GoDok Indonesia
GoDok Indonesia Editor

Aplikasi kesehatan yang menyajikan layanan Tanya Dokter Gratis dan Ragam Artikel seputar kesehatan, gaya hidup, keluarga hingga ragam penyakit

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan highlight

Tentang Telur: Penganan Sederhana Banyak Manfaat!

13 September 2017   08:49 Diperbarui: 13 September 2017   08:54 438 1 1
Tentang Telur: Penganan Sederhana Banyak Manfaat!
source: https://img.huffingtonpost.com

GoDok -- Telur, oh telur. Bahan pangan yang satu ini sudah lama menjadi favorit banyak orang. Hal ini tidak mengherankan, sebab selain memiliki harga yang ekonomis, telur juga dikenal praktis dalam hal penyajiannya. Mulai dari digoreng, dibuat telur dadar, atau diceplok alias dibuat telur mata sapi, kesemuanya akan menghasilkan rasa yang sama lezatnya.

Sebagai tambahan, telur juga mengandung 162 kkal kandungan energi, 12,8 gr protein, 11,5 gr lemak, 0,7 gr karbohidrat, 54 mg kalsium, 180 mg fosfor, 3 mg zat besi, 900 IU Vitamin A, dan 0,1 mg Vitamin B. Penasaran dengan manfaat lain telur bagi tubuh? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Memberikan nutrisi bagi mata

Seiring bertambahnya usia, kesehatan mata Anda juga pasti akan terpengaruh kualitasnya. Nah, kandungan luteindan zaxanhinyang terdapat pada kuning telur dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Fungsi kandungan ini antara lain sebagai antioksidan pada mata dan melawan radikal bebas yang dapat merusak retina mata. Selain itu, mengonsumsi telur juga mencegah terjadinya katarak.

2. Mengembangkan fungsi otak

Di dalam sebutir telur, terkandung kolina yang merupakan sumber nutrisi yang berfungsi untuk mengatur kinerja otak, sistem saraf, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan daya ingatAnda. Tak hanya berhenti di situ, kandungan kolin juga turut memperbaiki struktur membran sel otak yang bertugas menyampaikan pesan dari otak kepada saraf dan otot. Bagi Anda yang sedang hamil, telur juga dapat membantu perkembangan otak janin serta mencegah bayi terlahir cacat, lho.

3. Menutrisi rambut dan kuku

Selain dapat menjaga kesehatan mata dan otak, telur ternyata juga baik untuk memelihara kesehatan rambut dan kuku Anda. Kandungan sulfur, vitamin D, mineral, dan antioksidan yang ada di dalamnya mampu menutrisi rambut dan kuku Anda agar tumbuh dengan sehat. Hebat, bukan?

4. Menghilangkan jerawat

Siapa sihyang suka dengan jerawat? Selain merusak penampilan, jerawat yang pecah dapat pula menimbulkan rasa perih pada pipi. Nah, selain dimakan, putih telur juga bisa digunakan sebagai masker untuk membantu menghilangkan jerawat lho! Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan memisahkan putih telur dari bagian kuningnya, lalu oleskan bagian putih tersebut ke seluruh wajah layaknya masker. Tunggu hingga lapisan putih telur kering dan terasa kencang, lalu bilas dengan air bersih. Hasilnya, kulit wajah Anda akan menjadi lebih lembut dan kencang.

5. Mencegah penyakit jantung

Jarang yang mengetahui bahwa kandungan antioksidan pada telur dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis penyakit kanker. Faktanya, satu porsi telur ternyata mengandung sumber selenium yang mampu menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas. Namun, bagi Anda yang sudah terkena penyakit jantung dan ingin mengonsumsi telur,  disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter, ya.

6. Menjaga berat badan

Banyak orang bilang, bahwa telur dapat diibaratkan sebagai pembangkit tenaga listrik saat Anda melakukan diet nutrisi sehat. Bagaimana tidak, telur memiliki kandungan protein tinggi yang mampu memasok energi pada tubuh sekaligus menjadikan Anda tetap kenyang. Jika Anda merasa kenyang lebih lama, otomatis kegiatan mengemil setiap Anda merasa lapar juga akan berkurang. Sebagai tambahan, kandungan lemak dan kalori pada telur juga tergolong sangat rendah, lho.

Agar tersaji lebih menarik, Anda dapat menyertakan bahan pangan lain seperti sayur dan biji-bijian sebagai pendamping telur. Anda dapat menggunakan menu roti gandum, telur, dan sebuah jeruk yang akan membuat Anda tetap kenyang hingga siang hari. Hal inilah yang membuat telur bagus untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Meskipun mengandung segudang manfaat baik untuk kesehatan, namun Anda tidak dianjurkan untuk memakan telur setiap hari. Sebab, konsumsi telur yang berlebihan dapat menimbulkan plak pada arteri. Karenanya, Anda cukup mengonsumsi satu porsi telur saja dalam sehari atau 7 telur dalam seminggu. Namun anjuran ini hanya untuk Anda yang tidak memiliki penyakit jantung, kolesterol, atau penyakit lainnya. Bagi Anda yang menderitanya, harap konsultasikan terlebih dahulu frekuensi konsumsi telur pada dokter Anda.

Selamat mencoba!