HIGHLIGHT

Google Akan Menutup Google Labs

20 Juli 2011 21:46:44 Dibaca :
Google Akan Menutup Google Labs

Baru saja bulan lalu google mengumumkan akan menutup Google Health dan Google PowerMeter, kemudian disusul dengan rencana mengganti nama Picasa dan Blogger menjadi Google Photos dan Google Blogs. Rabu kemarin, datang lagi kabar mengejutkan dari google yang merencanakan akan menutup google labs melalui official blognya.

Kita tahu bahwa google labs telah banyak berperan dalam perkembangan google sebagai media pengujian awal produk-produk yang akan dikembangkan lebih lanjut. Sebut saja Google Reader dan Google Goggles.Keputusan google ini sebenarnya dapat diprediksi dari pernyataan tertulis CEO Google-Larry Page- yang dikeluarkan pada 15 Juli yang lalu. Sejak mengambil alih posisi sebagai CEO, dia telah membentuk struktur manajemen produk baru yang lebih fokus dengan pemimpin yang jelas dan bertanggung jawab untuk setiap area produk.

Hasil kerja tim manajemen barunya ini memang membuahkan hasil. Dengan pendapatan yang meningkat 32 persen per tahun dan mencapai rekor baru dengan pendapatan kuartal mencapai US$ 9 miliar. Bahkan Seminggu setelah peluncuran Google+ nilai saham Google meningkat menjadi US$20 miliar. Larry sepertinya akan mempertahankan dan meningkatkan performa google untuk jangka panjang.

Menurutnya banyak pekerjaan baru yang sedang dikerjakan saat ini yang masih belum terlihat oleh banyak orang. Selain membuat desain yang indah namun tetap konsisten dan sederhana di halam utama, google juga akan meluncurkan produk-produk baru dan menambah fasilitas baru pada gmail maupun kalender.

Belajar dari kegagalan beberapa produk terdahulu, setidaknya dapat dimaklumi perubahan besar yang sedang dilakukan google belakangan ini. Apa saja kejutan baru google ke depan ? Kita tunggu saja. Yang pasti integrasi produk-produknya dalam google+ akan menjadi prioritas utama. Seperti kesan yang di gambarkan dari penggunaan nama "google+", menunjukan sebuah perubahan dan kemajuan yang lebih berarti dibandingkan google di masa lalu.

Tovanno Valentiino

/valentino

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Hanya Seorang Pemimpi

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?