Mohon tunggu...
003_Mumammad Rizal Alfiansyah
003_Mumammad Rizal Alfiansyah Mohon Tunggu... Abdi Negara

biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengenal Lebih Dekat dengan Ikan Bawal dan Pembudidayaannya

4 Maret 2021   09:35 Diperbarui: 4 Maret 2021   09:36 169 2 0 Mohon Tunggu...

Ikan bawal atau dalam bahasa latin dikenal dengan Colossoma Macropum adalah jenis ikan dari spesies famili Bramidae yang berasal dari Hawaii dan Sungai Amazon Brazil selain itu, ikan jenis ini juga banyak dijumpai di perairan Indonesia. Di perairan Indonesia sendiri ikan ini bisa ditemukan di beberapa tempat seperti selat Selat Malaka, Laut Jawa, Sulawesi Selatan, dan perairan Kalimantan. Ikan jenis ini termasuk ikan predator dan memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan ikan piranha. Namun ada beberapa hal yang membedakan kedua ikan ini diantaranya :

1. Ukuran Tubuh

Perbedaan yang pertama ada pada ukuran tubuh. Ukuran tubuh ikan bawal relatif lebih besar, ikan bawal dapat tumbuh sampai dengan 107 cm dengan bobot kurang lebih 45 kg. Sedangkan ikan piranha diyakini memiliki ukuran tubuh paling besar sekitar 60 cm dengan berat kurang lebih 4 kg 

2. Makanan  

Perbedaan selanjutnya ada pada makanan, meskipun sama-sama tergolong karnivora kedua ikan ini memiliki jenis makanan yang cukup berbeda. Ikan bawal cenderung bersifat omnivora, selain bisa memakanan daging ikan jenis ini juga bisa memakan tumbuhan seperti alga dan lain-lain . Sedangkan pada piranha termasuk ke dalam karnivora murni yang menyukai daging seperti unggas, cacing, bangkai hewan lain, serangga dan yang lainnya.

3. Habitat Asal

Ikan piranha pada umumnya banyak ditemukan di sungai-sungai Amerika Selatan seperti Sungai Orinoco Venezuela, Sungai Parana di Argentina hingga Sungai Amazon di Brazil. Sedangkan untuk ikan bawal sendiri banyak ditemukan di perairan benua asia termasuk Indonesia.

Ikan Bawal juga memiliki beberapa variasi diantaranya:

1. Ikan Bawal hitam

Ikan bawal hitam memiliki nama internasional yakni Black Pomfret. Habitat asal Ikan ini berasal dari Brazil. Untuk di Indonesia, ikan bawal hitam ini bisa ditemukan di laut Jawa, Selat Malaka, sepanjang perairan Kalimantan, Sulawesi Selatan dan Laut Arafuru. Namun ada juga yang berhabitat di sepanjang Laut Cina Selatan maupun di Filipina. 

Pada mulanya ikan bawal ini banyak diperdagangkan sebagai ikan hias, namun karena pertumbuhannya yang cepat, ukurannya yang besar dan dagingnya yang enak maka ikan jenis ini semakin banyak dikonsumsi masyarakat.  Biasanya ikan bawal hitam ini  hidup di bagian dasar perairan yang memiliki lumpur terutama di beberapa daerah muara sungai. Ikan jenis ini, memiliki bentuk tubuh pipih, memiliki warna kulit abu-abu keunguan pada bagian atas serta berwarna putih perak di bagian bawah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x