Manfaat tahu

14 Juni 2012 05:08:27 Dibaca :

Sering sekali saya makan tahu baik di rumah maupun beli di tempat makan seperti warteg dan gorengan pinggir jalan tapi untuk membeli tahu di gorengan pinggir jalan saat ini saya usahakan tidak membeli lebih baik makan tahu di rumah hasil gorengan sendiri dan hasil gorengan orang tua. rasa tahu enak sekali seperti yang pernah saya makan  tahu goreng biasa, tahu sumedang, tahu isi dan tahu dengan bumbu kecap maupun tahu balado yang biasa dibuat oleh orang tua saya.

Menurut saya kenikmatan memakan tahu dalam keadaan hangat akan terasa lengkap apabila ditemani dengan segelas es teh manis karena menurut saya akan terasa kenikmatan tersendiri yang bermula dari kehangatan tahu di netralisir dengan es teh manis tapi kalau kita penderita diabetes lebih baik minumnya dengan air teh tawar dingin tanpa gula atau alternatif yang lainnya air putih dingin.

Selama ini pengetahuan saya mengenai tahu masih sangat sedikit ternyata setelah saya mencari kandungan gizi dan manfaat tahu di alat pencari google ternyata hasilnya sebagai hasil olahan kacang kedelai, tahu merupakan makanan andalan untuk perbaikan gizi karena tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi (sebesar 85% -98%). Kandungan gizi dalam tahu, memang masih kalah dibandingkan lauk pauk hewani, seperti telur, daging dan ikan. Namun, dengan harga yang lebih murah, masyarakat cenderung lebih memilih mengkonsumsi tahu sebagai bahan makanan pengganti protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin,  vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang). Dan paling penting, dengan kandungan sekitar 80% asam lemak tak jenuh tahu tidak banyak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman bagi kesehatan jantung. Bahkan karena kandungan hidrat arang dan kalorinya yang rendah, tahu merupakan salah satu menu diet rendah kalori.

Di balik kelezatannya, tahu menyimpan khasiat medis tersendiri. Sebuah studi oleh tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition dilakukan pada 55 orang lelaki dan perempuan usia setengah baya yang mengidap kolesterol tinggi.

Setelah mengikuti diet sehat, partisan tersebut diikutkan pada pola makan beragam, mulai dari kacang almond, tahu, sayuran mentah, dan jenis makanan kedelai lain. Setelah setahun, kolesterol mereka diukur. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi tahu mengalami penurunan kolesterol lebih besar dibanding kelompok pengonsumsi makanan lain. Penurunan ini dapat mencapai 10-20persen. (Sumber : http://tautauenak.wordpress.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-tahu/)

Selain itu yang saya baca melalui situs kabarinews.com ternyata tahu mempunyai 6 (enam) manfaat untuk kesehatan seperti, mencegah penyakit jantung, meningkatkan produksi energi, bermanfaat untuk wanita, khususnya wanita menopause, mencegah osteoporosis, membantu menurunkan berat badan, membantu pasien diabetes dengan masalah ginjal.

Tahu yang juga diperkaya dengan kalsium telah terbukti sebagai efektif bila dikonsumsi oleh penderita rheumatoid arthritis. Penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri, yang mengakibatkan peradangan dalam waktu cukup lama pada sendi. (Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2010/01/22/27/296612/sejuta-manfaat-tahu-untuk-kesehatan) ternyata banyak sekali kandungan dalam tahu yang bermanfaat untuk diri kita dan pengetahuan saya mengenai tahu menjadi bertambah semoga informasi yang saya berikan bermanfaat untuk teman teman pembaca dari tulisan yang saya buat sendiri dan mengutip dari tulisan orang lain.

Taufiq Rilhardin

/www.taufiqtravel.com

Taufiq Rilhardin lahir di jakarta tanggal 29 april 1978 dan sekarang tinggal di meruya selatan, kembangan, jakarta barat
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?