HIGHLIGHT

Survey CNNGo, Rendang Makanan Paling Enak di Dunia

08 September 2011 05:59:24 Dibaca :

Indonesia dan Jagad kuliner di negeri ini patut berbangga hati, sebab,  rendang, masakan daging sapi dengan bumbu tradisional khas dari Sumatera Barat menjadi juara dunia dan menjadi makanan paling enak di sejagat raya.

berdasarkan survey CNN yang diikuti lebih dari 35.000 orang dari seluruh dunia, menobatkan rendang sebagai makanan paling lezat di muka bumi.

dua makanan khas Indonesia lainnya yang termasuk dalam jajaran makanan paling lezat di dunia adalah Nasi Goreng di posisi ke 2, dan sate di posisi ke 14.  50 makanan paling enak di dunia

lihat disini

Ternyata, catatan soal masakan Indonesia tak berhenti sampai di situ, laman CNN Go juga memuat daftar 40 makanan terbaik di Indonesia, mendeskripsikan, dan mengenalkannya ke dunia.

"Setelah pembaca memilih rendang sebagai makanan paling enak di dunia, kami berpikir, ini saatnya memberikan kepercayaan pada masakan Indonesia untuk menjadi pusat perhatian," seperti di muat di situs CNN.

CNN juga mengiming-imingi pembacanya dengan pengantar, bahwa masakan Indonesia mencakup mie yang direndam kuah superlezat, kari pedas yang rasanya nendang, ikan yang dibungkus daun pisang alias pepes, salad sayuran dengan saus kacang manis -- yang kita kenal sebagai gado-gado atau pecel. "Sambal, martabak, rendang. Kalau Anda bisa membaca daftar ini tanpa ngiler, meneteskan air liur. Itu berarti, Anda lebih baik dari kami."

Laman CNN juga menyertakan sejumlah restoran di Jakarta yang direkomendasikan untuk menikmati rahasia dapur nusantara, yang menyajikan masakah khas Indonesia.

Meski tidak bermaksud meranking yang terbaik, masakan yang ada di urutan pertama adalah sambal. Entah berapa resep sambal yang ada di seluruh Indonesia, mungkin ratusan, bisa jadi karena setiap daerah pasti punya sambal masing-masing, dengan cita rasa yang berbeda-beda pula, lain daerah, lain juga bumbu yang dipakai. Sambal bahkan 'wajib' dalam menu makan orang Indonesia. istilah kerennya "Makan nggak pake sambal nggak nendang".

rendang adalah masakan  tradisional Indonesia, dibuat dari daging sapi yang dimasak perlahan dengan bumbu-bumbu seperti sereh, lengkuas, cabe, santan, bawang merah, bawang putih, kunyit dan bumbu-bumbu pelengkap lainnya. Rendang disajikan pada acara-acara seremonial seperti lebaran atau acara adat keagamaan lainnya. tapi sekarang rendang sudah bisa dinikmati setiap hari karena sudah banyak restoran-restoran padang atau rumah-rumah makan yang menyajikan rendang.

Bakso dan nasi goreng juga masuk dalam daftar lima masakan pertama. Seperti diketahui, Presiden Amerika, Barack Obama ikut menjadi 'duta besar' masakan Indonesia, ketika menyebut bakso dan nasi goreng sebagai makanan favoritnya ketika tinggal di Indonesia, saat menjadi 'Anak Menteng'.

tapi ada yang menarik dari 40 makanan Indonesia yang dipromosikan CNN go, yaitu Indomie, satu-satunya makanan kemasan yang ada dalam urutan tersebut.

tapi walaupun jadi yang teratas dan jadi raja kuliner se jagat raya, jumlah makanan Indonesia masih kalah dengan makanan asal Thailand,  yang gencar melakukan promosi wisata, termasuk kuliner, ini tentu karena dukungan maksimal dari pemerintah. semoga pemerintah dapat lebih memberi perhatian khusus pada kuliner-kuliner Indonesia, agar dapat lebih mendunia lagi.

sumber :Disini

Hawa Hawa

/hawa06

TERVERIFIKASI (HIJAU)

nothing
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?