Regional

Prototype Tank Medium Indonesia-Turki Dipamerkan

19 Mei 2017   22:00 Diperbarui: 19 Mei 2017   22:09 53 0 0

PT Pindad yang selama ini memproduksi alutsista terus mengembangkan diri hingga dikenal sebagai produsen senjata kelas dunia. Dua tahun yang lalu, PT Pindad telah menandatangani kesepakatan untuk bersama-sama Turki memproduksi tank medium. Kerja sama ini kemudian menghasilkan KAPLAN MT, tank yang dihasilkan kerja sama antara PT Pindad dan FNSS Defense System, Perusahaan Sistem Tempur Darat terkemuka di Turki.

Belum lama ini, KAPLAN MT diluncurkan pada Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-13 di Istanbul. CEO FNSS Nail Kurt menjelaskan MT Kaplan bukan hanya produk baru, melainkan juga menerapkan kerjasama baru di industri pertahanan multinasional. Dua negara yakni Turki dan Indonesia, telah mempercayai dua produsen senjata terpercaya dan dihormati dunia, telah menunjukkan sebuah karya yang mengagumkan.

KAPLAN MT menjadi solusi efektif untuk kondisi peperangan asimetris yang saat ini dihadapi tentara di banyak negara. Perang asimetris yang dimaksud adalah kondisi perang dengan penyebaran alat senjata yang mudah dan cepat, mobilitas tinggi, visibilitas rendah, daya tembak tinggi, namun juga berbiaya rendah.  

Turki meyakini kerjasama dengan Indonesia, akan diikuti selanjutnya dengan sejumlah negara, seperti UAE, Malaysia dan Arab Saudi. Hal itu diyakini Kurt karena kesuksesan perusahaannya bekerja sama dengan sejumlah negara sebelumnya, termasuk dengan PT Pindad.

Untuk level tank medium, KAPLAN MT memberikan keleluasaan dalam bergerak cepat di medan pertempuran. Selain, tentunya amunisi besar serta kemampuannya untuk bergerak dengan lincah.

Dilengkapi dengan Menara CMI Cockerill 3105, KAPLAN MT juga mampu melesakkan peluru berkaliber 105 mm. Kondisi ini memberikan daya tembak yang akurat untuk mencapai sasaran.

Di dapur pacu, KAPLAN MT dilengkapi dengan mesin bertenaga diesel dengan transmisi otomatis penuh. Tiga awak dipersiapkan untuk menjalankan kendaraan lapis baja ini, dengan supir, penembak dan komandan.

Meski berstatus prototype, Turki dan Indonesia yakin ke depannya, produksi massal akan berjalan sesuai dengan rencana. Bahkan, di Hari TNI 5 Oktober mendatang, Tank Medium KAPLAN MT akan menjadi kendaraan yang dipamerkan di depan Presiden RI dan rakyat Indonesia.

`Kedua negara bangga dengan kerja sama selama tiga tahun belakangan. Bukan tidak mungkin, produksi KAPLAN MT akan memenuhi kebutuhan alutsista Tank Medium di banyak negara. (*)