Mohon tunggu...
Harum Zakia
Harum Zakia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pengalaman Hingga Masuk SMAN 16 Bekasi

22 Agustus 2017   13:55 Diperbarui: 22 Agustus 2017   14:00 1011
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada saat kelas 9 SMP adalah masa dimana tingkat terakhir dijenjang sekolah menengah yang akan lulus ke jenjang berikutnya yaitu SMA. maka dari itu saya berjuang dan belajar untuk bisa mencapai apa yang sudah saya targetkan, untuk mendapat nilai rapot dan nem yang tinggi.

Pada saat semua latihan-latihan dan ujian-ujian selesai barulah kita mengerjakan ujian nasional berbasis komputer pada tanggal 2 Mei-8Mei 2017. disekolah saya adalah angkatan yang pertama kali ujian nasional menggunakan CBT, saya mengerjakanya dengan santai tapi pasti dan teliti. setelah selesai ujian nasional saya hanya berdoa dan bertawakal dengan apa yang sudah usahakan semampu saya. 

               cita-cita saya pada saat itu adalah untuk melanjutkan sekolah ke SMA negeri dan semangat saya didorong juga oleh abang, kakak, dan juga orang tua saya. cita-cita saya masuk SMA negeri adalah agar bisa masuk PTN yang dituju. seperti abang saya yang sekarang diUIN Bandung, dan kakak saya yang sedang mengejar perguruan tinggi negeri, kebetulan kakak saya duduk dikelas 12 di MAN 9 Jakarta.

               pada saat itu saya ditawarkan untuk masuk diMAN 9 Jakarta, alasanya untuk cadangan kalau tidak dapat SMAN, dan juga bisa berangkat dan pulang bareng. lalu saya daftar melalui online pada saat itu, persyaratan nya ada isi data calon siswa dan rapot, setelah saya isi semua saya cek berulang kali agar tidak ada yang salah. persyaratan berikutnya print out formulir data yang sudah diisi. keteledoran saya dan kakak saya adalah lupa untuk diprint. sebelumnya perasaan saya sudah tenang dan yakin karna nilai saya bisa dibilang mencapai rata-rata, dan saya tinggal menunggu pengumuman test yang lulus mengisi nilai rapot dan mengikuti test tulis selanjutnya. 

               hari demi hari akhirnya pengumuman itu muncul melalui web sekolah MAN 9 Jakarta. saat itu saya sedang diperjalanan pergi dengan teman saya, lalu kakak saya yang memberi tahu pengumuman hasil formulir itu. sebelumnya kakak saya minta maaf tapi saya tidak mengerti minta maaf kenapa, setelah saya balas kakak saya mengirim bukti screenshot bahwa saya tidak lulus untuk mengikuti test tulis berikutnya. saya sedih karna keteledoran itu, saya jadi tidak bisa mengikuti test tulis. setelah itu saya menenangkan diri, dan teman saya menghibur saya juga agar tidak sedih.

               saat-saat itulah saya kembali memikirkan terus berapa nilai nem saya, setelah itu saya diberi motivasi oleh abang saya agar saya yakin bisa dapat SMAN. setelah hari pengumuman tiba, saya dan ibu saya datang kesekolah, pertama sebelum dibagikan semua orang tua yang hadir diadakan rapat diaula.didalam rapat itu diumumkan siswa yang mendapat top score, ada top score bahasa inggris tertinggi dan ada juuga IPA dan lain sebagainya. sedangkan murid-muridnya ada yang menunggu dikelas, ada yang melihat rapat dan sebagainya. setelah rapat selesai orang tua masing masing masuk ke kelas dan menerima map yang berisi nilai nem. 

               pada saat saya masuk ke kelas, saya langsung menghampiri ibu saya, dan saya langsung dikasih tau berapa nem saya. setelah sampai dirumah saya memberi tau ke abang saya kalau nem saya segitu. saat dengar saya langsung disemangatin agar bisa masuk SMAN dan mulailah saya memilih SMA negeri yang saya ingin daftar. sebelum itu saya dengar kalau dijakarta passing gradenya turun, saya berfikir apalagi bekasi.. barulah saya berunding untuk daftar SMA yang lebih dulu. setelah saya berunding dengan orang tua saya yang ingin saya daftarkan terlbih dulu adalah SMAN 11 .

               pada saat semua persyaratan sudah siap lalu saya dan ayah saya datang untuk mengisi formulir. ternyata sebelum isi formulir kita harus menscan data dan persyaratan itu. setelah menscan kita langsung mengisi formulir dan diformulir itu berisi tulisan pilihan satu dan pilihan dua. dan saya isi pilihan 1 adalah SMAN 11 dan pilihan kedua sman 16. Setelah selesai dan tahap terakhir diruang operator disana banyak sekali yang daftar sedangkan servernya sering kali eror dan 3 hari nama saya baru terdaftar diPPDB online SMAN 11 Bekasi. pada saat hari jumat nama saya hilang diPPDB online SMAN 11, langsung saya cek di SMAN 16 tetapi nama saya belum muncul dan munculnya saat malam sabtunya diposisi 28. tetapi pada saat hari sabtu malem minggunya nama saya hilang diPPDB SMAN 16, hilang sampai hari senin dan diumumkan bahwa pengumuman yang sebenarnya pada hari senin jam 23.30 . saat sudah jam 23.30 saya cek nama saya sudah muncul dinomer urut 29 tetapi saat itu langsung tidak bisa dibuka lagi PPDBnya. saya banyak informasi dari teman-teman kalau nama saya sudah muncul. dan perasaan saya lega saat itu.

              tanggal 11,12,13 kita daftar ulang di SMAN 16. mula-mulanya mengisi formulir dan angket jurusan lalu orang tua mendapat breafing dari guru guru dan terakhir membayar uang baju dll. pada saat tanggal 14 juli 2017 murid baru mengikuti test penjurusan atau test placement test, besoknya tanggal 15 juli kami mengerjakan test psikotes banyak buku psikotest yang kami kerjakan sampai jam 1 siang tanpa istirahat sekaliigus membagikan buku pelajaran dilapangan dan mempersiapkan untuk MPLS. membuat name tag sekreatif kami beserta filosofinya, membawa bekal yang sudah dijadwalkan selama 3 hari.

               pada saat tanggal 17 juli kami masuk sekolah untuk mengikuti MPLS. saya adalah gugus 5 Jenawi. pada masuk kelas kita semua kenaalan satu sama lain dan juga kenalan sama kakak osis PJ yang masing-masing kelas didampingi oleh kakak PJ. setelah kenalan kami menyanyikan yel-yel gugus, mars 16 , dan yel-yel SMAN 16. Kami semua kompak dan senang satu sama lain. kami juga diterapkan 5S, pada saat hari kedua MPLS kami awali hari dengan upacara apel dilapangan setelah itu kami didatangi oleh bapa polisi untuk membagi ilmu tentang berkendara yang baik yang mematuhi peraturan. besoknya hari ketiga MPLS bapak polisi menerangkan apa bahaya narkotika dan hukum apabila memakai narkotika Bapak polisi itu memotivasi kita semua agar tidak memakai atau menyebarkan narkoba. hari rabu adalah hari terakhir MPLS dan sebelum pulang ada upacara apel penutupan dan game antar gugus.game nya bermain tumpuk sepatu dan siapa yang paling tinggi menang. setelah itu diberitahukan reward tanda tangan kakak osis yang terbanyak dan sedikit. 

              hari kamis dan jumat adalah pertunjukan demo eskul ada beberapa eskul olahraga, eskul yang menantang dan lainya. setelah pertunjukan murid MPLS baru bisa memilih eskul yang diikutinya masing masing minimal satu eskul boleh lebih dan boleh berapa saya. kemudian hari jumat demo eskul paskibra, pramuka, dance dan lainlain. setelah itu kami pulang jam 11 siang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun