HEADLINE

Makhluk Hidup di Dalam Tubuhmu Juga Perlu Diberi Makan

30 November 2016 22:31:43 Diperbarui: 01 Desember 2016 08:59:58 Dibaca : Komentar : Nilai :
Makhluk Hidup di Dalam Tubuhmu Juga Perlu Diberi Makan
ilustrasi I http://knowledge.ulprospector.com/

Agar kenalanmu jadi lengkap, setelah mengenal Probiotik di minggu lalu (di sini), kamu juga harus kenal Prebiotik. Namanya memang mirip, tetapi tugasnya tidak sama lho. Bedanya di bagian mana sih?

Probiotik itu makhluk hidupnya, Prebiotik itu "makanannya"

Seperti sebagaimana makhluk hidup yang butuh makan untuk tetap hidup. Pun begitu dengan mikrobiota yang hidup di dalam tubuh atau sebut saja probiotik. Ya, probiotik juga butuh “makanan” untuk dirinya, sebut saja namanya prebiotik. Makanya berbicara probiotik tak bisa lepas dari prebiotik, karena keduanya saling bekerja sama untuk mendukung kesehatanmu juga.

Kebanyakan prebiotik adalah bentuk dari serat, yang tubuh kita tidak dapat mencerna sepenuhnya. Oleh sebab itu, probiotik memainkan peran disini, membantu kita dengan memfermentasikannya di usus besar,khususnya. Dengan adanya prebiotik, bakteri jadi punya “kerjaan” untuk melakukan apa yang seharusnya untuk kesehatanmu.

Prebiotik dan probiotik itu seperti teman dekat yang bersahabat. Keberadaan keduanya didalam tubuh memainkan peran penting dengan menjaga keseimbanagn dan keberagaman bakteri usus, terutama “bakteri baik” yang bernama Lactobacillus dan Bifidobacteria.Manfaat prebiotik diantaranya adalah untuk kesehatan usus yang lebih baik, meningkatkan pencernaan,untuk keseimbangan hormon dan kekebalan tubuh bahkan risiko rendah untuk menjadi obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Darimana Kita Bisa Mendapatkan Prebiotik?

Tidaklah sulit mendapatkannya karena ada di mana-mana. Prebiotik ada di sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan bisa juga ditemukan dalam sesendok madumu. Jenis prebiotik yang paling umum adalah inulin (serat larut). Sumber prebiotik terbaik yang biasa kamu lihat di dapur adalah bawang putih mentah atau daun bawang.

Saat ini, prebiotik juga sering ditambahkan di produk lain seperti di sereal, biskuit dan minuman. Memang, prebiotik juga bisa ditemukan dalam suplemen yang bisa kamu beli dengan mudahnya. Namun, tidaklah perlu menjadikannya prioritas karena dengan diet seimbang kamu bisa mendapatkannya kok.

Sudahkah hari ini, kamu beri makan bakteri "baik"mu?

Karena bakteri yang ada dalam tubuh tiap orang berbeda-beda, dampak konsumsi probiotik dan prebiotik pun juga sama halnya, berbeda-beda pula. Cari dan rasakan mana yang cocok untuk tubuhmu, yah.

Salam,

Listhia H Rahman

Bacaan : Satu, Dua, Tiga

Listhia H Rahman

/listhiahr

TERVERIFIKASI

❤ Bachelor of Nutrition Science in Faculty of Medicine Diponegoro University '16 ❤ "Kalau tidak membaca, bisa menulis apa" ❤ line : listhiaaa ❤ email : listhiahr@gmail.com❤ Tulisan terbaru muncul diatas jam 9 malam. Setiap hari kecuali Minggu , piknik! ❤
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article