Mohon tunggu...
Bayu Wibisana
Bayu Wibisana Mohon Tunggu... kompasiana memang KREN

Tinggal di Kota Berastagi Kab. Karo sekitar -/+ 65 KM dari Kota Medan

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Gunung Sinabung Kembali Erupsi Setelah Turun Status Jadi Level-III (Siaga)

9 Juni 2019   17:53 Diperbarui: 9 Juni 2019   18:01 0 1 1 Mohon Tunggu...
Gunung Sinabung Kembali Erupsi Setelah Turun Status Jadi Level-III (Siaga)
Dokpri

Telah terjadi erupsi G. Sinabung, Sumatera Utara pada tanggal 09 Juni 2019 pukul 16:28 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 7.000 m di atas puncak ( 9.460 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 9 menit 17 detik. Terjadi awan panas ke arah tenggara 3,5 km dan selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan gunungapi sinabung.

Saat ini G. Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi  Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Dokpri
Dokpri

Upaya sementara yang dilakukan Kodim 0205/TK melalui  Dandim 0205/TK Letkol INF Taufik Rizal SE., memerintahkan personelnya Koramil 04/SE dan Koramil 05/PY dibawah pimpinan Danramil untk melarang warga & wisatawan tdk memasuki zona merah Sinabung,  melakukan koordinasi dgn pihak BPBD & Kepolisian, berkoordinasi dgn Damkar untk melakukan penyiraman & pembersihan thd abu vulkanik, melakukan pembagian masker kepada warga serta berkoordinasi dgn Dinsos Pemda Karo.

Dokpri
Dokpri

Untuk situasi sementara saat ini masih terjadi hujan abu kearah Selatan-Utara Kec Namanteran dan Kec Payung, situasi masih dalam keadaan kondusif.

Dokpri
Dokpri