HIGHLIGHT

Yansos Cup 2012 oleh Yansos Janur UKMKI UNAIR

28 Mei 2012 22:12:55 Dibaca :
Yansos Cup 2012 oleh Yansos Janur UKMKI UNAIR

Yansos Cup 2012

Minggu, 27 Mei 2012, Kampus B Universitas Airlangga dihebohkan dengan polah tingkah siswa SD sekitar kampus dan anak-anak Jalanan yang merupakan binaan Yansos JANUR UKMKI UNAIR dalam kegiatan Yansos Cup, merupakan acara tahunan dari Yansos JANUR UKMKI UNAIR* (Unit kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam) Unair.

Yansos Cup tahun ini bertema “AKRAB, CERDAS, SALEH”.

Yansos Cup terdiri atas 2 lomba, yaitu lomba membaca puisi dan lomba menggambar, serta kegiatan outbond. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Yansos Cup kali ini melibatkan siswa SD sekitar kampus B dan C UNAIR non binaan Yansos JANUR UKMKI UNAIR.

Lomba membaca puisi dan lomba menggambar, dilaksanakan di serambi Masjid Nuruzzaman Kampus B UNAIR, sehingga tidak heran jika masjid mendadak ramai di hari liburan yang biasanya sepi, tidak hanya oleh siswa-siswa SD dan anak-anak jalanan, tapi juga orang tua yang mendukung anaknya saat mengikuti lomba tersebut. Sedangkan outbond dilaksanakan di lapangan belakang Perpustakaan Kampus B UNAIR.

Lomba membaca puisi dan menggambar yang dimulai pukul 08.00 WIB dan diakhiri pukul 13.00 ini diikuti oleh 30 siswa non binaan dari 10 SD yang ada di sekitar kampus B dan C UNAIR.

Khusus kegiatan outbond hanya diikuti oleh anak binaan Yansos JANUR UKMKI UNAIR yang terdiri atas 60 anak binaan dari anak-anak jalanan yang ada di daerah Kayon Surabaya (biasa di sebut SOSKEM) dan siswa SD sekitar kampus (SANSA B dan SANSA C). Tujuannya adalah untuk mempererat tali persaudaraan diantara keduanya.

Peserta outbond dan 2 orang kakak pendamping disetiap kelompok harus menyelesaikan tantangan yang ada di tiap pos-posnya.

Pemenang lomba mendapatkan piala dan juga hadiah menarik lainnya. Sedangkan untuk kegiatan outbond, semua peserta mendapatkan buku, souvenir, dan buku do’a/mengaji. Sehingga hadiah outbond dapat dimanfaatkan untuk belajar anak binaan Yansos JANUR UKMKI UNAIR yang merupakan dari keluarga kurang mampu.

*Yansos JANUR UKMKI UNAIR adalah departemen BSO JANUR UKMKI yang mewadahi mahasiswa UNAIR untuk menyalurkan kepeduliannya terhadap permasalahan sosial, kemanusiaan dan pendidikan masyararakat di sekitar wilayah kampus UNAIR. Sejak tahun 1998, Yansos sebagai lembaga nirlaba telah dipercaya untuk menghimpun & mengelola dana dari mahasiswa UNAIR dan beberapa lembaga zakat di Surabaya. Dana yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah itu, menjadi sumber penting bagi Yansos untuk melakukan pengabdian masyarakat yang diwujudkan dalam program SANSA (Sayang Anak Bangsa) dan SOSKEM (Sosial Kemanusiaan).

SANSA adalah nama untuk program pembinaan dan pemberian beasiswa untuk siswa SD di kawasan sekitar kampus B dan C UNAIR, sedangkan SOSKEM adalah nama program pembinaan dan pemberian beasiswa kepada anak-anak jalanan yang ada di kawasan Kayon Surabaya.

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?