Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Toni Kroos yang "Turun Gunung" dan Peran Penting Pemain Senior

27 Maret 2024   20:52 Diperbarui: 28 Maret 2024   14:46 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Toni Kroos, pemain Timnas Jerman. (Foto: Franck Fife/AFP via kompas.com)

Ketika Timnas Jerman berhasil mencetak gol pada menit pertama ke gawang Timnas Perancis dalam laga persahabatan di stadion Groupama, Perancis, tak sedikit mata yang memuji F. Mirtz sebagai pencetak gol. 

Gelandang muda ini mencuri perhatian musim ini lantaran performanya yang meyakinkan bersama Bayer Leverkusen dan dipandang akan menjadi andalan pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann pada Piala Eropa 2024 mendatang.

Sebenarnya, sosok yang berperan dari gol cepat itu adalah gelandang senior Toni Kroos. Pemain  berusia 34 tahun itu jeli membaca kelengahan lini belakang Perancis yang belum siap dan posisi bebas Mirtz yang tak begitu dikawal. 

Asis itu seperti menandai kembalinya gelandang senior yang berkiprah bersama klub asal ibukota Spanyol, Real Madrid ke Timnas Jerman.

Toni Kroos Turun Gunung 

Ya, sebenarnya Kroos sudah memutuskan gantung sepatu dari Timnas Jerman di tahun 2021. Kroos rupanya mengiakan tawaran dari Nagelsmann untuk menjadi bagian dari skuad Timnas di tahun 2024 dan bahkan hingga Piala Eropa 2024 mendatang. 

Langkah Nagelsmann itu bisa saja berkaitan dengan kondisi Timnas Jerman yang tak stabil dalam dua tahun terakhir. Pada Piala Dunia 2022 di Qatar, Jerman tersingkir pada babak kualifikasi grup. 

Belum laga, laga-laga internasional yang mana Jerman menjadi tim yang gampang tunduk, walau berhadapan dengan tim yang kualitasnya berada di bawah tim berjuluk Tim Panzer ini. Akibatnya, Jerman pun keluar dari 10 besar rangking FIFA di tahun lalu dan seperti menjadi timnas medioker. 

Tak elak, Nagelsmann melihat  Kroos yang masih bisa dimanfaatkan untuk timnas Jerman. Tak pelak, dari dua laga internasional kontra Perancis dan Belanda, Kroos tampil sejak menit awal dan menjadi salah satu pemain yang cukup penting di lini tengah Jerman. 

Jerman yang meraih kemenangan dari dua laga tersebut sepertinya bangkit dari keterpurukan. Perancis dan Belanda mempunyai komposisi skuad yang cukup mumpuni, dan bermain kontra kedua timnas itu menjadi ajang yang pas untuk menguji komposisi skuad Jerman, termasuk ujian dari jalan "turun gunung" Kroos ke timnas Jerman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun