PILIHAN

[RTC] Workshop: Jadilah Siswa/i Kreatif dengan Menulis Cerpen!

19 Mei 2017 09:25:07 Diperbarui: 19 Mei 2017 10:58:03 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
[RTC] Workshop: Jadilah Siswa/i Kreatif dengan Menulis Cerpen!
Foto bersama narasumber, kepala sekolah, komite sekolah dan panitia workshop (RTC@dok)

Bersamaan dengan pelaksanaan acara Indonesia Community Day 2017 di Yogyakarta pada tanggal 12 Mei 2017 yang lalu, Rumah Pena Inspirasi Sahabat (RTC) berkesempatan untuk menjadi narasumber pada acara pelatihan/workshop penulisan cerita pendek untuk pelajar SMP/SMA Kabupaten Lahat Tahun 2017. Acara yang mengusung tema: “Menjadi Siswa/i Positif Melalui Penulis yang Kreatif & Produktif” ini diselenggarakan di ruang laboratorium SMUN 1 Merapi Barat yang terletak di Kabupaten Lahat (Sumatera Selatan) dan merupakan rangkaian dari Bulan Bakti Pendidikan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Muara Alam Sejahtera yang bergerak di bidang penambangan batubara.

Sejak digagas pada tanggal 1 April 2015, RTC adalah komunitas yang konsisten berbagi inspirasi menulis fiksi. Sebut saja acara “Ngerumpies Santai” di grup facebook RTC yang merupakan acara bedah buku online yang mengupas proses kreatif di balik terbitnya sebuah buku fiksi. RTC juga kerap mengadakan event online, baik di Kompasiana maupun di media sosial, yang bertujuan untuk menantang kreativitas Sahabat Rumpies yang saat ini telah berjumlah lebih dari seribu orang.

Keikutsertaan RTC dalam workshop ini bermula dari ajakan Sahabat Rumpies yang merupakan kompasianer yang berdomisili di daerah Lahat, yaitu Rhie Shal. Kesempatan baik ini sesuai dengan komitmen awal para penggagas untuk menjadikan RTC sebagai “rumah” tempat berbagi inspirasi menulis fiksi. Karena itulah, berbekal semangat untuk memotivasi siswa/i agar lebih giat menulis cerpen, salah seorang admin RTC (Fitri Manalu) pun menghadiri acara tersebut.

1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya (kiri), 2. Pembawa acara saat memberikan pengantar (kanan) (RTC@dok)
1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya (kiri), 2. Pembawa acara saat memberikan pengantar (kanan) (RTC@dok)

Bapak Syamsul Hadi selaku kepala sekolah SMUN 1 Merapi Barat menyambut baik acara workshop penulisan cerita pendek yang diselenggarakan oleh PT Muara Alam Sejahtera. Hal tersebut disampaikan beliau sebelum acara dimulai. Beliau berharap agar 30 (tiga puluh) orang siswa/i yang hadir dapat termotivasi untuk lebih kreatif dan produktif dalam menulis cerpen. Hal senada disampaikan oleh Bapak Gunawan selaku perwakilan dari Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat ketika membuka secara resmi acara workshop. Beliau berharap agar acara ini dapat menjadi media pembelajaran bagi siswa/i dan turut mendukung KBM di sekolah.

Lebih lanjut, Bapak Ardiyanto yang merupakan Kepala Departemen CSR PT. Muara Alam Sejahtera mengatakan bahwa kegiatan ini adalah wujud kepedulian perusahaan di bidang pendidikan. Perusahaan ingin terlibat aktif dalam memajukan dunia literasi di Kabupaten Lahat, khususnya di kalangan pelajar. Workshop dimaksudkan sebagai “embrio” yang nantinya akan memunculkan penulis-penulis muda berbakat di daerah Lahat.

1. Kepala Dept. CSR PT. MAS sedang memberikan sambutan (kiri), 2. Siswa/i peserta acara workshop (kanan)
1. Kepala Dept. CSR PT. MAS sedang memberikan sambutan (kiri), 2. Siswa/i peserta acara workshop (kanan)

Dalam acara workshop ini, admin RTC membawakan materi berjudul: ”Jadilah Siswa/i Kreatif dengan Menulis Cerpen!” Paparan dimulai dengan pertanyaan: mengapa siswa/i perlu menulis? Para peserta lalu diajak untuk memahami definisi dan unsur–unsur dalam sebuah cerpen. Kemudian, para peserta juga diajak berdiskusi tentang bagaimana mengawali proses kreatif, tahapan, hakikat dan kendala dalam menulis sebuah cerpen.

Materi yang disampaikan oleh admin RTC (RTC@dok)
Materi yang disampaikan oleh admin RTC (RTC@dok)

Hal menarik terjadi ketika siswa/i diminta untuk menuliskan sebuah kalimat pembuka berdasarkan gambar yang ditayangkan lalu menuliskan sebuah judul cerpen berdasarkan benda-benda yang ada di hadapan mereka. Para peserta yang hadir terlihat sangat antusias. Selain itu, mereka juga cukup kreatif menciptakan judul serta berhasil menuliskan kalimat pembuka yang menarik. Suasana mulai riuh ketika beberapa siswa keliru memilih kata mana yang baku atau bukan berdasarkan dua pilihan yang diberikan admin RTC. Para peserta terlihat gembira selama mengikuti workshop dan sesekali bertepuk tangan. Suasana terjalin penuh keakraban.

Pada sesi tanya jawab, para peserta mengajukan banyak pertanyaan. Pertanyaan yang paling sering diajukan adalah sulitnya menemukan ide yang menarik untuk memulai sebuah cerpen dan menuntaskan ide tersebut hingga akhir cerita. Kendala lainnya ialah kurangnya perbendaharaan kata yang dimiliki, sehingga sulit untuk menulis sebuah cerpen yang menarik. Admin RTC mengajak para peserta untuk lebih imajinatif saat menulis cerpen, rajin membaca berbagai karya sastra dan terus giat berlatih.

1. Admin RTC saat memberikan paparan (kiri), 2. Salah seorang peserta sedang mengajukan pertanyaan (kanan)
1. Admin RTC saat memberikan paparan (kiri), 2. Salah seorang peserta sedang mengajukan pertanyaan (kanan)

Selain admin RTC, hadir pula 2 (dua) narasumber lainnya, yaitu Bapak Gunawan (Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat) dan Bapak Repiandi (Ketua Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Lahat). Para peserta dihimbau untuk lebih meningkatkan budaya baca di taman bacaan atau perpustakaan, sebab membaca akan memperkaya referensi seorang penulis dalam menuangkan gagasannya. Selain itu, para peserta juga diminta untuk mempelajari kaidah-kaidah dalam ejaan dan tanda baca ketika menulis sebuah cerpen.

1. Narasumber dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Lahat (Kiri), 2. Narasumber dari Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Lahat (kanan)
1. Narasumber dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Lahat (Kiri), 2. Narasumber dari Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Lahat (kanan)

Pada akhir acara, admin RTC juga berkesempatan memberikan hadiah kepada 6 (enam) orang siswa/i pemenang lomba menulis cerpen yang juga merupakan rangkaian dari Bulan Bakti Pendidikan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Muara Alam Sejahtera. Setiap pemenang mendapatkan bingkisan dari PT. MAS. Lomba ini bertujuan untuk memotivasi para pelajar agar semakin giat menulis cerpen.

Semoga acara-acara serupa akan menginspirasi para pelajar di seluruh Tanah Air, sehingga mereka akan semakin tekun berkarya dan RTC mampu hadir mewarnai dunia literasi dengan cara berbagi inspirasi. Salam Rumpies!

Rumpies The Club

/rumpies10

Rumah Pena Inspirasi Sahabat ^Tempatmu berbagi inspirasi menulis fiksi bersama para sahabat^ • Kompasiana: Rumpies The Club • FB : Rumpies the Club • Twitter: @RumpiesClub • Instagram: @rumpiestheclub • Google Plus: Rumpies The Club
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana