Kesehatan

Cara Sederhana Sehat demi Hidup Berkualitas

23 Agustus 2017   02:21 Diperbarui: 23 Agustus 2017   03:12 364 0 0

Banyak orang kaya, yang akhirnya kehilangan hartanya demi bisa kembali sehat, setelah sakit. Tidak sedikit juga orang yang rela ditusuk jarum suntik, jarum infus, dan bahkan dikoyak pisau bedah agar bisa hidup lebih lama, karena terlanjur jatuh sakit. Betapa berharganya kesehatan dan alangkah baiknya jika kita tidak perlu merasakan sakit karena penyakit yang kita derita, dan untuk sembuh juga tidak harus merasa kesakitan. Lebih baik jika kita mengeluarkan uang untuk menjaga kesehatan ketimbang untuk kembali sehat setelah sakit. Kematian adalah keputusan Tuhan, jika saatnya telah sampai, kita tidak punya pilihan agar bisa tetap hidup. Tetapi sehat adalah pilihan.Apakahkita akan memilih tetap hidup sehat dan sisahidup kita bermanfaat, atau jatuh sakit dan sisahidup kita sia sia?Ituadalahpilihan.

Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan meminimalkan risiko mudah sakit. Diantaranya dengan menjaga apa yang kita makan dan apa yang kita lakukan dan mengenali serta tidak meremehkan sinyal tubuh yang sebetulnya menunjukkan adanya gangguan dalam tubuh kita dan apa yang tubuh butuhkan. Sebagai contoh beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan adalah menyeimbangkan asupan makan agar apa yang kita butuhkan tidak menjadi racun bagi kita karena berlebihan dalam tubuh. 

Kita membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein sebagai sumber energi dan pembangun sel. Tapi jika berlebihan akan menimbulkan kelebihan berat badan, peningkatan kadar kolesterol, gula, dan asam urat dalam darah, bahkan terkadang juga dapat menimbulkan sembelit atau susah buang air besar, karena beberapa ada yang sulit dicerna.  Maka perlu buah dan sayur  yang mengandung serat, untuk membantu proses pembuangan sisa makanan, dan mengangkut kelebihan kolesterol ke luar tubuh, serta membantu membatasi asupan makanan sehingga dapat mencegah kelebihan berat  badan dan gula darah. 

Sedangkan kelebihan asam urat dapat dikeluarkan dengan konsumsi air putih. Disamping itu buah dan sayur juga dapat menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan. Dimana radikal bebas ini sulit sekali kita hindari, karena bisa bersumber dari makanan yang kita makan sehari hari, polusi, asap serta kerusakan ekosistem. 

Selain dari apa yang harus kita makan, kita juga harus sebisa mungkin menghindari dan segera  mengatasi stress, misalnyadengan membiasakan diri tersenyum, dan merubah energi negatif dari stress menjadi energi positif, atau mengkonsumsi sedikit makanan yang bisa membantu mengurangi stress, seperti coklat, buah, teh, atau jika perlu sesekali bisa mengkonsumsi kopi. Cukup istirahat, kurang lebih 8 jam sehari dan olahraga 3 kali seminggu 15 -- 30 menit sesuai kemampuan, juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan input dan output energi.

Untuk menjaga kesehatan, kita juga harus mengenali sinyal tubuh, mulai dari hal sederhana, seperti, mengantuk, haus dan lapar. Jika masih dalam batas wajar, turuti. Merasa mengantuk, tidur, haus, minum, lapar, makan. Namun jika sudah cukup tidur, masih mengantuk, bisa jadi gejala kurang darah. Karena kurang darah akan mengakibatkan sel kekurangan nutrisi dan oksigen. Jika selain mengantuk, sudah makan masih lapar, dan terus merasa haus kemungkinan kadar gula darah meningkat. 

Hal ini disebabkan banyak gula yang tidak dapat masuk ke dalam sel. Sehingga tubuh yang kekurangan gula, oksigen danatau nutrisi sebagai sumber tenaga untuk seluruh kegiatan, akan membentuk sistem yang bertujuan menghemat energi, dan menyebabkan rasa kantuk, merasa belum tercukupi sumber energinya, sehingga terus merasa lapar, dan darah yang menjadi pekat, menyebabkan tubuh merasa kekurangan cairan, sehingga terus merasa haus. 

Tanda-tanda lainnya seperti kesemutan bisa berarti peredaran darah tidak lancar, dikarenakan kelebihan atau kekurangan zat gizi tertentu, seperti kadar gula, atau kolesterol. Adapun, pegal pegal pada persendian bisa disebabkan kelebihan asam urat, sisa metabolisme protein purin, atau kekurangan kalsium dan phosphor, komponen utama pembentuk tulang. Kenali sinyal tubuh dan jangan disepelekan. Dan akan lebih baik lagi jika sebelum tubuh menunjukkan sinyal, kita cegah dengan menjaga keseimbangan seperti tersebut di atas. Atau dengan menerapkan 10 pesan umum gizi  seimbang yaitu :

1.      Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan.

2.     Biasakan konsumsi sayur dan cukup buah-buahan.

3.     Biasakan konsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.

4.     Biasakan mengkonsumsi aneka ragam makanan pokok.

5.     Batasi konsumsi pangan asin, manis, dan berlemak.

6.     Biasakan sarapan.

7.     Biasakan minum air putih yang cukup dan aman.

8.    Biasakan membaca label kemasan pangan.

9.    Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir.

10.   Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal.

Jika seluruh masyarakat lebih peduli pada kesehatannya, lebih bijaksana terhadap tubuhnya, dan tidak egois terhadap sesamanya. Dengan cara yang sederhana hidup sehat akan membuat hidup kita yang sebentar jadi berkualitas.. InsyaAllah..


Oleh : Rr. TitisPitalokaDjati AMG