Balada Paimin Si Pendekar Sakti

14 November 2013 13:37:38 Dibaca :

Alkisah hiduplah seorang pendekar yang sakti mandra guna, yang kesaktiannya sudah banyak diketahui di seluruh jagat raya ini, Perdekar tersebut bernama “…Paimin……….”. Sang pendekar senang berkelana dari tempat satu ke tempat yang lain hanya untuk mencari kesaktian yang lebih dan mencari lawan tanding untuk di taklukkan. Hingga suatu hari terjadilah pertarungan sengit di warung katrok pak damai dan bu’ikhlas. P’ Damai : “Haaaa, damai sekali hati ku ni pagi ni, suasana kampung yang asri dengan di tiup angin sepoi2, di tambah lagi rezki yang selalu melimpah dari warung ni yang tak pernah berhenti dan tak lupa sangat damai jika melihat instri ku yang cantik ini (sambil melihat genit sang istri). Terima kasih ya Allah kau telah memberikan semua ini. B’ikhlas :”owala, pak kenapa sampeyan ini, menatap aku seperti masa-masa kita pacaran aja, pasti sampeyan ini terpesona ya dengan kecantika ibu.??” P’Damai :” iya bu, saya kalau melihat wajah ibu tersa sangat damaiiiiiiii, sekali, kecantikan ibu mengalahkan Cleopatra dan artis2 di tv buk, seperti marsyanda, tamara, dan dewi persik, pokoknya ibuk paling cantiklah… Bu’ Ikhlas :”owala pak, kamu berlebihan sekali kalau memuji, ibu jadi malu…!!!” P’ Damai :”bapak nggak berlebihan kok buk, memang kenyataannya seperti itu, apa mungkin karena ibu rajin sholat subuh dan ibadah serta tak lepas dari air wudhu, jadi ketika saya melihat ibu terasa damaaiiii sekali. Bu’ikhlas : “Mungkinlah pak, syukurlah kalau begitu, saya ikhlas menerima semua ini !!!!” P” Damai :”Lho maksudnya !!!!” B’Ikhlas :”Maksudnya, kalau bapak damai melihat ibu, ibupun merasa ikhlas karena tuhan telah memberi ibu suami yang katro dan jelek seperti bapak….” P”damai :”owala ibu, di puji kok malah ngejek, tapi kan walau bapak jelek begini bapak mampu mengalah kan pesaing2 bapak dalam memperebutkan cinta ibu seperti primus, adam Jordan , dan tak lupa yang sering merayu ibu si,roger danuarta, semua orang itu bapak kalahkan, dan akhirnya bapak mendapatkan cinta ibu.. B’ Ikhlas :’oh ya juga ya pak, eeee, ibu memilih bapak karena akhlakkul karimah bapak, ibu nggak butuh suami yang ganteng, tapi ibu butuh suami yang berakhlakul karimah dan mampu menjadi kepala rumah tangga yang baik, jadi meskipun bapak jelek ibu tetap memilih bapak ……. P’damai : “hahahahhahahha, ibu bisa aja !!!” Tiba –tiba di sela-sela canda tawa P’Damai dan B’ikhlas datanglah sang pendekar tampa tanding “…………………..”!!! Paimin :” saya mau pesan masakan yang paling enak !!!!!!” P’Damai :” Ehm, maaf tuan masakan disini enak semua ….!!!!!” Paimin :” Kalau gitu saya pesan 1 porsi getuk dan minumnya jamu kuat !!!” P’ Damai :’ owala. Pendekar gila, tadi nanya masakan yang paling enak,e.. gk taunya cumin pesan getuk dan jamu kuat !!!” Paimin :” Apa kamu bilang, kamu bilang saya gila …!!’ P’ damai :” Nggak akh tuan , mungkin tu perasaan tuan saja, tadi saya bilang tuan kekar sekali badannya, dan saya yakin tuan pasti pendekar sakti …!!” Paimin :” hahhaha, kalau itu benar, macho kan saya !!!” P” Damai :” ya iyalah tuan, buk buatkan 1 porsi getuk dan 1 gelas jamu kuat tuk pendekar macho ini …!!!” B’ Damai : “ baiklah pak ….!!!” Tiba-tiba lagi asyik-asyiknya menikmati makanan pesanannya sang pendekar sakti di kejutkan dengan kehadiran wiro sableng …!!!! Wiro Sableng :” Buk, saya pesan kopi pahit sama mi goring sayap beruang, gpl ya !!!’, apa kau lai lihat, emang gue pisang, dasar lho monyet …!!!!!! Paimin :” Apa, kau bilang, tak kenal kau siapa aku …!! Wiro Sableng :” ya iyalah pauk kale kau , kita kan baru jumpa sekali …!!” Paimin :” iya juga ya, perkenalkan aku pendekar dari gunung kidul, yang sangat di segani dan di takuti di seluruh pulau jawa ini, namaku ….” Paimin sang pedekar tongkat terbang, saudara paijo sang pendekar kolor ijo …!!!!!! Wiro sableng : “hahahahhaha, muka sangar nama kampung, perkenalkan namaku wiro sableng, murid sinto gendeng, pedekar sakti dari pulau sumatera, semua anak punk di halte medan takut semua sama aku , jurus andalan ku Pukulan si butar-butar, sekali kena pukulanku kau akan mutar-mutar 7 keliling …!!!! Hahahhahahahhaha” Paimin :” taak usah kau ketawa lebar-lebar kau wiro sableng, aku tak suka bau mulutmu …!!’ Wiro sableng :”kenapa dengan bau mulut ku ???” Paimin :” Karena mulutmu bau jengkol ………!!!!” Wiro sabaleng :” Ah, masa sih ??? (mencium bau mulutnya sendiri ), ee, iya juga ya…..sudah lah kok membahasa bau mulut pula, sekarang saatnya kita buktikan saja siapa yang sakti, kauuuuuuu atau akuuuuuuuu !!!” P”damai :” Oh, wala , maaf mas, kalau mau bertarung tolang jangan disini lah, kalau sampeyan ini bertarung di sni bias-bisa warung saya ini berantakkan ….lagian hari gini kok masih pake otot, pake otak dunk, biar nampak intleknya ….. Paimin :” benar juga nie kata manusia katrok satu ni …..” Wiro sableng :” jadi gimana caranya bertarung pake otak ???” P’ Damai : “ Biar lebih terlihat berakhlak dan pintar, bagaimana kalau bertarungnya lewat media papan catur ini, siapa yang menang dialah pendekar yang sakti dan pandai sejagat raya ini, dan saya siap jadi wasitnya …..!!!!!!!!” Paimin :” baikalah kalau begitu, aku terima tantangan itu, …..” P”Damai : “ bagaimana dengan tuan wiro berani nerima tantang ini …” Wiro sableng :’’ Heh, kau remeh pula ma aku, tak tau kau kalau aku di medan juara 1 satu catur … Paimin : “ ywd, ikan sepat ikan gabus ikan lele , makin cepat makin bagus….nggak betele-tele !!! (musik keras ). Wiro sableng :” Jurus, pukulan si butar- butar … hiaaaaaaaaaaaat, mesa ….” Paimin :” aduhhh, hem begitu permainan mu, kan aku keluarkan jurus andalan ku, jurus tongkat terbang, hiaaaaaaaaaaaaattttttt, sekak mat ….. “ Wiro sableng :” aduhhhhhhhh, mati aku ….., ingat kau paimin, tunggu pembalasan ku di session berikutnya, ………. Paimin :” hahahahahahhahahahahhaha’ P’ Damai : “ Memang tuan pendekar yang sakti dan pandai ……….” Paimin :’” ya iyalah jelas aku menang, orang mentri aku punya 2 kok, kalau begitu ni uang makan ku, aku mau pergi dulu, tu kan kaya kan aku!!! “ P” damai :” ok, terima kasih tuan !!” Akhirnya sang pendekar pun dengan kesaktiannya dapat mengalahkan wiro sableng dengan 3 jurus skak mati, disisi lain di sebuah pesantren yang tenang dan damai pak kya’i sedang memberikan tausiah kepada murid-muridnya…” Kya’i :” Asalamualaikum ….!!!” All santri :” Walaikum salam “ Kyai :” wahai murid-murid ku, ada hal yang ingin aku tanyakan pada kalian semua …….apa tujuan kalian datang ke pesantren ini …!!” Ponidin :” saya ingin jadi orang yang sukses …!!” Amin :” saya ingin pintar agar masa depan saya cerah !!!” Iman : “ kalau saya hanya ingin mangabdi kpda guru dan semog guru senantiasa memberikan syafa’at dalam setiap langkah saya !!!!” Kya’I : “ jawaban kalian benar, ingatlah murid2 ku, kita di ciptakan hanya semata-semata untuk menyembah Allah, dan belajarlah untuk mengenalNya …..” Ponidin : “bagaimana cara kita untuk mengenalnya guru …???” Kya’I : “ Apabila kamu ingin mengenal seseorang kenalilah dulu orang yang mengenalnya, nah begitu juga kepada Allah, jika kamu ingin mengenalnya kenalilha para kekasihNya, sebagaimana Allah berfirman dalam sura almaida ayat 35 “ hai orang- orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada allah, dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepadanya, dan berjihadlah kamu di jalanNYa, agar kamu mendapatkan keberuntungan …!!!” All :” baiklah guru …!!!” Guru :” Oh, ya nurdin , aku ingin memakan papaya segar yang masak di pohonnya, bisakah kau mencarikan itu ….” Nurdin : “ Dengan senang hati guru ,akan saya bawakan papaya itu untuk guru, mohon izin pamit guru … wasalammualikum!!” Guru : “walaikum salam , semoga Allah selalu memberkati langkahmu !!!” Nurdin pun berangkat ke hutan untuk mencari papaya yang di ingin kan sang Guru, dia dengan gigih mencari papaya tersebut dan akhirnya mendapatkannya, sepulang dari mencari papaya nurdin bertemu dengan paimin sang pedekar sakti …” Nurdin :” alhamdulillah akhirnya aku mendapatkan juga papaya yang di inginkan guru, semoga dengan papaya ini aku dapat membahagiakan guru, dan tuhan pun dapat tersenyum padaku….”(tertabrak paimin) Paimin :” oi, kalau jalan lihat pakai mata, bukan pakai dengkul ….” Nurdin :” maaf, tuan saya tidak sengaja, …!!” Paimin :” Ala, banyak sekali ceritamu, tak kenal kau siapa aku, aku adalah paimin si pendekar tongkat terbang yang di takuti oleh seluruh penjuru negeri ini….” Nurdin :” maaf, tuan, bagi saya di dunia ini tidak ada yang sakti, kecuali Allah yang maha sakti dari segala-galanya “ Paimin :” alaa, banyak sekali cerita mu, ku beri kau in jurusan andalan ku. Jurus tongkat terbang……(memukul pake tongkat) Nurdin : “ Aduh……” Paimin : “ kenapa tak kau balaz pukulan ku tadi ???” Nurdin :” karena guru ku mengajarkan jika orang berbuat jahat kepada kita balazlah dengan kebaikan, aku sadar mungkin tuan sedang khilaf..!!!” Paimin :” Apa, kok di dunia ini masih ada orang seperti kamu, Siapa gurumu ??? aku yakin pasti dia orang sakti “ Nurdin : “Guruku juga manusia biasa, hanya saja amat mulia hati dan prilakunya, sehingga patut untuk saya contoh . “ Paimin :” Tolong kisanak bawa saya kapada guru kisanak !!!!!, saya ingin belajar dengan beliau….. !!!” Nurdin :” dengan senang hati kisanak, aku akan membawa kisanak kepada beliau …!!!!” Akhirnya nurdin dan paimin pun pergi ke pesanttren untuk menemui kya’I, tapi cerita punya cerita paimin memiliki niat yang buruk, dia ingin menantang sang guru sebelum berguru kepadanya, setiba di pesantren nurdin pun memperkenalkan paimin kepada sang guru !” Nurdin : “Asalammualaikum wr. Wb “ Kya’I : “Walaikum salam wr.wb “ Nurdin :” ini guru papaya yang guru pinta !” Kya’I :” Alhamdulillah, kau memang muridku yang sangat baik !!!” Nurdin :” Alahdulillah guru ni semua bukan karena diriku, tampa syafa’at mu ananda tak bisa berbuat dan tidak memiliki arti apa2!!” oh, ya guru ananda membawa teman yang ingin belajar kepada guru, di seorang pedekar sakti yang senang berkelana, namanya paimin !!” Paimin :” hhahahahahahhaha, ternyata ini gurumu ….!!!!” Nurdin :” tolong kau jaga adabmu terhadap guruku, jangan sampai aku bertindak keras padamu …” Paimin :” mana mungkin kau bertindak keras tadi aja ku pukul kau tidak melawan malah caramah…!!!” Kya’I :” nurdin , jangan kau lawan dia, biarkan aja aku yang mengurus dia !!!” Nurdin :”baik guru, hey, kalau terjadi apa2 kepada guruku, 7 keturunan mu tak kan ku biarkan hidup …!!!” Paimin :” hey nurdin kau dengar, aku lebih suka jomblo daripada berpasangan, jadi jangan kau berharap tuk membunuh 7 keturunan ku …!!!!” Kya’I :” Hey, pendekar apa mau mu !!!!’ Paimin :” aku hanya ingin menaklukkan mu kya’I, dengan segala kesaktianku akan ku tunjukkan kepada muridmu ni bahwa aku yang paling sakti di dunia ini….!!!” Kya’I :” baiklah jadi engkau menantangku, ku terima tawaranmu …!!!” Paimin : “ Ikan kakap ikin gabus, banyak cakap nggak bagus, jadi langsung saja kita buktikan, terimalah jurus pertama ku………!!!!! (sambil mengeluarkan jurus dan meletakkan pewarna biru di muka ) Kya’I :” berhenti anak muda, apa kah dalam keadaan seperti ini kau ingin bertengkar dengan ku …!!” Paimin :” apa maksudmu kya’I “ Kya’I :” ambillah kaca ini dan lihatlah wajamu …!!” Paimin :” Apaaaaa, belum bertengkar kok mukaku uda babak belur seperti ini.!!” Kyai’I aku sadar aku adalah orang yang angkuh dan sombong akan kesaktiaku, baru kali ini aku nggak bisa berbuat apa dalam menghadapi lawan tandingku, kalau boleh aku meminta izinkanlah aku tuk berguru dengan sungguh-sungguh kepadamu !!!!” Kya’I :” dengan senang hati aku akan mengangkat mu sebagai murid, dan ingatlah bahwa yang paling hebat di dunia ini adalah Allah kita manusia di dunia ini tidak akan ada arti apa2 tanpa ridho’Nya, tanamkan itu agar kesombongan tidak bersemayam di hatimu, dan kelak engkau akan menjadi hambnya yang berhati tawadhu …!!!’ NUrdin :” amin “ Paimin :” terima kasih kya’I uda mau mengangkat ku sebagai murid, mohon ampun atas kelancangan ku tadi “ Kya’I :” tidak apa2, belajarlah kau dengan sungguh-sungguh disini dan berushalah tuk menjadi rahmatan lil allamin bagi alam semesta dan se isinya. Paimin :” Amin, ananda akan berusaha mewujudkan semua itu guru…!!!!” Sang pendekar pun belajar di pondok pesantren, hari pertama di pondok pesantren membuat Paimin merasa sangat di lecehkan karena Paimin di tugaskan oleh sang guru untuk membersihka wc pesantren, trus mngerutu dan syetan pun mengoda Paimin dengan bujuk rayunya tuk kelauar dari pesantren ………….. Paimin : “huuu, susahnya jadi orang baik baru pertama kali belajar, e… malah di suruh membersihkan wc, apa maksud guruku ini ……….!!” Syetan :” hey, pendekar bodoh, mau-maunya kau di suruh kya’I tu membersihkan wc, apakan kau tidak sadar kau sedang di permainkan, ingat kau adalah pendekar sakti, kau di takuti semua orang, jadi tidak menutup kemungkinan kau mendapatkan segala yang kau inginkan… Malaikat :” Jangan kau dengar bisikan itu paimin, hei setan busuk jangan kau rayu dia ……………….. Paimin :” Benar juga ya aku pendekar sakti dimana harga diriku, masak pendekar sakti di suruh bersih wc, ha ini uda nggak benar, aku harus protes pada kya’I !!!” Syetan :” ya kau harus protes pada kya’I kalau perlu kau tinggalkan pesantren ini, untuk apa kau berlama-lama disini kalau hanya untuk mengerjakan hal-hal yang seperti ini, membersihkan wc, menimba air, hem .. kau bukan pembantu rumah tangga tetapi kau pendekar sakti yang memiliki marwah……..!!!” Malaikat :” Pendekar dengarkan kata hatimu dan kuatkanlah niatmu dalam berguru …………. Paimin :” benar, aku harus protes pada kya’I ……… Syetan :’Wah ada kya’I aku harus cepat pergi dari sini … Malaikat : “ Mau kemana kau setan …… Setan : “ Atut akh ada pak kya’I tar aku di lemaparnya pake tasbih … Malaikat :” Dasar setan selalu berlari kalau bertemu dengan orang suci .. Paimin : “wah itu kebetulan ada pak kyai’I, pak kya’I saya mau bicara !!! “ Kya’I :” ya, tapi setidaknya sebelum kau bicara, aku ingin memberikan mu sebuah perenungan, jika kita ingin dekat dengan Allah setidaknya kita harus benar2 merasa lemah di hadapannya, marwah, derajat, kedudukan, harta itu hanyalah berlaku di dunia tidak di hadapannya, karena dialah dzat pemilik segalanya dan Dia jugalah yang maha berkhendak atas segala sesuatu, jadi jika kau hendak dekat denganya jangan ada sedikitpun kesombongan di hati mu …….oh, ya katamu tadi ada yang ingin kau bicarakan… silakan saja ……… Paimin :” (menangis)Tidak, jadi guru ananda sadar, bahawasanya pikiran ananda sedang di racunin oleh setan, ananda ngerti kenapa guru memerintahkan ananda tuk membersihkan WC ……” Kya’I :” belajarlah trus anakku, jika kau ingin mendapat kesuksesen di pesantren ini, tinggalkan lah egomu di gerbang pesantren, dan bawalah hatimu ke dalamnya, karena jangan samapai akalmu mengalahkan hatimu …….. Paimin :” baik guru !!!” Kya’I :” Oh, ya, sore nanti ba’da asyar aku ingin kau hadir dalam tausiah ku .” Paimin :” baik guru “ Tak terasa waktupun mulai sore tausih kya’I pun akan segera di mulai, para murid pesantren berkumpul semua di pelataran depan pesantren ..!!!” Sabarudin :” Bang, ayo segera bersiap-siap sebentar lagi tausiah kya’I akan segera di mulai, kita pergi sama ya kesananya !!!” Paimin : “ ya, ni uda mau siap-siap kesana, bang sabarudin uda lama disini?” Sabarudin :” alhamdulillah saya uda 3 tahun disini, ikut besama kya’I ..!!” Paimin :” wau, uda lama itu, kira apa resepnya biar bias berlama2 disini..??” Sabarudin :” Pengabdian itu tidak bisa di ukur denga waktu berapa lama dia mengabdi, tapi dengan apa yang telah dia berikan kepada pesantren ini dan guru , tanyakanlah pada diri kita dan berbutlah yang terbaik tuk guru dan pesantren ….” Paimin :” aku mengerti bang, terima kasih tuk masukakkannya !!!” Aisyah :” Asalamualaikum !!” Sabarudin : “ Walaikum salam, aisyah …(LAgu sempurna) Aisyah : “ Astafirulah, ingat bang sabaruddin, tampa kita sadari kita telah zina mata, ………!!!” Sabarudin :” maafkan aku aisyah, aku seperti ini karena ku sangat mencintaimu, perasaan ini uda lama ku pendam, dan tak bisa ku bendung lagi, kali ini izinkanlah aku tuk mengatakan kalau aku mencintaimu. Maukah kamu menjadi istriku ???” Aisyah :” wanita mana yang akan menolah pria sebaik dan setaat abang, tapi aku ingin sebelum abang memutuskan tuk mencintaiku, ta’aruflah, dan tahjudlah berdo’a kepada Allah, semoga kita memang jodoh …!!!’ Sabarudin :” Terima kasih aisyah, semoga saja setelah kita keluar dari sini, kamu adalah jodohku, bagian dari tulang rusuk ku yang hilang. Aisyah :” Amin” Paimin :” Ayo, jangan pacaran aja, tar di racunin setan lho, sebentar lagi tausiah kyai akan di mulai………. Merekapun pergi meninggalkan tempatnya tuk mengdengarkan tausiyah kyai, tak terasa hari demi hari telah di jalani oleh paimin dan rekannya di pesanteren, sampai suatu hari merekapun tiba saatnya berpisah kepada kyai …… Kya’I : “Wahai murid-muridku, tak terasa kalian uda lama tinggal di pesantren ini tuk menimba ilmu, kini tibalah saatnya kalian untuk menerapkan ilmu-ilmu yang di dapat disini dalam kehidupan kalian di luar sana, jadilah engkau rahmatan lil alamin, yang berguna bagi sekitarmu, jangan mengeluh, besryukur dan optimislah dalam menjalani hidup, tegakkanlah Dzikirullah karena sesungguhnya kebahagian itu adanya pada tuhan, dan jalankanlah ketentuan syari’at, laksanakanlah islam secara kaffah, niscaya, kau akan mendapatkan kemenangan dunia dan akhirat, insya Allah ……..(para murid menangis) Ponidin :” maaf kan saya guru, jika dalam mengabdi banyak kekhilafkan yang saya perbuat,,,,!!! Sabarudin : Saya juga guru …… Paimin :” guru , (nangis) Aisyah :” safa’atilah setiap langkah kami guru, dalam menjalankan kehidupan kami ………. Kya’I : “ uda, jangan bersedih, kenyataan hidup harus kita hadapi, yakinlah kemanapun kalian pergi apabila tetap menjalankan ajaran ini, pasti Allah bersama dengan kita, dan buat lah tuhanmu tersenyum……… All : “Amin” Kya’I :” Tausiah uda selesai, kalian semua uda boleh keluar, oh, ya sabarudin, aisyah, tinggalah sejenak disini, ada yang ingin aku bicarakan ..(semua santri keluar kecuali aisya dan sabarudin) S & A :” baik guru” K”yai :” Hhm, sabarudin, aisyah aku tau kalian sangat saling mencintai, apabila ada niat menikah lah kalian segera jangan di tunda-tunda lagi, bangunlah rumah tangga yang sakinah, mawa’dah wa’rohmah, yang kelak menjadi contoh bagi masyarakat sekitar kalian ………” Aisyah : “ iya guru” Sabarudin : “ Baik guru tak akan saya tunda-tunda lagi, segera saya laksanakan .. Para santripun pergi meninggalkan pesantren, dan mereka menjadi agen-agen of change, merekapun menjalankan islam secara kaffah, sehingga mampu mengubah masyarakat sekitarnya menjadi lebih baik, dan paimin pun pergi mendatangi setiap orang yang pernah dia sakiti, tibalah di warung katrok p’ damai dan b’ikhlas Paimin :” Asalammualaikum, …!!!!” P”Damai :” Walaikum salam, e.. kalau nggak salah kita uda pernah ketemu ya …oh, ya aden ini kan pendekar sakti yang mengalahkan wiro sableng !! Tarmizi :” Pendekar sakati, maaf tuan kebetulan saya sedang mencari seorang pendekar sakti, saya uda capek selalu di olok-olok teman saya dengan sebutan lemot, saya ingin memberi mereka pelajaran, maukah tuan mengangkat saya menjadi murid …. Paimin :” Astafirullah, itu namanya dendam, dendam adalah perbuatan yang sangat di benci oleh Allah, ………. Tarmizi : “ Tapi saya uda lelah di olok2 seperti itu …….. Paimin :’” Sabarlah dan yakinlah Allah beserta dengan hambanya yang sabar, dan Allah maha berkhendak atas hambaNya yang mau berusaha tuk menjadi lebih baik … B”ikhlas :” Alhamdulillah, pendekar uda berubah memjadi lebih baik dan bijak ya pak ……….” Paimin :” Oh, ya pak, buk, maafkan saya ya karena sempat membuat keonaran di sini beberap tahun yang lalu ……….. Pd &B”I : “ ya nggak apa2, lupakan saja den ……….. Tiba-tiba di sela-sela percakapan datanglah Wiro Sableng ……… Wiro :” Hei, pendekar busuk tenyata kamu datang lagi ya kesini, setelah beberapa tahun menghilang, kini tiba saatnya aku membalaskan dendam ku padamu ………. Paimin : “maaf, kisanak, saya tidak mau ribut, jika prilaku saya kemarin telah membuat kisanak menderita, maafkanlah saya ……… Wiro : “ enak saja kau mintta maaf, hutang darah harus di bayar dengan dara, kau dengar itu, kau telah membuat aku hilang harga diri ………. Paimin :” kalau begitu apa mau kisanak, agar tidak dendam lagi dengan saya..!! Wiro :” Aku ingin menantangmu bertarung, karena aku telah belar jurus baru, namanya jurus kucing garong ……… Paimin :” Apaaaaa, itu kan jurus andalan empu gandring untuk membuat keris2nya… Wiro :’hahahahhahaha, ya, aku mencuri kitab jurus kucing garong dan mempelajarinya, akan ku buktikan padamu keampuhan jurus itu ..hahhahahaa …….. Paimin :” Maaf kisanak aku tak mau bertengkar ……. Wiro : “ ala, banyak kali cakap kau, rasakan jurus ini, hiaat, hiat , hiat (Lagu kucing garong) paimin tidak melawan dan kalah) …..hem..gak seru kenapa kau tak melawan, melawanlah biar enak bertarungnya, …. Paimin :” Aku ikhlas engkau pukuli, asal jangan ada lagi dendam di hatimu, sampai mati pun tak masalah, aku sadar pernah berbuat salah padamu, jika kau belum puas pukullah aku lagi ……….. Wiro :” So, sweet kata2mu pendekar, sejak kapan kau jadi orang baik …. Paimin :” Sejak aku mengenal Dzikirullan dan menjalankan islam secara kaffah … Wiro : “ pendekar maafkan aku, mau kah kau mengangkat ku jadi murid … Paimin :” Allah selalu memberi kesempatan bagi hambanya yang ingin bertaubat, baiklah aku akan mengajarkanmu tuk mengjadi orang baik .. Tarmizi :” Bolehkan saya juga belajar tuan , karena saya yakin jika kita menjadi orang baik, tuhan akan mengangkat derajat kita, dan kita pun akan menjadi manusia yang di senangi olah banyak orang …………. Akhirnya wiro sablengpun bertaubat, dan tarmizi pun belajar tuk menjadi manusia yang lebih baik, 6 tahun telah berlalu, sabarudinpun telah memiliki buah hati dari penikahannya dengan Aisyah …….. Sabaruddin :”Alhamdulillah, usaha ku lancer, terima kasih ya Allah atas segala rahmatmu, terima kasih guruku atas semua Syafa’atmu, tanpamu aku tak memiliki arti apa2, oh ya mana ya istriku yang paling manis, yang selalu setia menemaniku disaat susah maupun senang dan selalu mengingatkanku tuk bertawakal kepada Allah ……….. Aisyah :” Pa, ini jamunya, biar selalu sehat dan kuat, papa kan capek bekerja tiap hari tu menafkahi mama dan buah hati kita syukri…. Sabarudin :” oh ya anakku syukri mana ????? Aisya : “ oh, tadi mama lihat di lagi belajar di lantai 5 ……. (Lagu empeng endot) Syukri :” Ma…pa …!!!! Sabarudin :” Iya, anak ku …… Aisyah :” Panjang umur kamu nak, baru aja papamu mencariin kamu … Sabarudin :” Sini anakku duduk !!!!!” Syukri :” Pa. syukuri ada PR dari bu guru, soalnya begini … bagaimana caranya untuk menjadi orang yang sukses ??. karena papa syukri termasuk orang yang sukses, jadi pasti papa tau dong jawabannya !!!! Sabarudin :” Begini anakku, jadi orang sukses itu gampang kalau di niatkan, tuk jadi orang sukses, yang 1.kita harus rajin berdzikir dan beribadah seperti sholat, sadekah, puasa . yang ke 2. kita harus pandai-bersyukur atas nikmat yang di berikan oleh Allah yang ke 3. harus bisa bermanafaat bagi orang lain dan yang terakhir ke 4, harus bisa menyenangkan orang lain .. insya Allah engaku akan menjadi orang sukses anakku Aisyah : Tambahan dari mama kalau syukri mau jadi orang sukses wajib menjalankan Islam secara kaffah …. Syuukri :” Oke, mama papa. Syukri makin sayang ma mama dan papa. Pokoknya papa dan papa syukri adalah yang paling is the best ……….. Sabarudin :” e..e..e .. anak papa uda pandai bahasa inggris … Aisyah :” Oh ya pa, tadi mama menerima surat tuk papa dari pesantren tapi mama belum berani tuk membukanya …… Sabarudin : “ Mana suratnya biar papa baca ……….(membaca surat ) (isi surat suara nurdin, teruntuk abangda sabarudin di tempat. semoga abangda dan keluarga selalu dalam lindung Allah dan syafaat guru, asalammualaikum Wr. Wb. Abang da sabarudin saya nurdin, saya mengirimkan surat ini tidak ada maksud lain kecuali ingin memberitahukan kepada abangda sabarudin, bahwasanya kesehatan guru kita sedang menurun, Alhamdulillah dari hasil cek up dokter pesantren guru tidak ada sakit apa2, mungkin sekian surat dari saya semoga kabar ini dapat bermanfaat bagi abangda, salam saya untuk kak aisyah dan keponakanku yang paling lucu syukri, wasalammualaikum, wr, wb, medan 10 januari 2010 tertanda adaindamu yang paling cool nurdin ….) Aisyah : “ Apa pa. isi suratnya …… Sabarudin : “ Guru dalam keadaan sakit ma, ni surat dari nurdin khadam guru, papa jadi takut terjadi apa2 dengan guru …….. Aisyah : “ kalau gitu gimana kalau kita berkunjung ke pesantren aja pa, sekalian mengajak syukri tuk lebih mengenal pesantren ……. Sabarudin : “ iya ma, itu ide yang bagus besok kita pergi kesana ya …… Syukri :” Pergi ke tempat nenek guru ya ma, pa… hore… hore.. syukri bisa ketemu ma nenek guru, kalau nyampe disana syukri mau minta di do’ain biar jadi anak yang saleh dna bisa jadi yang terbaik tuk mama. Papa dan agama …….” Aisyah : Iya anakku ……….. Sabarudin : Uda, uda malam, tidur sana gi ma mama biar besok pagi enaknya bangungnya ……… Syukri : Oce deach papa ……. Aisyah :” papa nggak tidur ……. Sabarudin :” Nanti ma papa nyusul, mama duluan aja ma syukri, papa masih ingin sendiri disini ……… Aisyah :’ Iya pa …. Akhirnya aisyah dan syukri pun pergi tidur, sabarudin pun sendiri memikirkan keadaan gurunya hingga dia tertidur pulas dan bermimpi bertemu dengan Sang Guru ………….. Sabarudin :” Guruuuuuuuuuuuuu “(memeluk guru) Kya’I :’ hai muridku, jangan bersedih, jangan takut ,jangan ragu, sesungguhny Apabila engkau tetap berkekalan dengan para kekasihNya, yakinlah tuhan masih bersama dengan kita (pergi meninggalkan sabarudin), yakinlah tuhan masih bersama dengan kita, yakinlah tuhan masih bersama dengan kita Sabarudin :” Guruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu, ha.. ternyata aku bermimpi, ……….. Keesokan harinya sabarudin dan keluargapun berangkat ke pesantren, ternya tidak hanya sabarudin saja yang menerima surat dari nurdin melainkan semua alumni pesantren mendapat kabar tersebut, hingga tibalah semua alumni pesantren kumpul di pesantren ……………… Paimin :” Bang sabarudin, kak aisyah, hemmm, kalau yang ini pasti, keponakan ku yang paling lucu… syukri …….(bersalaman) Sabarudin :” Paimin, iya ini keponakanmu … Paimin :” Ih, lucu banget bang, kak ….. Aisyah :” Oh, ya apa kerjamu sekarang …….. Paimin :” Alhamdulillah saya buka usaha rumah makan dan menjual kerajian tangan kak, dengan usaha itu saya bisa membuat lapangan pekerjaan tuk kaum duafa, dan masyarakat kecil. Aisyah : “Alhamdulillah, uda bisa jadi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar..oh, tu kan ponidin …… Ponidin :” Asalammualaikum …. All :” Walaikum salam. Ponidin :”Bang, kak, hemmmmmm sang pendekar sakti yang mengerutu di suruh membersihkan WC.. paimin …. Paimin : “ Ala, masih di ingat aja kejadian, itu .. All : “hahahahhahahahah Paimin :” itu kan namanya proses bang, yang penting sekarang siap tempur jiwa dan raga tuk menegakkan dzikirulah dan menjalankan Islam Kaffah ….. Ponidin : “ Ya iyalah …….. All :” Guruuuuuu …… Syukri :” Nenek guru, do’akan syukri ya biar bisa jadi anak yang saleh, pandai dan menjadi yang terbaik untuk agama, mama dan papa ……. Kya’I : “Amin…….. Wiro sableng :” Kya’I boleh saya berguru kepadamu, biar bisa menjadi orang yang sukses seperti mereka …… Tarmizi :” Saya juga ya pak kya’I, saya ingin jadi orang baik ………” Kya’I : “Tentu, silakan pesanteren ini selalu terbuka bagi mereka yang ingin belajar mengenal diri ………… P”D & B”I :” Asalammualaikum……… All : “ Walaikum salam “ P” Damai :” Owala, pendekar, wiro sableng tarmizi, ngapa’in kamu disini … B” Ikhas :’ Tumben kalian berdua akur …. Paimin :” Kami uda bersahabat buk, oh ya, ngapain bapak dengan ibu kesini .. P’damai :” Owala, ternyata kita bersaudara, saya ma ibu mantan alumni pesantren ini ……. Nurdin : “ suasana yang begitu indah, ya allah kuatkanlah trus persaudaraan diantra kami, dan rahmtilah kami dan guru kami, agar selalu berada di jalanmu ………Amin ……… Kya’I :” syukur alhamdulillah kalian telah menjadi orang yang sukses, tapi janganlah engkau lupa harta yang kalian miliki adalah titipan allah, darmakan lah di jalanNYa, dan sempatkanlah sesibuk apapun kalian tetap luangkan waktu tuk beriktikaf, karena semua itulah yang menguatkan kalian … Akhirnya mereka pun saling melepas rindu, berbagi cerita dan pengalaman akan kesuksesan mereka, semoga kita semua yang di sini dapat selalu menjadi yang terbaik, untuk semua orang di sekitar kita, menjadi agen2 of change yang membawa perubahan dengan menjalankan islam secara kaffah, sekin dan terima kasih ……..

ikin bae

/iqnbae

nama saya muhammad muttaqin
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?