Mohon tunggu...
Suyito Basuki
Suyito Basuki Mohon Tunggu... Editor - Menulis untuk pengembangan diri dan advokasi

Pemulung berita yang suka mendaur ulang sehingga lebih bermakna

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Sejumput Kenangan Joko Pinurbo Penyair Jogja

28 April 2024   22:18 Diperbarui: 1 Mei 2024   14:30 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyair Joko Pinurbo membacakan sajak-sajaknya dalam acara Poetry for Mother Earth di Jakarta, Kamis (27/4/2017). (Foto: KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ)

Terbetik kabar, Joko Pinurbo, penyair Yogyakarta, Sabtu 27 April 2024 kemarin meninggal dunia. Kepergian penyair kelahiran Sukabumi, 11 Mei 1962 yang lalu menyisakan kesedihan bagi kalangan seniman penyair dan rekan-rekannya.

Saya sebelumnya membaca kabar bahwa Joko Pinurbo sedang sakit dari status yang dibuat seorang teman, sastrawan Semarang, Triyanto Triwikromo di akun FB-nya 11 November 2023.  Triyanto memberi semangat dan mendiskripsikan kondisi Joko Pinurbo yang sedang sakit. Rupanya Joko Pinurbo juga disebut dengan mana singkatan Jokpin.

Sembuh ya, Jok. Kamu Kuat

Saya bersama istri baru saja bezuk Jokpin di Panti Rapih. 

Wajah Jokpin berseri-seri saat tangannya saya genggam. Tanpa berkata-kata, dia mengacungkan jempol kepada saya. Saya juga tak berkata-kata mengacungkan jempol kepadanya. 

Karena belun bisa berkomunikasi, saya kemudian menulis di secarik kertas, "Sembuh ya, Jok. Kamu kuat." Saya tunjukkan tulisan itu kepadanya dan dia sekali lagi mengacungkan jempol.

"Kata Dokter kesehatan Mas Jokpin makin membaik," kata Mbak Nur, istri Jokpin.

Alhamdulillah tentu saja.

Saya tak bertanya macam-macam kepada Mbak Nur perihal penyakit Jokpin. Melihat wajah Jokpin yang bersinar dan merasakan semangat hidup yang menyala-nyala dari sahabat "membangun keindahan sajak" sejak mahasiswa ini, saya sudah gembira. 

Sekarang yang terbaik mari kita doakan Jokpin agar makin membaik. Jangan biarkan Jokpin sedih karena karena dia harus bikin sajak-sajak gembira untuk kita. Amin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun