HEADLINE HIGHLIGHT

Dinosaurus Hidup di National History Museum, London

14 September 2012 16:46:59 Dibaca :
Dinosaurus Hidup di National History Museum, London
National History Museum di London nampak dari luar (Dokumen: Septin)

Jika ke London bersama anak-anak, National History Museum merupakan musium yang harus dikunjungi. Selain karena tidak dipungut biaya masuk, musium ini sangat bagus untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak. Nilai tambahnya lagi, dsekitar musium itu juga ada Science Museum dan Victoria & Albert Museum yang merupakan musium art & design. Sehingga setelah mengunjungi National History Museum, bisa mengunjungi musium-musium lainnya. Lokasi National History Museum di Cromwell Road. Dimana di daerah itu ada beberapa kantor kedubes, seperti kantor kedubes Oman dan kantor kedubes Thailand. Jika penginapannya di daerah Kensington, ke musium itu cukup berjalan kaki. Berjalan kaki cukup nyaman. Karena pohon besar-besar yang rindang di kiri kanan siap melindungi pejalan kaki dari terik matahari yang menyengat. Selain itu, trotoar yang cukup luas da ramah bagi para difabel atau orangtua yang membawa bayi yang banyak bergantung pada kereta dorong, tidak membuat orang enggan untuk berjalan kaki. Mendekati lokasi, gedung musium nampak dari kejauhan. Tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya bahwa namanya musium gratisan ya bentuknya biasa saja. Ternyata bangunanya sangat besar dan lebih mirip istana. Di sekitar pintu masuk utama musium di kelilingi pohon yang besar-besar dan banyak semak-semak liar. Tumbuhan yang ada di sekitar musium itu ternyata koleksi musium. Dengan berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sekitar musium, semakin terasa nuansa 'natural', meski musium ini berada di tengah kota yang notabene ibukota negara. Untuk memasuki Musium, ada dua pintu masuk. Pintu masuk dari Cromwell Road dan bagi para difabel dan pengunjung yang menggunakan stroller dianjurkan lewat pintu masuk Exhibition Road karena dari pintu tersebut disediakan lift yang memudahkan mereka menuju lantai atas. Jika masuk dari  Exhibition Road, pengunjung langsung disuguhi berbagai patung manusia jaman purba dan berbagai batuan yang diletakkan di etalase di dinding. Sementara jika masuk dari Cromwell Road pengunjung langsung disuguhi kerangka Dippy. Dippy atau Diplodocus adalah dinosaurus herbivora yang ukurannya sangat besar.

1347632389788696170
13476260371739134917
Kerangka Diplodocus di hall depan pintu masuk musium (Dokumen: Septin)
Masuk ke Galeri Dinosaur disuguhi berbagai kerangka dinosaurus. Menariknya ada tiga model Coelophysis yang seolah-oleh hidup, siap menyambut pengunjung. Satu di depan pintu masuk galeri dinosaurus dan dua berada di pintu keluar galeri. Keluar dari galeri ternyata disuguhi model Tiranosaurus atau T.Rex yang benar-benar bisa bergerak. Sungguh luar biasa.
13476347431548195755
Coelophysis yang seolah-oleh hidup (Dokumen: Septin)
13476349891929935215
Kerangka Iguanodon (Dokumen: Septin)
1347626894121316498
Tyranosaurus 3 Dimensi (Dokumen: Septin)

Ternyata di musium ini juga ada Komodo. Sangat bangga ada 'bau' Indonesia di London, apalagi jika dipamerkan di Musium yang sangat luar biasa ini dan ditonton oleh pengunjung yang datang dari berbagai penjuru dunia.

1347626570394857782
Komodo (Dokumen: Septin)

Tidak hanya binatang darat yang ada di musium itu, model paus biru yang dibuat seukuran aslinya juga ada. Model paus biru ini dipajang bersama binatang-binatang besar lainnya seperti gajah, badak, ikan lumba-lumba dan tidak lupa kerangka ikan paus juga digantung di atas galeri. Dengan memajang bersamaan, bisa dibayangkan betapa besarnya ukuran paus biru dibandingkan binatang lainnya, termasuk kita. Ada juga gading-gading gajah yang ukurannya sangat besar.

1347627087355772210
Ikan Paus Biru di Galeri Mamalia di Natural History Museum (Dokumen: Septin)
Indonesia sudah punya Musium Geologi di Bandung. Jika ada niat baik, maka tidak mustahil Musium Geologi itu bisa dikembangkan menjadi besar seperti National History Musium. Ya, Semoga.

Septin Puji Astuti

/septinpa

TERVERIFIKASI (BIRU)

Tidak ada yang lebih istimewa selain menjadi ibu dari empat anak
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?