Jayapura Rusuh, Mako Tabuni Tewas

14 Juni 2012 05:27:10 Dibaca :
Jayapura Rusuh, Mako Tabuni Tewas

Mako Tabuni, sosok kontroversial yang setahun terakhir ini tampil ke panggung politik anti-NKRI, diberitakan tewas siang ini (Kamis, 14/6/2012) sekitar pukul 11.30 WIT. Mako tewas tertembak dalam sebuah kerusuhan di kawasan Perumnas Waena, Jayapura.

Selain Mako Tabuni, dua warga yang kebetulan melintas diduga menjadi korban tewas akibat penganiayaan. Korban yang belum diketahui identitasnya ini masih tergeletak di tanah dengan bersimbah darah.

http://news.detik.com/read/2012/06/14/102656/1941084/10/jayapura-rusuh-terdengar-tembakan-fasilitas-publik-dibakar?991101mainnews

Kantor Berita Antara memberitakan, jenazah koordinator Komite Nasional Papua Barat (KNPB) itu, saat ini masih berada di RS Polri Bhayangkara, Jayapura, untuk menjalani otopsi.

http://zonadamai.wordpress.com/2012/06/14/koordinator-knpb-tewas-tertembak/

Sementara Metrotvnews.com menyebutkan, sejak pagi kawasan Perumnas Waena itu memanas. sejumlah warga mengamuk. Belum diketahui pasti penyebab warga mengamuk. Sejumlah rumah toko (ruko), kendaraan roda dua dan empat dibakar massa. Warga panik dan lari menyelamatkan diri.

13396579511541708394
puing-puing bekas kerusuhan di perum Waena (Kamis, 14/6/2012). Foto : Detiknews.com

Sejumlah saksi menuturkan, ada sekelompok orang yang sengaja membakar ruko dan kendaraan. Setelah melakukan aksinya, mereka melarikan diri ke gunung. Polisi tengah mengejar para pelaku yang lari ke arah belakang Kampus Universitas Cenderawasih, Waena.

Kepala Humas Polda Papua Ajun Komisaris Besar Polisi Johannis Nugroho membenarkan adanya kerusuhan tersebut. Ia belum bisa memastikan penyebab. Satuan Brimob sudah dikerahkan ke kawasan itu.

http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2012/06/14/

94747/Perumnas-Waena-Rusuh-Mako-Tabuni-Tewas-Tertembak/#.T9lcXnAzoy0.facebook

Masih menurut Metrotvnews.com, kerusuhan ini diduga masih terkait dengan serangkaian kekerasan yang terjadi di Jayapura dua pekan terakhir ini. Sebagai sebuah organisasi, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) diduga bertanggung jawab atas serangkaian kekerasan yang dilakukan massa KNPB. Karena itu, Polda Papua pada 7 Juni 2012 telah menangkap dan menahan Ketua Komte Buchtar Tabuni.

Di kalangan aktivis Papua merdeka, Mako Tabuni dikenal sebagai Ketua I KNPB. Mako Tabuni dan Buchtar Tabuni adalah aspirator KNPB. Aksi-aksi jalanan KNPB (baik aksi damai maupun aksi anarkis) selalu dipimpin oleh kedua orang ini. Pasca penangkapan Buchtar, kepemimpinan KNPB praktis berada di tangan Mako Tabuni.

gerry setiawan

/gerrisetia

TERVERIFIKASI (HIJAU)

aktivis jaringan epistoholik jakarta (JEJAK)
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?