Petrus Kanisius (Pit)
Petrus Kanisius (Pit) karyawan swasta

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

pilihan

Ini Fakta Unik Orangutan di Gunung Palung

18 Mei 2017   16:57 Diperbarui: 24 Mei 2017   12:33 9 3 1
Ini Fakta Unik Orangutan di Gunung Palung
Kiss Squeak Orangutan Menggunakan Daun. Capture foto dari video. Foto dok. Yayasan Palung

Orangutan Kalimantan dan Sumatera merupakan satwa atau primata yang saat ini statusnya sangat terancam punah. Selain itu, orangutan juga ternyata sangat dilindungi dan boleh dikata sebagai fakta yang unik ketika dijumpai oleh para peneliti di Gunung Palung. Apakah fakta unik dari orangutan tersebut?.

Ternyata fakta unik orangutan yang dimaksud adalah perilaku atau budaya terkait Kiss Squeak. Apa itu Kiss Squeak?. Pada umumnya, kiss squeak (budaya orangutan ketika merasa terancam di tempat hidupnya ketika ada orangutan lain yang berusaha mendekati wilayahnya, maka orangutan yang merasa terancam tersebut akanmengeluarkan suara Kiss Squeak). Biasanya orangutan akan mengeluarkan suara dan suara tersebut terdengar seperti suara kecupan yang nyaring ketika mereka terancam dari gangguan baik yang disebabkan oleh manusia ataupun juga oleh pesaing mereka ataupun juga dari binatang lainnya.

Menariknya, kiss squeak yang dilakukan oleh orangutan tersebut menggunakan alat. Terlihat ketika orangutan sedang marah mengeluarkan suara kiss squeak dengan menempelkan beberapa daun dan menempekan ke mulutnya sembari mengeluarkan suara kiss squeak. Selanjutnya, orangutan juga ketika ia marah maka ia akan mematahkan ranting-ranting pohon. Perilaku atau budaya kiss squeak ini dijumpai oleh para peneliti GPOCP (Gunung Palung Orangutan Project) di TNGP (Taman Nasional Gunung Palung).

Perilaku atau budaya kiss squeak orangutan dengan menggunakan alat berupa daun, dijumpai di Gunung Palung, ujar Wahyu Susanto yang merupakan salah seorang peneliti sekaligus Direktur Penelitian Yayasan Palung/GPOCP.

Terlihat sepintas, orangutan saat mengambil daun seolah-olah seperti hendak makan daun, namun daun tersebut diambil dan ditempelkan ke mulut dan langsung membunyikan suara kiss squeak.  

Menurut informasi dari presentasi Cheryl Knott (seorang peneliti orangutan), tahun 2012 menyebutkan; perilaku kiss squeak orangutan di Tuanan, Kalteng berbeda lagi. Kiss squeak  justru berbeda. Bila orangutan di Gunung Palung mengeluarkan suara Kiss squeak berarti marah, sedangkan di Tuanan kiss squeak berarti mengajak sesamanya (orangutan) untuk bermain.

Berikut videonya :

Terkait fakta unik ini sebagai sebuah gambaran sama halnya dengan manusia yang juga memiliki budaya dan tradisi untuk terus dilestrikan hingga nanti. Semoga orangutan juga bisa lestari dan kita terus dapat belajar sebagai ilmu pengetahuan dari satwa  yang tidak hanya endemik dan dilindungi tetapi juga unik harus dilestarikan agar tidak punah di habitat hidupnya.

Tatanan kehidupan orangutan sama halnya dengan manusia yang memiliki kebiasaan-kebiasaan (tingkah polah/perilaku) dalam menjalani kehidupannya sehari-hari sebagai perilaku di habitatnya.

Petrus Kanisius-Yayasan Palung