HIGHLIGHT

Lebih Sukses Setelah Ditelikung Jadi PNS

25 April 2012 05:03:33 Dibaca :

"Bapak kerjanya guru ya?"Tanyaku pada pasien yang langganan berobat asma dan di namanya ada gelarĀ  SPd (sarjana pendidikan), jadi ini ada peristiwa unik SPd berobat ke SpPD, hehehe.


"Bukan, dok. Guru les privat saja dok, lebih enakan freelance."Katanya semangat dan ternyata dia sehari bisa mengajar rata-rata 5 anak SD dan perkali datang dibayar cash 100 ribu. Perbulan rata-rata 12 juta.


"Wah, hebat tuh, melebihi gaji guru PNS?"Tanyaku.


"Bener tuh dok dan memang saya memutuskan konsentrasi ke jalur privat karena kecewa pengangkatan PNS saya ditelikung orang, dok."Katanya lagi.


Dan si bapak guru ini bercerita dia dulunya honor di sebuah SD negeri dan berharap suatu saat diangkat jadi PNS dengan uang honor dibawah UMR sambil sorenya mengajar privat.Setelah ditahan-tahannya selama 5 tahun, ternyata eh ternyata saat pengangkatan PNS jalur honorer di sekolahnya yang diajukan honorer lain yang baru 1,5 tahun kerja di sana yang kebetulan dekat dengan kepala sekolahnya.


"Wah, kok bisa?"Tanyaku.


"Ya, memang kalau penerimaan PNS jalur honorer tergantung benar dari verifikasi dan lain-lain dok yang saat itu tidak transparan. Masak honorer di semua sekolah negeri yang terdata oleh kami hanya 600 an, yang ngajukan berkas bisa diatas 1000. Jadi banyak honorer 'siluman' yang hebatnya malah masuk PNS menyisihkan kami yang sudah tahunan jadi honorer beneran."Katanya sedih.


Dan si bapak guru les ini sudah cukup puas dengan pendapatannya sekarang yang lebih dari guru PNS golongan IIIA dan bercita-cita suatu saat punya bimbingan belajar sendiri, kalau perlu sekolah sendiri yang akan menerima guru dan tenaga pendidik dengan tes yang jujur tanpa 'kongkalikong'.


Ya, selamat berjuang pak guru les, bila negara ini tak membutuhkan pengabdianmu, maka anak-anak swasta sanggup membayarmu.


Posma Siahaan

/posmasiahaan

TERVERIFIKASI (BIRU)

Bapak Matius Siahaan, Markus Siahaan dan Lukas Siahaan.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?