Sopwan Ismail
Sopwan Ismail

● Muslim ○ Urang Sunda ● Nasionalis - Religius

Selanjutnya

Tutup

Olahraga highlight

Sepakbola Ciamis (PSGC) sebagai Terobosan dan Harapan

12 April 2016   19:02 Diperbarui: 13 April 2016   03:18 135 0 0

[caption caption="Tim PSGC"][/caption]Setelah era perserikatan berakhir dilanjutkan dengan era liga profesional. Sepakbola Indonesia telah tumbuh subur menjadi industri yang mampu menggerakan seluruh sendi ekonomi masyarakat. Banyak yang luar biasa dari sepakbola Indonesia, PERSIB Bandung (konon) tercatat sebagai jumlah supporter terbesar kedua di dunia.

Sepakbola Indonesia mencatatkan diri sebagai olah raga sepakbola dengan 3 tontonan; pertama sepakbolanya, kedua tinju antar pemain dan ketiga kerusuhan yang melibatkan supporter. Terakhir yang menarik dari Sepakbola Indonesia adalah dibekukannya PSSI karena tidak kunjung rukunnya kepengurusan PSSI (dualisme) yang menunjukkan betapa kinerja Kementrian Olah Raga mendapat sorotan kurang baik.

Kami di Kota Kecil Jawa Barat memiliki Persatuan Sepakbola Galuh Ciamis (PSGC) bermarkas di Stadion Galuh, pada Divisi Utama yang baru berlalu, menorehkan prestasi luar biasa mampu babak semi final. Dengan pemain muda dan tambahan pemain nasional serta beberapa pemain Asing membuat tim ini cukup baik dan disegani di divisi utama.

Dimotori Manajer H. Herdiat, penggila bola Kabupaten Ciamis, PSGC menjelma menjadi tim yang tangguh, terbukti di PIALA PRESIDEN walaupun mengalami 2 kali kekalahan namun mampu menahan imbang (1-1) Tim Besar AREMA Malang.

Terbaru PSGC mampu melaksanakan laga persahabatan segi tiga dengan PERSEBAYA UNITED dan PERSIB Bandung.

Tentang Sepakbolanya cukup sampai disitu, karena referensinya pun terbatas J. Saat menonton laga Persahabatan PERSEBAYA UNITED dan PERSIB Bandung di Stadion Galuh Ciamis dan dimenangkan PERSIB 3-1. Saya berbincang dengan salah seorang pegiat sepakbola Ciamis, dalam perbincangan yang tidak lama tersebut, PSGC kami nilai sebagai terobosan luar biasa setelah lepasnya Pangandaran (pantai) sebagai Daerah Otonom Baru.

Sepakbola dianggap akan menjadi salah satu icon yang membesarkan nama Ciamis, dengan Sepakbola ada asa yang sangat besar, kedepan saat PSGC mampu menembus liga utama Nasional, seluruh stakeholder yang terkait dengan Sepakbola dapat ikut bangkit dan menciptakan ladang usaha baru untuk masyarakat Ciamis dan pada ahirnya dapat menyumbang Pendapatan Asli Daerah Kab. Ciamis.

Hunian hotel akan meningkat, kuliner akan menggeliat, pengrajin atribut sepak bola akan tumbuh dan masih banyak lainnya. Saat nama PSGC melejit, dengan sendirinya Nama Kabupaten dengan segala potensi wisata alamnya, makanan khasnya seperti GALENDO dan Sale SBY Produksi Suka Senang akan terpromosikan dan menjadi magnet Ciamis untuk mendatangkan wisatawan di Tatar Galuh. Semoga !

Bravo PSGC ! Sukses Kanggo Balad Galuh !

Sukses Terus Kang Herdiat & Coach (ex) Heri Rafni Kotari