Mohon tunggu...
Kartika E.H.
Kartika E.H. Mohon Tunggu... Wiraswasta - 2020 Best in Citizen Journalism

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Senyum Manis Deddy Corbuzier dan Formula Solusif J&T Express yang Memudahkan Lagi Menyenangkan

22 Desember 2019   07:24 Diperbarui: 22 Desember 2019   07:36 541
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

“Kesan pertama begitu menggoda, Selanjutnya terserah anda!”

Kalimat diatas pasti sudah sangat familiar bagi kita semua, masyarakat Indonesia. Sejak diperkenalkan oleh iklan sebuah deodorant di layar televisi era 90-an, kalimat cerdas dengan pilihan diksi yang relatif sederhana tersebut selain menggelitik logika juga memancing imajinasi, dan satu lagi menginspirasi!

Bagaimana tidak? Kalimat "sakti" diatas setidaknya telah menyadarkan saya betapa pentingnya membangun "image" kesan pertama yang menggoda, bagi siapapun! Apalagi sebelumnya saya sendiri pernah merasakan "kenyataan" yang namanya jatuh cinta pada pandangan pertama yang sudah pasti karena kepincut pada kesan pertama yang menggoda, betul!? Bagaimana dengan anda, pernah juga merasakannya?

Multi talent yang penuh semangat, enerjik dan menginspirasi (industry.co.id)
Multi talent yang penuh semangat, enerjik dan menginspirasi (industry.co.id)

Pentingnya Membangun Image Kesan Pertama!

Mungkin itulah yang saya rasakan ketika pertama kali mengenal J&T di Banjarmasin, Kalimantan Selatan beberapa tahun silam ketika tidak sengaja melihat senyum manis "menggoda" Deddy Corbuzier yang mejeng di poster berukuran jumbo di setiap drop point (outlet) J&T di Banjarmasin dan kabarnya di seluruh pelosok Indonesia.

Siapa tidak kenal Deddy Corbuzier? Sosok selebritis Indonesia yang mengawali karir sebagai mentalis dan sekarang lebih dikenal sebagai seorang presenter, pemain film dan juga aktif dalam olahraga martial arts!? Sejak Desember 2016, Deddy Corbuzier yang dikenal sebagai pribadi yang logis, lugas, tegas dan cerdas itu resmi menjadi brand ambassador J&T Express.


Saya tidak tahu pasti, apakah strategi menjadikan Deddy Corbuzier sebagai brand ambassador yang diikuti dengan memajang poster raksasanya di semua door point J&T Express di seluruh Indonesia ini juga terinspirasi dari kalimat iklan diatas!? Tapi yang jelas, ini merupakan formula cerdas pertama J&T Express untuk memberi kesan pertama yang begitu menggoda kepada calon pelanggan, termasuk saya dan mungkin juga anda!?

Strategi ini menjadi sangat penting bagi J&T Express yang saat itu baru membangun usaha sekaligus membangun positioning brand image-nya sebagai perusahaan jasa pengiriman barang ditengah kepungan perusahaan-perusahaan sejenis yang telah meraksasa, dikenal publik dan mengusai pasar lebih dulu!

Sosok Deddy Corbuzier yang sudah dikenal publik sebagai multi talent yang penuh semangat, enerjik dan menginspirasi, dapat memberi spirit positif kepada masyarakat, sehingga sangat cocok menjadi representasi dari visi dan misi J&T Express yang menjunjung tinggi intergritas, pelayanan, kecepatan & tanggung jawab.

jet.co.id
jet.co.id
Hasilnya!? 

Saya yakin, saya bukan orang pertama dan terakhir  yang tergoda oleh senyum manis Deddy Corbuzier yang terpajang di poster besar yang mejeng di "muka" drop point J&T di seluruh Indonesia dan mungkin di Asia Tenggara, sehingga akhirnya mau mempercayakan pengiriman "tanda cinta dan sayang untuk kedua orang tua" yang tinggal di Pulau Jawa kepada J&T yang saat itu di Banjarmasin baru buka dan sama sekali tidak saya kenali track record-nya.

Kok Bisa!?

Sangat bisa! Jujur, walaupun saat itu saya sebenarnya lebih percaya kepada integritas dan nama besar Deddy Corbuzier yang tengah tersenyum daripada J&T sendiri yang saat itu memang pemain baru di bisnis jasa pengiriman barang dan ekspedisi.

Baru, setelah "godaan" dari kesan pertama, yang dilanjut dengan layanan terbaik pada kesempatan kedua, ketiga dan selanjutnya yang sesuai dengan espektasi saya,  dari situlah saya "membaca" kecerdasan dan kesungguhan J&T untuk membangun usaha yang benar-benar menjunjung tinggi intergritas, pelayanan, kecepatan & tanggung jawab.

Formula Solutif J&T yang Memuaskan

Muara dari berbagai inovasi layanan bisnis jasa ekspedisi atau pengiriman barang pada dasarnya adalah untuk memberikan layanan terbaik agar pelanggan mendapatkan kepuasan maksimal melalui variabel (harga) murah, (barang) aman dan (pengiriman) cepat sampai di tujuan, sehingga ke depan akan ada repeat order atau pengulangan permintaan layanan.

Itu pula yang sudah saya rasakan ketika pertama kali memakai layanan J&T beberapa tahun lalu, saat mengirimkan "tanda cinta dan sayang untuk kedua orang tua" di Pulau Jawa dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, begitu juga untuk pengiriman barang-barang selanjutnya, selalu sampai tepat waktu, barang utuh dan dengan harga yang (relatif) murah. 

pkpa.umk.co.id
pkpa.umk.co.id

Khusus untuk variabel harga, saya pribadi menyebut variabel harga J&T dengan sebutan relatif murah, ada kata "relatif" di depan kosakata murah, agar tidak menimbulkan salah persepsi di masyarakat luas! Karena maksud "murah" disini bukan dalam arti angka rupiahnya yang (paling) murah jika dibanding kompetitor, karena di luaran memang banyak yang harganya lebih murah tapi dengan kualitas yang masih tidak jelas! Sedangkan murah-nya harga J&T, saya maksudkan sebagai murah yang tidak murahan, karena harga murah-nya sesuai saja jika dibandingkan dengan variabel layanan lainnya, seperti "value" ketepatan waktu barang sampai dan juga keamanan barang yang dikirim yang sejauh ini memang benar-benar mendapat perhatian serius dari J&T.

Jujur, dari pengalaman saya berkirim barang lintas pulau, dari Banjarmasin di Kalimantan Selatan ke Jawa Timur di Pulau Jawa melalui J&T, sejauh ini aman dan nyaman-nyaman saja! Sebagai pelanggan, walaupun mungkin setahun hanya dua-tiga kali memakai jasa J&T, secara pribadi saya sudah merasa cukup puas dengan akseslerasi layanan J&T selama ini dan "sepertinya saya tidak memerlukan akselerasi apa-apa lagi!"

Artinya, formula layanan J&T, sejauh ini memang telah menjadi solusi terbaik bagi kebutuhan saya untuk mengirimkan "tanda cinta dan kasih sayang" kepada kedua orang tua saya di Pulau Jawa dan keberhasilan J&T kembali mendapatkan penghargaan Top Brand 2019 dengan indeks 20,3 persen (naik dari Indeks tahun sebelumnya yang berada di level 13,9 persen), menjadi bukti sahih, valid dan terpercaya bahwa testimoni pengalaman saya memang faktual bukan kaleng-kaleng atau abal-abal.

Memasuki Era industri 4.0 di tahun ke-4 operasional (@jntexpressid)
Memasuki Era industri 4.0 di tahun ke-4 operasional (@jntexpressid)

Fakta J&T di Era Industri 4.0

Ketika pelanggan mulai tergoda dengan kesan pertama dan akhirnya benar-benar jatuh cinta pada kesan dan layanan berikutnya, bukannya terlena dan berpuas diri, tapi justeru terus bergerak mencari formula terbaik untuk memberikan layanan maksimal kepada pelanggan! 

Dengan slogan "Express Your Online Businnes", J&T Express menawarkan formula layanan 365 hari kerja alias tidak ada libur, proses klaim untuk paket  rusak atau hilang super cepat hanya 3 (tiga) hari  dan memberikan layanan gratis jemput paket (pick up) yang bisa dipesan melalui Call center 24 jam di 0800 100 1188 dan website www.jet.co.id atau melalui aplikasi J&T Express yang bisa diunduh di Playstore & Appstore

Sebagai bagian dari logistik di era industri 4.0, tepat di tahun ke-4 operasional di Indonesia, J&T Express menyikapi dinamika pasar kekinian yang bekelindan dengan perkembangan teknologi, dengan formula strategis menambah infrastruktur dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi terbaru serta internet  dalam operasional perusahaan.

Saat ini J&T Express memiliki 2.000 drop points dan 2.000 collection points. Serta 31.000 sumber daya manusia, 1.500 armada dan 72 gateway

Guna merealisasikan visinya menjadi jasa pengiriman untuk e-commerce terbaik di Asia tenggara, selain terus berekspansi ke beberapa negara Asia Tenggara, seperti  Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand dan terbaru ke Singapura dengan total drop point lebih dari 700 lokasi, J&T juga membangun infrastruktur berupa Mega Hub di Jakarta yang dibangun di atas lahan 4,5 hektare dan direncanakan mulai beroperasi akhir tahun 2019 untuk memberi layanan  pengiriman yang lebih massif.

(dok J&T Express) 
(dok J&T Express) 

Tidak hanya itu, di Rawa  Bokor, Tangerang di pusat sortir J&T Express, sejak Desember 2018 dan menyusul di Surabaya dan Semarang di kwartal ketiga 2019, merupakan pusat sortir pertama di Indonesia yang memiliki beragam fasilitas terlengkap, salah satunya dengan mengoperasikan mesin sortir canggih otomatis yang dapat menyortir hingga 30 ribu paket per-jam untuk 180 destinasi dalam satu putaran conveyor (ban berjalan) dan hebatnya, mesin ini mampu meminimalisir error margin hingga 99 persen. Artinya sangat efektif meminimalisir terjadinya kesalahan, sehingga sangat efektif dan efisien.

Selain itu, sejak Maret 2019 setelah mendapatkan sertifikasi dan ijin operasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan finalisasi assessment dari maskapai penerbangan, J&T Express juga telah mengoperasikan mesin X-ray sendiri untuk  memangkas mata rantai pasok, sehingga bisa memangkas waktu dan dapat memberikan SLA (service level agreement) yang lebih baik.  

Pengoperasian mesin sortir otomatis dan mesin x-ray di pusat sortir ini memberikan akselerasi percepatan distribusi lebih cepat 2-3 jam dari sebelumnya, keren kan?

Untuk keperluan monitoring keamanan dan juga berlakunya standard operating procedure (SOP),  kinerja internal sekaligus distribusi paket yang diterima ataupun dikirimkan, drop point J&T Express di seluruh Indonesia telah dilengkapi dengan CCTV yang terkoneksi dengan gateway monitoring center J&T Express di Jakarta, sehingga mempermudah pemantauan prosedur operasional yang terjadi di lapangan sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan

Aplikasi Cerdas J&T yang Memudahkan (jet.co.id) 
Aplikasi Cerdas J&T yang Memudahkan (jet.co.id) 

Membangun Smart Technologi Menuju Karakter Smart Logistic ala J&T 

Untuk mengantisipasi kebutuhan logistic 4.0 yang terkoneksi secara real time dengan internet sehingga bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh pelanggan, J&T Express lebih dulu melengkapi diri dengan formula sistem TI teraktual untuk membangun kerangka Smart Logistic, seperti dengan aplikasi real-time tracking system yang bisa dimanfaatkan oleh pengirim dan penerima paket untuk melacak/mengetahui posisi terkini paket yang dikirim secara real time alias up to date melalui smartphone setelah lebih dulu mendownload di aplikasinya App Store atau Play Store.

Selain itu juga ada fasilitas Finding Sprinter yang memungkinkan pelanggan untuk mengetahui status penjemputan paket (layanan pick-up) di tempat, hingga kontak Sprinter (kurir) yang akan menjemput paket, detail alamat pengirim dan penerima juga lengkap tertera di history order

Tidak hanya itu, aplikasi J&T Express juga mempunyai fasilitas untuk mengetahui lokasi Drop Point atau outlet terdekat (Drop Point Nearby) dengan lokasi pelanggan  yang terintegrasi dengan Google Maps. Lebih efektif dan efisien, karena pelanggan (baru) tidak perlu susah-susah keliling mencari lokasi drop point di wilayah tersebut. Keren kan?

Inilah berbagai formula solusif J&T express yang memudahkan, menyenangkan dan memuaskan dalam upayanya memberi value  sekaligus menjawab espektasi pelanggan di era logistik 4.0. 

Let's  Express Your Online Businnes With J&T Express!

#Logistik di Era Industri 4.0 

#Express Your Online Business

Kombatan
Kombatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun