PILIHAN HEADLINE

Ini Alasan Mengapa Mobil Manual Sangat Murah di Australia

05 Desember 2016 16:25:54 Diperbarui: 07 Desember 2016 09:10:10 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Ini Alasan Mengapa Mobil Manual Sangat Murah di Australia
Ilustrasi. Automagz

"Western Australia facing the death of the manual car, as a record number of new drivers option for automatic only license. More than 206.200 of the state 1,41 million  license car license have an "automatic restriction,means they can only drive automatic cars"(The Sunday Times)

Australia Barat menghadapi punahnya mobil manual karena sebagai catatan, jumlah pengemudi baru yang mengajukan Surat Izin Mengemudi adalah untuk kendaran otomatis. Tercatat sejumlah 206.200 SIM baru dari 1,41 juga Surat Izin Mengemudi yang ada. Hal ini dibandingkan dengan beberapa tahun lalu terjadi peningkatan yang cukup mencolok. Karena pada tahun 2013, tercatat.156.200 pengemudi baru yang mengajukan permohonan SIM untuk mengemudikan kendaraan automatic. Berarti mereka hanya dapat mengendarai mobil otomatis.

Hal ini disebabkan rata rata warga memiliki kendaraaan yang automatic, karena lebih mudah mengemudikannya. Di samping BBM nya juga jauh lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan manual.

Akibatnya harga kendaraan bekas yang manual sangat murah di sini. Apalagi bila dibandingkan dengan harga kendaraan sejenis di Indonesia. Sebagai contoh sedan Nissan tahun 2000 dalam kondisi masih sangat baik bisa dibeli dengan harga 1.500 dollar atau senilai 15 juta rupiah. Yang bila dibeli di Jakarta, harganya bisa mencapai dua atau tiga kali lipat.

Mobil yang sudah rusak parah tidak dapat lagi dijual belikan. Karena registrasinya tidak akan diterbtikan pemerintah setempat. Jadi tinggal dibuang ke tempat pembuangan bangkai mobil. Kalau diletakkan di depan rumah lebih dari dua bulan, maka council atau pemerintah setempat akan mengirim mobil derek dan pemilik kendaraan dikenakan biaya 200 dolar. 

Jadi dapat dipahami mengapa mobil tergeletak di depan rumah, tidak ada yang mau curi, karena kalaupun sudah berhasil dicuri tidak akan ada yang mau membeli karena mobil dapat dibeli dengan harga murah. Mobil manual yang masih dalam kondisi jalan bisa dapat dengan harga 500 dolar atau 5 jutaan rupiah. Tapi kalau rusak maka biaya perbaikannya bisa lebih mahal dari harga mobilnya.

Proses mendapatkan driveing license yang rumit

Untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi di sini harus lulus menjawab 45 pertanyaan. Calon yang ikut ujian hanya berhadapan dengan komputer. Jadi tidak bakalan ada main sogok sana sini untuk bisa lulus. Dari ke 45 pertanyaan ini paling banyak hanya diizinkan 3 kesalahan. Bila lebih maka dinyatakan gagal. Berarti harus ulang lagi dengan catatan uang pendaftaran 60 dolar dinyatakan hilang.

Bila sudah lulus ujian teori, sudah boleh membuat appointment atau janji kapan akan datang untuk ujian praktik. Harus datang setengah jam sebelum jam yang ditentukan. Yang pertama diperiksa adalah kelengkapan kendaraan. Bilamana salah satu bannya dianggap tidak layak pakai, maka walaupun belum diuji langsung dinyatakan tidak lulus. 

Begitu juga sekiranya lampu sen, lampu rem, atau remnya tidak bekerja maka langsung dinyatakan gugur. Bilamana semua kelengakapan dinyatakan lengkap maka tes mengemudi dilanjutkan. Syukur syukur bisa langsung lulus. Tapi biasanya jarang orang bisa lulus dalam sekali ujian. Perlu mengulangi dua atau tiga kali.

Saya bersyukur karena sudah mempersiapkan diri secara matang maka ketika ujian teori saya dinyatakan lulus excellent, karena kesalahan nihil. Begitu juga ketika driving test. Sehingga langsung dapat "full driver license".

Ada tingkatan SIM

Bagi yang baru pertama kali ikut ujian mengemudi walaupun sudah lulus tidak langsung dapat full license, melainkan diberikan SIM P1. Setelah memenuhi persyaratan dan diharuskan ikut tes lagi, baru kemudian akan mendapatkan full driver license. Jadi sangat rumit mendapatkan Surat Izin Mengemudi di sini. Dan jangan pernah memikirkan untuk mencoba menyuap karena akan langsung dibui.

Surat Izin Mengemudi

Bagi pemegang SIM Indonesia dapat menggunakan SIMnya sebagai surat izin mengemudi di Australia. Ketentuan ini diberlakukan bagi pemegang visa student dan temporary resident lainnya.

Sedangkan  permanent resident diwajibkan memiliki SIM Australia. KonJen RI menyediakan layanan penerjemah SIM Indonesia ke dalam bahasa Inggris serta Surat Pengantar ke Department of Transport yang dulu bernama RTA - Road Traffic Authority dan Kemudian berubah nama menjadi RMS.-Road Maritime Service.

Surat dari Konjen RI sangat dibutuhkan sebagai tanda verifikasi tentang keaslian SIM sebagai pengantar mengurus SIM Australia.

Persyaratan

  1.     SIM Indonesia yang masih berlaku;
  2.     Copy paspor Indonesia yang masih berlaku;
  3.     Mengisi formulir permohonan;
  4.     Biaya $25.

Untuk jelasnya dapat menghubungi KonJen RI. Nah, jadi bagi yang di Indonesia kesulitan untuk menjadikan impiannya memiliki mobil, bila sudah tiba di Australia hari ini tiba, besoknya sudah bisa punya mobil sendiri. Cukup 500 dolar atau 5 juta rupiah. Kalau hanya digunakan untuk jarak dekat tidak masalah, sementara menabung untuk membeli kendaraan yang lebih baik.

Western Australia,5 Desember,2016

Tjiptadinata Effendi

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL mobil

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article