghargaan Lomba Karya Tulis Ilmiah PT Inalum Persero 2019 || Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2019 || Peraih Juara Debat Mahasiswa Tingkat Nasional || Juara 1 Call for Paper UTM Madura dan Finalis Terbaik KBMK Bidang Kasus Pemasaran Kemenristekdikti 2019 || Tidak ada yang dapat mengalahkan ketekunan sekalipun kekuatan dan kejeniusan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Ketika Aktivitas Internetan Dibarengi Jaringan Modem Wifi M5

14 November 2017   19:57 Diperbarui: 16 November 2017   23:00 1360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ketika Aktivitas Internetan Dibarengi Jaringan Modem Wifi M5

Di dunia yang semakin modern dan serba digital sekarang ini, jaringan paket data merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Banyak pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari memanfaatkan jaringan paket data. Mulai dari pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, maupun aktivitas lainnya. Di dunia digitalisasi saat ini penggunaan internet merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh para penggunanya. Nampaknya handphone/gadget, laptop, dan komputer yang kita punyai tidak ada artinya bila tidak tersambung dengan jaringan internet. 

Jaringan internet yang kita gunakan membutuhkan paket data untuk mengakses berbagai aplikasi yang terdapat di handphone/gadget, laptop, dan komputer yang kita gunakan. Saat ini di Indonesia hampir seluruh masyarakatnya memiliki yang namanya handphone/gadget. Dimulai dari anak kecil hingga orang tua sudah mempunyai handphone. Bukan hanya itu, Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk ke dalam lima besar negara yang jumlah pengguna media sosial terbanyak di dunia. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Sedangkan menurut Laporan Tetra Pak Index 2017 yang belum lama diluncurkan, mencatatkan ada sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia. Sementara hampir setengahnya adalah penggila media sosial, atau berkisar di angka 40%. Angka Ini meningkat lumayan dibanding tahun lalu, di 2016 kenaikan penguna internet di Indonesia berkisar 51% atau sekitar 45 juta pengguna, diikuti dengan pertumbuhan sebesar 34% pengguna aktif media sosial. Sementara pengguna yang mengakses sosial media melalui mobile berada di angka 39%.

Pengguna Internet di Indonesia
Pengguna Internet di Indonesia
Dari data tersebut dapat kita ambil sebuah kesimpulan bahwa Negara Indonesia merupakan salah satu Negara yang membutuhkan jaringan internet untuk melakukan setiap aktivitas  mereka sehari-hari. Akibat dari banyaknya pengguna jaringan internet di Indonesia maka terkadang jaringan lambat dan terkadang juga jaringan yang kita gunakan bila tersambung dengan internet gagal dan terputus. Lihat aja ada banyak sekali pekerjaan yang gagal, aktivitas yang gagal akibat dari lemahnya jaringan paket data internet yang mereka gunakan. Hal ini dapat menyebabkan kerugian bagi para pengguna jaringannya. Lihat saja apa yang terjadi saat ini terkadang jaringan internet sangat sulit untuk didapatkan bahkan tidak sedikit yang koneksinya menjadi terputus.

HP/Gadget yang memerlukan Jaringan Internet
HP/Gadget yang memerlukan Jaringan Internet
Saya pernah mengalami hal yang sangat merugikan saya ketika melakukan suatu aktivitas dengan harus memanfaatkan jaringan internet, namun karena tiba-tiba jaringannya hilang alias terputus/tidak tersambung maka aktivitas atau pekerjaan yang saya lakukan tersebut gagal dan tidak selesai. Saya adalah mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi Universitas Negeri Medan (Unimed). Jujur saja di di dalam ruangan fakultas ekonomi Unimed jaringan handphone lemah dan sering terputus. 

Waktu itu ada tugas dari dosen yang harus menggunakan laptop di kelas, namun karena jaringan wifi Unimed lemah dan tidak tersambung ditambah lagi jaringan paket data saya yang lemah dan putus membuat tugas dari dosen tersebut tidak selesai. Ketika browsing dan internetan sering sekali yang terjadi adalah gagal atau jaringan tidak menyambungkan. Namun, ketika saya mulai memakai jaringan modem wifi M5 saya selalu tersambung dengan internet dan paket data sayapun selalu tersambung dengan lancar.

Modem Wifi M5
Modem Wifi M5
Ada beberapa manfaat dan kelebihan penggunaan jaringan modem wifi M5 antara lain :

1.Jaringan Cepat 4G LTE Cat4

 

Dengan jaringan yang sudah mendukung 4G LTE, membuat WiFi M5 mempunyai kecepatan yang optimal saat digunakan, membuat aktivitas di dunia maya seperti streaming, browsing dan downlod menjadi nyaman.

2. Baterai Kapasitas Besar dan Berfungsi Sebagai Power Bank

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun