Mohon tunggu...
Vattaya Zahra
Vattaya Zahra Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Perubahan Praktik Jurnalisme di Era Digital

24 September 2018   23:36 Diperbarui: 25 September 2018   08:25 1613
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://thornleyfallis.com

Cara kerja jurnalistik telah berubah di era yang serba digital ini, mulai dari praktik, norma, dan organisasi hingga tujuannya. Riset yang dilakukan oleh Reuters Institute for Study of Journalism (RISJ) yang bekerja sama dengan Green Templeton College Future of Work Programme, menemukan bahwa perubahan-perubahan tersebut memberikan dampak yang signifikan terhadap tenaga kerja jurnalis, baik bagi mereka yang memilih untuk bekerja secara "tradisional", atau bagi mereka yang bekerja sebagai jurnalis lepas atau pengusaha dalam bidang jurnalistik.

Perubahan praktik jurnalisme

Jurnalisme, sebagai sebuah industri dan profesi, telah mengalami perubahan dan berdampak pada segala aspek. Sekarang, penerimaan tenaga kerja di bidang jurnalistik lebih fleksibel, tetapi semakin sulit karena calon pekerja dituntut untuk memiliki  keahlian yang berbeda-beda disertai dengan resiko dan reward yang berbeda-beda pula. 

Proses konvergensi, multi-skilling, penyatuan konten jurnalistik ke dalam jaringan digital, dan hubungan antara podusen dan konsumen, merupakan tantangan terbesar untuk jurnalisme pada saat ini. Konsultasi dan entrepreneurship menjadi bagian dari pekerjaan jurnalistik. 

The work of journalists

Pekerjaan seorang jurnalis telah berubah. Banyak dari pekerjaan jurnalistik tidak mengandung unsur "berita", tetapi lebih ke pengolahan press release dan bentuk-bentuk lain dari produk public relations.

Identitas jurnalistik

Perubahan-perubahan dari pekerjaan jurnalistik tersebut juga mengubah identitas jurnalistik. Pertumbuhan self-employment menjadi lebih cepat sehingga membentuk sebuah gap atau jarak di antara jurnalis yang bekerja kepada perusahaan media dan jurnalis yang bekerja untuk dirinya sendiri. Hal tersebut kemudian mengaburkan identitas jurnalistik yang sesungguhnya. 

Namun, perubahan identitas jurnalistik tersebut tidak terlepas dari pelayanan masyarakat, objektivitas, immediacy, dan autonomi.

Jurnalisme saat ini

Jurnalisme mengalami perubahan menjadi jurnalisme yang interaktif dengan audiens yang lebih aktif sebagai komentator, pengawas, bahkan pembuat konten.

Cara pengumpulan berita saat ini juga mengalami perubahan menjadi:

  1. Curative journalism, yaitu pengumpulan berita yang diperoleh dari sumber lain dan diolah dan dikumpulkan ke dalam satu tempat.
  2. Hyperlocalisation journalism, yaitu pelaporan berita dari daerah tertentu sehingga masyarakat juga dapat menulis berita. Hal tersebut biasanya dikenal sebagai citizen journalism.

https://medium.com/@stephenkhan/move-over-citizen-journalism-here-comes-smart-journalism-ace72f97a389
https://medium.com/@stephenkhan/move-over-citizen-journalism-here-comes-smart-journalism-ace72f97a389

Gaya penulisan berita juga mengalami perubahan, di antaranya:

  1. Jurnalisme opini, yaitu gaya penulisan subjektif terhadap suatu isu.
  2. Jurnalisme kolaborasi, penggabungan atau pengumpulan informasi oleh lebih dari satu orang dan disusun sehingga menghasilkan sebuah berita. Misalnya, dalam kasus Panama Papers.
  3. Jurnalisme sindikat, sebuah berita yang dipublikasikan dari sebuah agensi.
  4. Jurnalisme lapdog, yaitu jurnalis yang lebih mendukung pemerintah. Jenis jurnalisme ini bertentangan dengan tujuan awal jurnalisme, yaitu sebagai kritik pemerintah (watchdog journalism).

Smarter journalism

Dengan adanya perubahan di dalam dunia jurnalisme, terutama karena adanya Internet, muncul konten-konten yang telah disesuaikan dengan selera audiens. Misalnya Yahoo! dan Google, yang membuat halaman depan situs yang berbeda-beda, tergantung dari preferensi dan history dari orang yang menggunakannya. 

Adanya personalized content tersebut mengaburkan batasan antara jurnalisme dan pelayanan masyarakat di masa depan. Misalnya, laporan lalu lintas, karena informasinya cepat dan cukup relevan. 

Referensi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun