Warna Plang Petunjuk Arah di Shandong, China

14 Mei 2013 13:54:55 Dibaca :
Warna Plang Petunjuk Arah di Shandong, China
-

Awalnya saya suka perhatiin beberapa plang nama jalanan yang saya lihat di Shandong, China. Kadang suka lihat warnanya biru, kadang juga warnanya hijau hehhehe jadi mikir neh kenapa kok pakai dua warna gitu ya?  gak sekalian aja pakai warna merah, kuning atau ungu. Bukankah kalau berwarna warni gitu jadi keliahatanya indah hehehe sedep dipandang mata gitu. Atau kalau mau seragam warnanya malah keliahatan apik  heheheheh.

1368514077963374918
menuju wusi, foto pribadi

Ternyata pemberian warna tersebut mengandung arti yang dalem lo. Setelah saya telusuri dan mencari jawabanya dari beberapa artikel yang saya baca. Warna hijau dan biru yang ada pada plang nama-nama jalanan di Shandong merupakan petujuk dari arah mata angin.  Jika lihat ada plang yang berwarna biru itu artinya menunjukan timur dan barat sementara jika warna plang tersebut berwarna  hijau itu artinya utara dan selatan.

136851519631228626
pasar di Shandong, foto Pribadi

Mungkin nih karena biar memudahkan seseorang mengetahui iya berdiri diarah mana  makanya dikasih petunjuk melalui warna hehheeh. Bisa juga karena tidak semua orang membawa kompas makanya dikasih  kemudahan melalui warna plang tersebut. Bisa jadi di semua daerah  China melakukan hal yang sama dengan di Shandong.

Tapi bukan hanya nama jalanan yang memiliki dua warna untuk membedakannya ternyata nama suatu tempat juga melakukan hal yang sama seperti sebuat kuil di pegunungan loashan yang pernah saya datangi. Jika ke  timur maka akan menuju huayan tempel dan  ke arah yang berlawanan ke jingsung hehehhe. Jadi kalau ke China gak bakalan sulit untuk menentukan arah mana kita sedang berdiri. Mau Utara, selatan, timur atau barat gampang gak perlu kompas lagi tinggal lihat saja warna pada plang jalanannya.

13685136241321360315
nama suatu tempat, foto Pribadi

Bagaimana dengan ditanah air? setahu saya warna pada plang gak seragam ya heheheheh karena suka lihat ada yang warna putih juga. Tapi kebanyakan plang nama jalanan di Indonesia berwarna hijau. Moga saja suatu saat ada perubahan yang baik ditanah air mengenai pemberian plang-plang pada jalana.

Salam Sya, Shandong (RRC) 2013.05.14

Syasya Syasya

/lakeisha

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Seorang Istri dan ibu dengan 2 putri. Mencoba menuliskan pengalaman hidup tentang indahnya Indonesia, serta uniknya kultur budaya dari Korea, China, Vietnam. Tak ada yang lebih bahagia selain mendampingi suami tercinta nguli diberbagai negara, Kompasiana adalah tempat menyalurkan hobi menulis serta tempat mengobati kangen akan negri sendiri. Semoga apa yang pernah saya tulis ada manfaatnya untuk para pembaca semua. Salam hangat Sya, terimakasih sudah mampir di akun ini.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?